7 Cara Ampuh Menghemat Baterai Kamera

Traveling merupakan dambaan bagi kaum milenial, selain untuk menikmati keindahan alam kegiatan traveling juga identik dengan mengunjungi suatu tempat yang baru. Tentunya saat berkunjung kita pasti sangat ingin untuk mengabadikan beragam momen yang ada ditempat tujuan, apalagi jika tempat yang dikunjungi masih fresh atau kita baru sekali mendatanginya.

Namun ada baiknya sebelum mengambil bermacam foto ada baiknya memperhatikann beberapa hal tentang kelemahan kamera yang sering terjadi, yaitu baterai cepat habis. Apalagi jika kita traveling rombongan dan saat itu juga kita berperan menjadi juru foto, sudah tentu akan sangat menguras baterai dari kamea kita karena harus memotret banyak orang dengan bermacam pose.

Cara Menghemat Baterai Kamera
Cara Menghemat Baterai Kamera

Bagi kalian yang sering kehabisan baterai saat traveling, berikut ini mimin sajikan cara untuk menghemat baterai yang sangat ampuh, yuk langsung disimak.

1. Memotretlah Saat Mendapatkan Momen Yang Penting

Tak jarang kita mendapati orang-orang yang langsung ambil bermacam pose saat sampai di tempat tujuan, hal ini sangat tidak dianjurkan jika kalian ingin menghemat baterai.

Jika berkunjung ke wisata alam atau wisata budaya ada baiknya menggunakan kamera profesional, seperti dslr atau mirolles, hal ini bekaitan dengan hasil jepretan, namun jika kalian hanya ingin sekedar selfie atau mendokumentasikan hal pribadi ada baiknya mengunakan smartphone saja.

2.  Atur Kecerahan Layar Kamera

Mungkin ini terkesan biasa saja namun faktanya layar kamera yang terlalu terang sangat bisa menguras baterai. Jadi biasakan untuk mengatur kecerahan layar kamera, buat sedikit redup serta turunkan brightnessnya agar baterai kamera menjadi lebih hemat.

3. Jangan Sering Menunjukkan Hasil Foto

Hal yang satu ini masih sangat sering mimin temui di berbagai tempat nih, entah alasannya orang yang difoto tidak pede atau yang mengambil foto ingin memamerkan hasil jepretannya, juga orang yang difoto ingin segera melihat hasil narsis mereka, namun kenyataannya menghidupkan layar kamera telalu lama juga menjadi salah satu penyebab baterai menjadi boros.

4. Belilah Kamera Yang Memiliki Fitur USB Charging

Nah hal yang satu ini sudah sangat diperlukan pada zaman yang serba digital ini, mungkin beberapa orang menganggap ini hal sepele namun saat kita berkunjung ke sebuah tepat yang tidak tersedia colokan charger maka fitur inilah yang menjadi penyelamat kita, kamera bisa di cas menggunakan powerbank dan kita tidak kehilangan momen penting.

5. Gunakan Fitur Yang Penting Saja

Banyak dintara kita yang kadang masih menghidupkan seluruh fitur yang ada pada kamera, tetapi tidak mengetahui dampak yang dihasilkan, contohnya fitur stabilizer image yang harusnya digunakan pada saat mengambil foto low light atau saat mengambil footage video.

Selain hal tersebut fitur stabilizer image sebaiknya dimatikan saja, karena fitur ini juga akan menguras baterai dari kamera kita, selain itu masih ada fitur yang sebaiknya dimatikan jika tidak diperlukan seperti wifi dan yang tidak digunakan lainnya.

6. Batasi Penggunaan Live View Mode

Fitur yang satu ini memang membantu kita saat mengambil banyak gambar, tetapi dampak yang ditimbulkan juga lumayan besar dalam penggunaan baterai, hal ini dikarenakan kamera akan memerlukan daya yang besar untuk menampilkan gambar yang ditangkap sensor langsung ke layar LCD. Ada baiknya matikan fitur live view mode ini saat kita harus mengambil foto dalam waktu yang cukup lama.

7. Kuangi Penggunaan Flash Internal

Flash internal dari kamera itu hanya efektif dalam pengambilan gambar jarak dekat, kuang lebih hanya 1 meter saja, lebih dari itu hasilnya akan cenderung gelap.

Jika objek yang di foto jaraknya lebih dari 2 meter dan berada di dalam ruangan sebaiknya naikkan iso jika ini untuk foto dokumentasi agar baterai kamera kita tidak cepat habis.

Yap, itu tadi beberapa cara menghemat baterai kamera yang dapat mimin bagikan, semoga bermanfaat dalam perjalanan travelling kalian, dan semoga kalian tetap mendapatkan momen penting yang diharapkan. Sampai ketemu di tips-tips selanjutnya.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?