5 Tips Aman dan Nyaman Mudik Menggunakan Kendaraan Umum

Lebaran sebentar lagi, setelah berpuasa hampir sebulan lamanya masyarakat di Indonesia tentunya menanti momen  kumpul bersama keluarga di kampung halaman atau mudik. Sudah menjadi tradisi, mudik ke kampung halaman menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan saat menjelang lebaran.

Dalam mudik tentu banyak pilihan transportasi, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Nah yang akan kita ulas sekarang ini adalah mudik dengan menggunakan transportasi umum.

5 Tips Aman dan Nyaman Mudik Menggunakan Kendaraan Umum, Image By IG : @laudepirera (Laude Pirera Ardi)
Aman dan Nyaman Mudik Menggunakan Kendaraan Umum, Image By IG : @laudepirera (Laude Pirera Ardi)

Dalam beberapa tahun belakangan fasilitas angkutan umum sudah banyak mengalami kemajuan, baik dari segi armada maupun pelayanan. Tak terkecuali pada tahun ini dimana antusiasme pemudik yang menggunakan angkutan umum meningkat, terbukti dengan beberapa armada angkutan umum sudah kehabisan tiket untuk para pemudik.

Selain kita tidak capek dijalan karena mengemudi, beberapa faktor juga dijadikan alasan pemudik memilih angkutan umum sebagai alat transportasi mereka. Namun perlu diketuhi, perlu ada persiapan yang matang untuk mudik dengan kendaraan umum, ya namanya kita menggunakan alat transportasi umum dan digunakan banyak orang, tentu kita harus menjaga diri sendiri dan barang-barang yang kita bawa, agar terhindar dari berbagai masalah klasik saat mudik.

Jadi, jika kamu salah satu pemudik yang menggunakan transportasi umum ada baiknya menyimak beberapa tips mudik aman dan nyaman yang sudah mimin rangkum berikut ini :

1. Biasa saja dalam Berpenampilan

Perlu diketahui dan di ingat ya, saat ini kita mau mudik, bukan mau fashion show atau kondangan! Jadi bisa lah menahan hasrat untuk berpenampilan yang keren nan trendi sampai tiba di kampung halaman.

Nah nanti kalau sudah sampai kampung halaman baru deh mau segala atribut pakaian dipakai juga boleh. Terutama bagi kaum hawa nih ya, kalau bisa dan sebisa mungkin jika mau mudik ada baiknya jangan terlalu banyak menggunakan perhiasan, kalau bisa malah disimpen dulu di tas maupun dompet.

Bukan tanpa alasan penampilan yang mencolok juga kemungkinan akan mengundang orang untuk berbuat jahat, meskipun kita juga tidak menginginkannya namun tidak ada salahnya antisipasi terhadap hal yang tidak diinginkan.

2. Selalu waspada

Sikap waspada juga sangat diperlukann lho dalam hal mudik kali ini, tentunya di terminal, stasiun maupun pelabuhan kita akan berjumpa dengan banyak sekali orang yang tidak  kita kenal.

Selalu menjaga diri dengan fokus serta tidak mudah menerima barang dari orang yang tidak kita kenal juga termasuk dalam usaha menjaga keselamatan diri pribadi. Bagi yang memiliki gangguan kesehatan ringan seperti pusing, mual ada baiknya menjaga kesehatan sebelum pejalanan mudik dilakukan, dan jika perlu sediakan obat-obatan ringan dalam tas atau ransel saat mudik.

3. Bawalah uang secukupnya

Buatlah perhitungan yang matang tentang besarnya biaya yang harus dikeluarkan selama perjalanan mudik, mulai dari pembelian tiket, makan serta minum, bekal, serta yang tak kalah penting adaah biaya ketika kita mampir ke toilet.

Demi keamanan ada baiknya menyimpan uang di beberapa tempat berbeda, misalnya saku celana, jaket dan dompet, yang terpentinga janganlah terlalu banyak menyimpan uang dalam dompet, karena musim mudik seperti ini biasanya tingkat kriminal juga meningkat. Jadi ada baiknya sediakan uang seperlunya saja dan jika membutuhhkan uang dalam jumlah yang banyak dapat mengambil di ATM terdekat.

4. Berusaha selalu berada di keramaian

Bagi pemudik yang sedang menunggu jemputan, baik itu kendaraan pribadi, online maupun jemputan dari agen transportasi lainnya perlu diperhatikan saat kalian menunggu sebaiknya tetap berada pada keramaian, paling tidak masih berada di lingkungan penumpang yang lain.

Jangan terlalu memisahkan diri atau pergi ke tempat yang sepi tanpa ada teman, karena suasana sepi dapat menajadi tempat favorit pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya, jika  berada pada tempat yang ramai penumpang dan petugas itu akan sangat membantu mencegah terjadinya tindak kriminal karena pelaku juga masih berfikir untuk melancarkan aksinya ditempat yang banyak saksi mata.

5. Recanakan semuanya dengan baik

Bagi yang biasanya mudik membawa barang lumayan banyak, ada baiknya jika sebelum berangkat melabeli barang-barang kita, supaya nanti di angkutan tidak tertukar dengan barang dari orang lain.

Yang tak kalah penting adalah atur jadwal keberangkatan, belilah tiket bus atau kereta jauh-jauh hari supaya terhindar dari permasalahan seperti kehabisan tiket, atau tidak adanya armada yang mengangkut.

Demikian tadi 5 Tips Aman dan Nyaman Mudik Menggunakan Kendaraan Umum yang dapat mimin bagikan, semoga bermanfaat, selamat mudik teman-teman, hati-hati di jalan yaa.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?