5 Tips Mudah Mempersiapkan Dana Liburan

Siapa sih yang tidak ingin liburan? Sebelumnya, kita sudah membahas tentang cara cepat mendapatkan dana liburan atau traveling, kali ini kita akan bahas tips mudah mempersiapkan dana liburan.

Dana liburan memanglah sangat penting, namun jangan lupa lho, jika masih ada dana pokok yang harus kita dahulukan, seperti cicilan, pajak bulanan, hingga kebutuhan primer lainnya.

Jadi agar liburan kita sukses dan menyenangkan, yuk kita persiapkan dana liburan sejak awal dengan beberapa tips berikut ini yang bisa diterapkan.

1. Buat Anggaran

Buat Anggaran, Image : pixabay
Buat Anggaran, Image : pixabay

Membuat anggaran liburan memang sangat wajib, caranya adalah dengan memastikan perhitungan berapa dana yang dibutuhkan untuk kita liburan. Hitunglah mulai dari biaya transportasi, konsumsi hingga akomodasi.

Ada opsi yang mudah bagi kalian yang tidak mau ribet, yakni menggunakan jasa travel agent untuk membantu mempersiapkan liburan yang diinginkan.

2. Jangan Andalkan Kartu Kredit

Jangan Andalkan Kartu Kredit, Image : Pixabay
Jangan Andalkan Kartu Kredit, Image : Pixabay

Memang tidak ada salahnya menggunakan kartu kredit untuk liburan. Namun ada hal yang perlu dipahami sejak awal yakni tentang membayar tagihan kartu kredit tersebut.

Salah satu tips tepat memanfaatkan kartu kredit adalah untuk mendapatkan diskon atau penawaran khusus selama liburan. Hal ini karena beberapa paket liburan sering banyak promo khusus bagi pengguna beberapa kartu kredit.

3. Sesuaikan Dana Liburan Sesuai Kemampuan

Sesuaikan Dana Liburan Sesuai Kemampuan, Image : pixabay
Sesuaikan Dana Liburan Sesuai Kemampuan, Image : pixabay

Menyesuaikan kemampuan juga sesuatu yang sangat penting, hal ini berkaitan dengan keuangan kita, apalagi bagi yang sudah berkeluarga, bisa berantakan nanti jika tidak menyesuaikan kemampuan.

Bisa kita ambil contoh, saat ingin liburan ke Eropa, namun dana belum cukup, jangan memaksa pergi dengan berutang sana-sini. Aturlah secara matang, hutang memang bisa sangat gampang sekarang ini, namun hal ini bisa jadi pedang bermata dua nantinya.

4. Persiapkan Jauh Hari

Persiapkan Jauh Hari, image : pixabay
Persiapkan Jauh Hari, image : pixabay
Advertisements

Mempersiapkan dana liburan jauh-jauh hari adalah kunci, apalagi ketika ingin liburan ditempat yang jauh. Namun tetap jangan sampai mengacaukan kondisi keuangan keluarga ya. Kalau memang sudah memiliki rencana keuangan, prioritaskan tujuan utama dahulu.

5. Cari Diskon

Cari Diskon, Image : pixabay
Cari Diskon, Image : pixabay

Diskon akan sangat membantu kita dalam mempersiapkan dana liburan, diskon tentu akan sangat menghemat dana yang kita siapkan.

Sekarang ini sangat mudah untuk mencari diskon, mulai dari diskon pesawat, diskon hotel hingga tempat wisata. Cara paling mudah adalah dengan mengikuti sosial media penyedia akomodasi, mulai dari hotel, maskapai penerbangan, hingga akun sosial media tempat wisata yang akan kita kunjungi.

Itulah 5 tips mudah mempersiapkan dana liburan, sangat mudah dan kelihatan sangat simpel bukan? Semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan jangan lupa komentar dibawah ini ya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?