5 Objek Wisata Yang Ditutup Karena Merapi Berstatus Waspada

Karena adanya peningkatan status Gunung Merapi dari Normal ke Waspada, Balai Besar Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) mengeluarkan surat edaran dengan Nomor SE.250/BTNGM/TU/Ren/05/2018 yang berisi tentang Penutupan Objek Wisata yang berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi.

Nah, dalam surat edaran tersebut dituliskan, dalam rangka pengamanan dan kewasapadaan terhadap kemungkinan dampak bencana bagi pengunjung, maka Objek wisata dalam kawasan TNGM, untuk sementara ditutup sampai batas waktu yang akan ditentukan setelah ada penijauan kembali terhadap perubahan aktivitas Gunung Merapi.

Barikut ini 5 Objek Wisata Yang Ditutup Karena Merapi Berstatus Waspada

1. Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo, Kaliurang-Pakem

Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo ini merupakan salah satu objek wisata yang berada di kawasaran Kaliurang dan masuk dalam bagian Taman Nasional Gunung Merapi.

Tlogo Muncar ini menawarkan kesejukan alam dan air terjun yang berada di 878 meter dari permukaan laut. Disini banyak terdapat monyet liar yang seakan selalu menyapa pengunjung.

Sedangkan untuk Tlogo Nirmolo, merupakan salah satu pintu untuk menuju Goa Jepang. Tlogo Nirmolo sendiri menawarkan perbukitan yang sangat menarik dan tentu pengunjung bisa menikmati kemegahan Gunung Merapi dari jarak dekat di salah satu sisi Tlogo Nirmolo.

2. Panguk dan Plunyon, Kalikuning-Cangkringan

Kawasan lembah Kali Kuning di Plunyon ini menawarkan pemandagan yang sangat indah dan sejuk dengan hamparan hutan pinus yang rapat, ditambah adanya jembatan Pluyon yang sangat ikonik sebagai pembelah Kali Kuning, jembatan ini masih terlihat utuh dan kokoh, setelah sebelumnya pernah terkena dampak erupsi merapi beberapa tahun silam.

3. Sapuangin-Deles, Kemalang, Klaten

Sapuangin merupakan jalur pendakian Merapi dari Klaten. Jalur Sapuain ini baru dibuka pada Mei 2017 kemarin setelah sempat ditutup pasca erupsi merapi pada tahun 2010.  Erupsi Merapi ditahun 2010 lalu menutup jalur pendakian serta membuat perubahan yang besar pada sisi gunung.

Pada Mei 2018 ini pun Jalur pendakian via Sapuangin kembali ditutup karena peningkatan aktivitas merapi dari Normal menjadi Waspada.

4. Jurang Jero, Srumbung, Magelang

Wisata Jurang Jero Merupakan salah satu objek wisata yang ada di Desa Ngargosoko, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.

Objek wisata Jurang Jero sendiri menawarkan pemandangan yang sangat indah. Hal ini karena adanya pohon pinus yang tumbuh dan membuat lokasi yang sangat menyejukkan.

5. Pendakian Gunung Merapi dari Sapuangin maupun dari Selo.

Seluruh pendakian baik dari sapuangin maupun Selo yang ada di Boyolali pun harus ditutup sampai ada peninjauan kembali terkait perubahan aktivitas Gunung Merapi.

Jalur pendakian dari Selo ini merupakan satu-satunya jalur resmi pendakian Gunugn Merapi sebelum jalur Sapuangin dibuka pada tahun 2017 kemarin.

Nah, itulah 5 Objek Wisata Yang Ditutup Karena Merapi Berstatus Waspada. Mari berdoa agar Gunung Merapi tetap baik-baik saja, dan jangan lupa untuk mengupdate informasi mengenai perkembangan Gunung Merapi melalui kanal-kanal yang resmi ya, agar terhindar dari informasi yang menyesatkan.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?