5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Memesan Tiket Pesawat

Memesan tiket pesawat memang terlihat mudah, tapi sebenarnya dibutuhkan ketelitian saat memesannya. Ada banyak sekali detail pada pemesanan tiket pesawat yang harus diperhatikan.

Salah mengisinya bisa mempengaruhi perjalanan kamu nantinya. Tak sedikit dari calon penumpang pesawat yang melakukan kesalahan saat booking tiket pesawat.

Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Memesan Tiket Pesawat
Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Memesan Tiket Pesawat

Alhasil, mereka harus membatalkan pemesanan tiket pesawat dan kembali memesannya dengan mengikuti prosedur yang cukup ribet. Nah, buat kamu yang berencana memesan tiket pesawat, ada baiknya untuk memperhatikan 5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Memesan Tiket Pesawat berikut ini agar tidak terjadi kepadamu.

1.  Salah identitas penumpang

Kesalahan ini mungkin yang paling sering terjadi. Kebanyakan calon penumpang seringkali melakukan kesalahan saat mengisi kolom identitas. Umumnya, mereka salah menulis nama atau gelar. Perlu diingat kalau penulisan nama harus sesuai dengan nama yang tertera di paspor dan kartu identitas penduduk (KTP) karena saat check in, petugas bandara akan mengecek seluruh kelengkapan dokumen.

Oleh sebab itu, penting untuk memeriksa kembali data identitas penumpang sebelum membayar tiket pesawat. Perhatikan tidak ada kesalahan dalam penulisan nama, gender, nama sesuai dengan paspor, nomor paspor benar dan berlaku enam bulan ke depan.

2. Tidak memerhatikan bandara tujuan

Kebanyakan orang hanya fokus pada destinasi, tidak pada bandara. Padahal beberapa kota di dunia punya dua sampai tiga bandara. Perhatikan dengan jelas, mana bandara yang dekat dengan penginapan dan kendaraan yang tersedia dari sana menuju pusat kota. Perhatikan juga apakah bandara kedatangan dan kepulangan kamu sama atau tidak.

3. Memesan penerbangan lanjutan dengan waktu mepet

Walau terburu-buru sekali pun jangan pernah untuk memesan penerbangan lanjutan dengan waktu mepet. Perlu kamu ketahui kalau proses transit itu tidak sebentar karena ada banyak hal yang harus diurus saat transit. Maka dari itu, selalu sediakan minimal 90 menit untuk penerbangan lanjutan.

Jika kamu memesan penerbangan lanjutan, sebisa mungkin pesan maskapai yang sama atau berafiliasi dengan maskapai pertama. Hal ini akan memudahkanmu untuk mendapatkan informasi mengenai proses transit. Selain itu, kamu juga harus memastikan untuk tiba di ruang tunggu 20 menit sebelum waktu masuk pesawat.

4. Salah baca waktu penerbangan

Kebanyakan calon penumpang pesawat juga sering melakukan kesalahan saat membaca waktu penerbangan. Ingat, setiap maskapai memiliki aturan tersendiri dalam penulisan waktu penerbangan di tiketnya. Bisa menggunakan waktu AM dan PM atau waktu 24 jam.

Advertisements

Seringkali calon penumpang kurang teliti dan malah mengira waktu AM dan PM dengan waktu 24 jam. Jika tidak yakin dengan hal ini, sebaiknya segera telepon operator maskapai terkait mengenai waktu keberangkatan.

5. Salah baca maksimal beban bagasi

Setiap maskapai memberikan jatah bagasi, baik itu bagasi kabin dan bagasi pesawat kepada setiap penumpangnya. Namun, perlu diketahui kalau jatah bagasi untuk penerbangan domestik dan internasional itu berbeda. Di Indonesia, kesalahan sering terjadi ketika melanjutkan penerbangan dari pesawat jenis biasa ke pesawat jenis ATR.

Pesawat jenis ATR biasanya memiliki aturan beban bawaan yang jauh lebih kecil dari pesawat jenis biasa. Jadi, sebelum pesan tiket pesawat, ada baiknya untuk membaca beban bagasi yang kamu disediakan oleh maskapai tersebut.

Jadi, sudah tahu, kan, kesalahan apa saja yang sering dilakukan oleh penumpang pesawat? Jika sudah tahu kesalahan yang sering dibuat saat memesan tiket pesawat, yuk, mulai teliti saat memesan tiket pesawat!

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?