6 Tips Hilangkan Telinga Meletup Seketika Saat Naik Pesawat

Bagi  yang sudah sering bepergian dengan menggunakan pesawat pasti sudah tidak asing dengan istilah Aeroplane Air atau yang lebih dikenal dengan istilah telinga meletup. Kejadian tersebut dipengaruhi adanya perbedan tekanan udara yang berada di sekitar kita saat pesawat hendak mengudara atau mendarat, dan saat itulah telinga berusaha menyesuaikan dengan kondisi udara yang kemudian memberikan sensasi yang sedikit aneh dan sedikit membuat tak nyaman.

Lalu bagaimanakah cara mengatasi hal tersebut? Terlebih bagi yang masih jarang menggunakan transportsi udara ini, berikut kami rangkum beberapa tips untuk meminimalisir kejadian tersebut supaya anda lebih nyaman dalam menikmati perjalanan. Yuk langsung saja disimak.

1. Berusahalah Untuk Mengunyah Sesuatu

Mengunyah Permen karet, Image By : halallifestyle.id
Mengunyah Permen karet, Image By : halallifestyle.id

Dengan menggerakkan rahang secara terus menerus akan membantu kita dalam mengurangi bahkan menghilangkan rasa di telingga yang cukup mengganggu.

Jika bingung mau mengunyah apa bisa jadi permen karet menjadi sebuah pilihan yang tepat, mudah untuk didapatkan dan dibawa bukan? Satu lagi jika bepergian bersama dengan keluarga dan ada anak kecil yang ikut maka sebaiknya berikan minuman kepada anak sebelum lepas landas dan saat mendarat ya, untuk lebih amannya bisa menggunakan botol air yang dilengkapi dengan sedotan supaya airnya tidak tumpah.

2. Cobalah Untuk Meniup

Cobalah Untuk Meniup, Image By : www.hipwee.com
Cobalah Untuk Meniup, Image By : hipwee.com

Salah satu cara ini juga terbukti dapat menghilangkan gangguan ditelinga saat diudara. Caranya dengan menutup kedua lubang hidung kemudian tiuplah dengan tenaga yang cukup hingga anda merasa ada letupan udara yang  keluar dari kedua telinga, yang bisa membuat lega.

3. Jangan Tidur Saat Pesawat Akan Lepas Landas

Jangan Tidur Saat Pesawat Akan Lepas Landas,, image by : hellosehat.com
Jangan Tidur Saat Pesawat Akan Lepas Landas, image by : hellosehat.com

Ada baiknya bagi  yang akan bepergian dengan menggunakan pesawat tidak tidur minimal 1 jam saat pesawat akan berangkat, hal ini berhubungan dengan kemampuan telinga untuk mneyesuaikan diri dengan udara sekitarnya yang membutuhkan waktu, dan lagi jika dalam posisi terjaga akan lebih memudahkan dalam melakukan cara-cara selanjutnya.

4. Makan Permen

Makan Permen, Image By : lordbroken.wordpress.com
Makan Permen, Image By : lordbroken.wordpress.com

Yang satu ini sebaiknya tidak diterapkan pada penumpang yang masih balita ya, karena beberapa faktor yang belum bisa dipahami oleh mereka. Namun bagi yang sudah dewasa cara ini tergolong ampuh dan efektif dalam mengatasai telinga berdengung, karena kegiatan mengunyah, menelan akan sangat membantu mengeluarkan udara yang terperangkap di dalam telinga.

5. Menjaga Kondisi Kesehatan

Jaga Kondisi Kesehatan, Image By : hellosehat.com
Jaga Kondisi Kesehatan, Image By : hellosehat.com

Ada baiknya melakukan cek kesehatan sebelum bepergian menggunakan pesawat, akan lebih baik jika kondisi fit dan sehat, tidak sedang mengalami gangguan kesehatan misalnya infeksi telinga, hidung atau bahkan sinus, kenapa demikian? Tentunya hal ini sangat berpengaruh dalam perjalanan terutama saat kita merasakan gangguan pada telinga.

Jika terpaksa pergi saat kondisi tubuh tidak baik sebaiknya minta obat pada dokter untuk mengantisipasi saat telinga sakit.

6. Menggunakan Earphone Dengan Model Over Ear

Menggunakan Earphone Dengan Model Over Ear, Image By : kesfet.tv
Menggunakan Earphone Dengan Model Over Ear, Image By : kesfet.tv

Selain untuk menemani perjalanan ternyata mendengarkan musik melalui earphone juga memiliki manfaat lainnya lho, salah satunya mencegah telinga menyesuaikan diri dengan kondisi udar disekitar pesawat. Kok bisa begitu ya?

Ternyata telinga memiliki lapisan lilin yang menyebabkan sensasi kurang nyaman saat berada pada tekanan udara yang berbeda, nah dengan menggunakan earphone ini dapat membantu mengurangi pembentukan lapisan lilin tersebut dan mengurangi sakit telinga.

Nah demikian tadi beberapa tips untuk yang akan bepergian menggunakan pesawat supaya terhindar dari sensasi telinga meletup. Silakan dipraktekan dan semoga membantu ya, oiyah kalau kalian punya tips lain boleh lho dishare, tulis di bagian komen ya.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?