5 Tips Sederhana Agar Aman Naik Kendaraan Umum Saat Di Lokasi Wisata

Naik kendaraan umum saat berada di lokasi wisata adalah pilihan tepat, kenapa? Karena dengan naik kendaran umum akan menghemat pengeluaran, daripada kita harus menyewa kendaraan pribadi.

Kendaraan umum seperti, angkutan kota (angkot) sampai bus kota bisa jadi pilihan. Tapi ingat, jangan sembarangan juga lho ya untuk naik kendaraan umum ini. Selain resikonya nyasar, resiko kejahatan pun bisa menimpa kita jika kurang waspada dan berhati-hati.

Angkot_Bandung_Sadang_Serang-Caringin
Image By : ErwinFCG (Own work)

Tapi sekarang tidak perlu kawatir lagi, berikut ini kita akan bahas Tips sederhana agar aman naik kendaraan umum saat di tempat wisata. So langsung saja simak selengkapnya dibawah ini.

1. Pilih Kendaraan Umum Yang Tepat

Sebelum naik kendaraan umum perhatikanlah kondisi angkot yang terlalu kosong atau terlalu padat bisa jadi rawan kejahatan. Jika terlalu padat waspadalah dengan pencopet, sedangkan jika terlalu kosong akan kesulitan jika minta tolong.

Cobalah untuk duduk didekat supir dan tempatkan barang berharga ditempat yang mudah dijaga dan kita jangkau untuk mengeceknya.

2. Kaca Yang Bening dan Transparan

Sekarang ini modus pelaku kejahatan sangatlah beragam. Mereka bisa memanfaatkan kondisi kendaraan yang gelap untk melakukan kejahatan.

Jadi cobalah untuk memilih kendaraan umum yang memiliki kaca bening atau transparan diseluruh bagian kendaraan umum.

3. Jangan Ketiduran

Memang menghindari ketiduran itu tidak mudah, salah satu penyebabnya adalah faktor lelah. Tapi tahukah kamu jika ketika kita tidur, hal ini akan jadi celah utama untuk para pelaku kejahatan dalam melakukan aksinya.

Jadi, cobalah untuk tidak tertidur ketika didalam kendaraan umum, apalagi dalam kondisi kosong. Jika memang tidak bisa ditahan, lebih baik turun dulu dari angkutan umum dan cari tempat istirahat yang sesuai.

4. Uang Pas Bisa Jadi Pilihan Tepat

Ketika menggunakan angkutan umum, hal yang agak ribet adalah metode pembayarannya. Memang sik tidak semua supir dan kernet melakukannya, tapi kita perlu tahu, jika ada yang tega mengurangi kembalian yang sebenarnya adalah hak kita.

Nah, demi menghindari hal tersebut, sebaiknya bawalah uang receh yang pas ketika sedang berwisata.

5. Kenali Trayek Angkutan

Mengenali trayek angkutan umum yang akan kita naiki adalah hal yang sangat wajib. Karena bisa jadi untuk mencapai tempat wisata yang kita tuju ini memerlukan beberapa kali pindah angkutan umum.

Selain menghindarkan kita dari kesasar arah tujuan, hal ini juga akan menambah wawasan kita jika nanti akan berkunjung lagi ketempat wisata yang kita tuju ini.

Nah, itulah 5 Tips sederhana agar aman naik kendaraan umu. So sekarang tidak perlu ragu lagi utnuk naik kendaraan umum kan? Selamat berwisata aman.

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik.
Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan

BAGIKAN
Komentarmu?