5 Tips Penting Yang Wajib Dipahami Sebelum Mencoba Arung Jeram Atau Rafting

Arung jeram atau sering juga desebut dengan rafting adalah olahraga yang memacu adrenalin, sekarang ini arung jeram bisa dinikmati tidak hanya para profesional saja.

Bagi pemula yang ingin mencoba, hal ini tentu saja tidak terlalu sulit kok, namun memang ada beberapa hal atau tips yang wajib dipahami seblum mencoba Arung Jeram atau Rafting ini.

Nah, tips seperti apa sih yang dimaksud? Berikut ini ulasan lengkapnya tentang tips sebelum mengikuti olahraga arung jeram atau rafting khusus untuk pemula.

1. Sesuaikan Sungai

Sesuaikan Sungai
Rafting Kali Progo, Photo By : www.instagram.com/reslily

Tips yang pertama adalah memilih lokasi arung jeram atau rafting. Jika memang measih pemula, apalagi yang baru pertama ingin mencoba, sebaiknya pilih sungai dengan arus yang tidak terlalu extrem.

Beberapa contoh lokasi sungai yang cocok untuk pemula adalah Sungai Ayung di Bali, Sungai Citarik di Sukabumi, Atau Sungai Progo di Kulon Progo Yogyakarta. Selian memang lebih jinak, arus disana juga bisa dibilang tetap bisa memacu adrenalin.

2. Bersama Orang Yang Berpengalaman

Bersama Orang Yang Berpengalaman
Photo by : www.instagram.com/harrydecookz

Biasanya jika kita ingin mencoba arung jeram atau rafting sudah selalu didampingi oleh instruktur yang sudah benar-benar berpengalaman.

Nah biasanya juga disetiap tempat arung jeram, pasti memiliki skipper yang memang siap membantu untuk hal ini.

3. Perhatikan Briefing 

Perhatikan Briefing 
Image By : www.maayalegaspi.com

Sebelum kita mulai arung jeram atau rafting biasanya akan ada pengarahan. Nah sebagai pemula apalagi baru pertama kali akan mencoba olahraga yang satu, jangan hanya diam saja apalagi bercanda.

Banyak istilah atau aba-aba yang sebaiknya dipahami, seperti contohnya “boom” yang memiliki arti  merunduk saat bertemu jeram yang agak berbahaya.

Selain itu perhatikan juga apakah perlengkapan yang dipakai sudah benar-benar sempurna. Contohnya saja pemasangan life jaket, dan helm. Jika memang masih kurang paham, jangan malu untuk meminta instruktur menjelaskan kembali.

4. Perhatikan Kondisi Badan

Perhatikan Kondisi Badan
Perhatikan Kondisi Badan

Untuk yang ketiga adalah jangan memaksakan diri jika memang badan sedang kurang fit. Olahraga arung jeram atau rafting ini banyak menguras tenaga, jadi akan kesulitan nanti ketika mencoba mendayung jika kurang tenaga.

5. Jangan Panik

Jangan Panik
Jangan Panik

Untuk yang terakhir adalah jangan panik ketika jatuh dari perahu. Perlu diketahui, beberapa penyebab jatuh dari perahu adalah, karena perahu memang menabrak batu atau yang lainya atau skipper lagi isengin kamu utnuk membalikkan perahu.

Untuk yang pemula atau yang memang baru pertma kali, hal ini seringkali membuat panik. Nah cobalah untuk tidak panik jika terjadi hal itu, karena sudah memakai life jacket, kita masih akan ngapung kok jika jatuh, dan instruktur bakal gesit untuk membantu jika memang kita sedang kesulitan.

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik.
Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan

BAGIKAN
Komentarmu?