Susah Menghafal Sesuatu? Cobalah 5 Teknik Belajar Berikut ini

Apakah kamu termasuk orang yang susah menghafal sesuatu? setiap kita belajar, hafalan tentunya sangat penting. Hafalan ini tentunya harus diiringi dengan pemahaman agar lebih mudah untuk mengingatnya.

Manfaat dari menghafal ini sangat banyak seperti dalam menghafal sajak, doa, resep, lirik lagu maupun naskah pidato.

Jika kamu memang termasuk orang yang susah dalam menghafal sesuatu, jangan keburu kawatir dan menyerah. Cobalah 5 tips berikut ini yang akan membuatmu lebih mudah dan cepat dalam menghafal sesuatu. Penasaran bukan bagaimana caranya? Berikut ini selengkapnya.

1. Pemilihan Tempat Belajar Akan Sangat Penting

Pemilihan tempat belajar akan sangat penting
image : r3pellent.wordpress.com

Pemilihan tempat yang tepat akan mempermudahmu dalam belajar menghafal sesuatu. Pilihlah tempat yang memang kondusif untuk belajar, seperti perpus maupun tempat yang sepi dan tidak banyak gangguan.

Jika memang kamu tipe orang yang suka dengan alam, tidak ada salahnya belajar di tempat terbuka seperti taman maupun kebun.

2. Menuliskan Ulang Apa Yang Kamu Hafalkan

Menuliskan Ulang Apa Yang Kamu Hafalkan

Dengan menulis ulang apa yang kamu hafalkan akan membuatmu lebih mudah dalam mengingatnya. Selain itu dengan menuliskan ulang apa yang kamu hafalkan, secara tidak sadar kamu akan memahami apa yang kamu hafalkan. Jadi Selain lebih mudah dengan menuliskan ulang ini banyak yang mengungkapkan sangat ampuh untuk letihan menghafal sesuatu.

3. Ulangi Setiap Kalimat

Ulangi Setiap Kalimat

 

Cara yang ketiga adalah dengan mengulangi setiap berapa baris kalimat. Cara ini juuga bisa dibilang mudah. Jadi setelah sudah hafal beberapa kalimat, baru bisa diteruskan ke kalimat yang selanjutnya sampai bisa menghafal semuanya.

4. Merekam Hafalan

Merekam Hafalan

Cara yang keempat adalah dengan cara merekamnya. Ketika kamu merekam apa yang kamu hafalkan, kamu bisa menganalisa bagian kalimat mana dan baris berapa yang sulit kamu hafal, setelah itu kamu bisa mencatatnya lagi bagian yang memang sulit dihafal. Selain lebih cepat, cara ini sangat ampuh untuk belajar menghafal naskah pidato.

5. Menghafal Dengan Cara Betahap

Menghafal Dengan Cara Betahap

Untuk cara yang kelima adalah dengan memberikan jeda pada otak untuk istirahat. Ketika kamu menghafal secara terus menerus tanpa istirahat, hal ini justru akan membuatmu kurang fokus.

Jadi istirahatlah sejenak untuk memahami apa yang kamu hafal dan membuat otak tidak bekerja terlalu keras.

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik.
Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan

BAGIKAN
Komentarmu?