5 Es Krim Khas Indonesia Yang Pas Banget Dinikmati Saat Cuaca Panas

Beberapa bulan ini Indonesia terasa sangat panas. Solusinya, selain berteduh dari teriknya matahari, adalah dengan menikmati Es Krim.

Bicara tentang es krim di Indonesia sama seperti ragam dan budaya yang ada, banyak sekali variasinya, mulai dari nama, rasa, hingga bahan yang digunakan.

Lalu apa saja es krim khas Indonesia yang pas banget dinikmati saat cuaca panas ini? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

1. Es Dung-dung

Es Dung Dung, Image By IG : @erni_farrosfaisal
Es Dung Dung, Image By IG : @erni_farrosfaisal

Siapa sih yang tidak kenal dengan Es Dung-dung? Es krim khas Indonesia yang satu ini memiliki tekstur sedikit kasar yang seketika akan meleleh saat dimulut. Perlu diketahui, Es dung-dung juga dikenal dengan nama ‘es puter’ di beberapa daerah lain di Indonesia.

Dinamakan Es Dung-dung memang terinspirasi dari cara berjualan yang menggunakan alat musik gong kecil lalu bunyinya ‘Dung-dung’, sedangkan ‘Es puter’ sendiri terinspirasi dari cara pembuatannya diputer-puter didalam alat khusus.

Penyajian Es dung-dung klasik diletakkan ditengah setangkup roti tawar, lalu meleleh bersama roti, tersedia juga dengan model cone dan mangkuk yang terbuat dari kertas.

2. Es Gabus

Es Gabus, Image By IG : @al.jammy
Es Gabus, Image By IG : @al.jammy

Es Gabus merupakan salah satu es krim khas Indonesia yang sangat legendaris. Tahukah kamu, dulunya es gabus ini merupakan salah satu jajanan favorit anak-anak sekolahan lho.

Kesegaran dan kelembutan dari es gabus sangat cocok dinimati saat cuaca panas dan terik seperti sekarang ini.

Untuk mencari es gabus sekarang memang agak sulit, namun tak perlu kawatir, karena cara pembuatannya sangatlah mudah. Bahan utama yang perlu disiapkan adalah gula pasir, tepung hunkwe, susu, garam, susu cair hingga santan.

Menurut sejarahnya, Es Gabus ini berasal dari Yogyakarta, hal ini dibahas dalam buku ‘Pusaka Cita Rasa Indonesia’ karya Prof. Dr. Ir. Murdijati Gardjito, disana dijelaskan jika bentuk dan tekstur dan bentuk dari Es Gabus terinspirasi dari gabus. Menarik banget kan?

3. Es Goreng

Es Goreng, Image By IG : @galeritanganjahil
Es Goreng, Image By IG : @galeritanganjahil

Nama Es Goreng memang sangat nyentrik, betapa tidak, masak es kok digoreng? Kan aneh.

Es Goreng ini bukan berati es yang digoreng menggunakan api lho ya. Sajian Es Goreng sebenarnya merupakan es potong yang penyajiannya dicelupkan dengan adonan cokelat cair yang ada diwajan, lalu es potong tersebut akan diselimuti dengan cokelat beku yang nikmat. Dari sitiulah asal penamaan dari es goreng yang unik.

4. Es Goyang

Es Goyang, Image By IG : @hampirkenyang
Es Goyang, Image By IG : @hampirkenyang
Advertisements

Sudah pernah mendengar Es Goyang? Jika belum, yuk kenalan dulu. Es Goyang berasal dari daerah Bandung.

Pembuatan Es Goyang ini cenderung sangat mudah lho, karena hanya memerlukan bahan dasar mirip seperti es dung-dung yakni, tepung hunkwe, santan, aroma buah, hingga gula pasir.

Bahan yang sudah dicampur hingga tingkat kekentalan tertentu dituangkan kedalam cetakan, lalu cetakan tersebut dimasukkan kewadah pendingin yang berisi bongkahan es. Sebelum adonan es menjadi beku, es goyang ditaruh tusukan es krim sebagai pegangan saat menikmati. Setelah itu barulah gerobak es digoyang-goyang agar adonan es membeku dengan rata.

Dari metode pembuatan inilah asal muasal penamaan Es Goyang.

5. Es Potong

Es Potong, Image By IG : @hey.foodiess
Es Potong, Image By IG : @hey.foodiess

Biasanya Es Potong dijajakan menggunakan gerobak disekitar sekolahan maupun perumahan.

Es Potong biasanya mudah ditemukan didekat sekolahan maupun perumahan. Es Potong disajikan dengan tusukan bambu dengan berbagai pilihan warna dan rasa yang berbeda.

Selain sangat murah-meriah, rasa dari es potong ini sangat lembut dan segar lho, pas banget dinikmati saat sedang terik seperti sekarang ini.

Penamaan es porong sendiri, berasal dari penyajiannya yang berupa potongan-potongan es kri yang ditusuk menggunakan bambu.

Itulah 5 Es Krim Khas Indonesia yang pas banget dinikmati saat cuaca panas seperti ini. Selain enak, dan menyegarkan, harga dari kelima macam es krim diatas dijamin murah meriah. Jadi, cobain sekarang yuk.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 8

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?