Ini Lho, 6 Restoran Khas Indonesia yang Terkenal dan Sukses di Luar Negeri

Share:

Beberapa waktu lalu sempat viral pembukaan warkop alias warung kopi khas Indonesia di New York City (NYC).

Tentu saja munculnya tempat makan khas Indonesia di luar negeri seperti ini menjadi peluang baik untuk memperkenalkan Indonesia lebih luas, khusus pada subsektor kuliner.

Tidak hanya memperkenalkan budaya, munculnya restoran di Indonesia di luar negeri turut mengangkat citra kuliner khas Indonesia ke tingkat dunia.

Warkop di NYC bukanlah satu-satu restoran Indonesia yang dilirik dunia. Sebelumnya juga telah banyak restoran khas Indonesia yang sukses mengenalkan budaya dan kuliner khas Indonesia di luar negeri.

Lebih lengkapnya, berikut 6 khas Indonesia yang terkenal dan sukses di luar negeri:

1. Warkop (NYC)

Warkop NYC, image by IG: @warkopnyc
Warkop NYC, image by IG: @warkopnyc

Warung kopi alias Warkop di New York City tengah ramai jadi perbincangan jagat maya sejak kemunculan perdananya pada pada Maret 2022 lalu.

Hal ini dikarenakan keunikan dari tempat makan satu ini, yang mengusung konsep “warkop” atau “warung kopi” khas kedai pinggir jalan di Indonesia.

Sangat Indonesia, pasalnya pengunjung akan melihat langsung berbagai minuman saset yang digantung di dekat kasir dan juga kaleng kerupuk.

Lengkap dengan menu makanan yang tak kalah identik dengan warkop di Indonesia, seperti roti bakar, pisang bakar, gorengan, dan tentunya mi instan.

2. Gastrobar Indonesia (Amsterdam)

Ron gastrobar indonesia, image by IG: @rongastrobarindonesia
Ron gastrobar indonesia, image by IG: @rongastrobarindonesia

Restoran Indonesia yang juga sukses di luar negeri berikutnya, Gastrobar Indonesia. Restoran yang berlokasi di Amstel, Amsterdam, ini mengusung konsep restoran mewah yang menawan.

Bukan hanya dari desain bangunan, keindahan Gastrobar Indonesia juga terpancar dari berbagai olahan makanan yang disajikan.

Gastrobar Indonesia menyajikan berbagai menu makanan khas Indonesia yang menggugah selera, seperti sate, soto, olahan ikan, rendang nangka, gado-gado, hingga nasi uduk.

3. Kasih Restaurant (Los Angeles)

Di balik namanya yang “Indonesia banget”, Kasih Restaurant termasuk salah satu restoran Indonesia yang populer di Los Angeles.

Daya tarik Kasih Restaurant adalah penyajian makanan tradisional Indonesia dengan cara modern.

Salah satu makanan yang populer di Kasih Restaurant adalah olahan tempe yang dikemas secara modern dengan lettuce wrap.

Selain itu, Kasih Restaurant juga menyajikan menu khas Indonesia lainnya, yaitu bakmi goreng, nasi goreng, sate ayam, ayam rujak, dan berbagai hidangan vegan yang lezat.

4. Djakarta Bali (Paris)

Djakarta Bali, image by IG: @djakartabali
Djakarta Bali, image by IG: @djakartabali

Restoran khas Indonesia yang sukses di luar negeri berikutnya adalah Djakarta Bali. Menu yang disajikan Djakarta Bali umumnya berupa masakan asli daerah Jawa, Sumatera, dan Bali.

Seperti pepes ikan, mie ayam, kolak, lumpia, dan berbagai buah eksotis khas Indonesia.

Selain mengangkat kuliner khas Indonesia, Djakarta Bali juga berhasil membawa budaya Indonesia ke Paris dengan menampilkan permainan gamelan secara live.

Bahkan, pengunjung yang datang juga bisa menikmati penampilan tarian tradisional Bali setiap Jumat malam.

5. Betawi Restaurant (Spanyol)

Tidak kalah menarik dengan sebelumnya, Betawi Restaurant termasuk salah satu restoran khas Indonesia yang sukses dan populer di luar negeri.

Alasannya karena Betawi Restaurant menyajikan berbagai hidangan Indonesia yang autentik dan menggugah selera.

Beberapa menu andalan dari restoran khas Indonesia di Spanyol ini adalah nasi goreng, mie tek-tek, sate kambing bumbu kacang, dan sajian sagu sebagai dessert.

Selain makanan yang lezat, Betawi Restaurant juga berhasil menciptakan suasana khas Indonesia berkat dekorasi lukisan wayang yang indah.

6. Cabe Meguro (Tokyo)

Cabe Meguro, image by IG: @cabemeguro
Cabe Meguro, image by IG: @cabemeguro

Selanjutnya ada Cabe Meguro, restoran khas Indonesia yang berada di Tokyo, Jepang.

Cabe Meguro menyajikan masakan rumahan yang bikin pengunjung yang ada di Jepang rindu kampung halaman, seperti nasi goreng, gado-gado, karedok, sate ayam, sate kambing, sate lilit Bali, tempe, tahu isi, lumpia, martabak, sop buntut, hingga berbagai olahan tumis.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 7

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Ikuti berita dan info menarik lainnya dari Piknikdong di Google News!