8 Masjid Di Indonesia Yang Cocok Untuk Tujuan Wisata Religi Saat Bulan Ramadhan

Sebagai Negara yang mayoritas penduduknya beragama islam, Indonesia mempunyai banyak sekali Masjid yang besar, menarik dan penuh cerita sejarah dibalik pembangunannya.

Selain sebagai tempat ibadah, beberapa Masjid ini memiliki fungsi lain yaitu sebagai wisata religi bagi umat islam. Nah di bulan ramadhan ini sangatlah cocok untuk berwisata religi ke beberapa masjid yang ada di Indonesia. Selain jalan-jalan dan beribadah, kita bisa belajar sejarah dibalik pembangunan masjid sampai mengenal beragam budaya setiap daerah dalam menyambut bulan ramadhan yang selalu dinanti.

Berikut ini ada 8 Masjid di Indonesia yang cocok untuk tujuan wisata religi di bulan Ramdhan

1. Masjid Tiban di Turen, Malang, Jawa Timur

Masjid Tiban di Turen, Malang, Jawa Timur, Image By IG : @gabriellaagis
Masjid Tiban di Turen, Malang, Jawa Timur, Image By IG : @gabriellaagis

Dimulai dari sisi timur pulau jawa tepatnya di Malang Jawa Timur terdapat satu masjid yang sangat fenomenal, hal itu karena terdapat mitos yang menyebutkan bahwa masjid ini dibangun dalam waktu semalam oleh pasukan jin. Namun jika ditelusuri lebih jauh nyatanya masjid ini dibangun pada tahun 1968 dan diresmikan pada 1978.

Masjid yang dibangun diatas tanah seluas 7 hektar ini memiliki 10 lantai dengan bangunan yang cantik nan megah mirip dengan arsitektur gaya spanyol karya Antoni Gaudi.

2. Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang, Jawa Tengah

Masjid Agung Semarang, Image By IG : @wahyu.nurfadly
Masjid Agung Semarang, Image By IG : @wahyu.nurfadly

Bergeser ke sebelah utara pulau jawa, tepatnya di daerah Semarang terdapat satu masjid yang sangat megah dan indah. Masjid yang menggunakan perpaduan gaya Romawi dan jawa islam ini memiliki desain bangunan yang menawan, dengan adanya 25 pilar dipelataran masjid, serta memiliki 6 payung raksasa yang otomatis. Tidak hnaya itu, di masjid ini juga memiliki kubah besar yang berdiameter 20 meter serta dilengkapi dengan 4 buah menara setinggi 62 meter.

Satu hal lagi yang membuat masjid ini spesial adalah adanya museum yang menyimpan perkembangan islam di jawa tengah yang terdiri dari 19 lantai, museum ini dibuka setiap hari selasa – minggu mulai jam 08.00 – 15.00

3. Masjid Rahmatan Lil – Alamin di Indramayu, Jawa Barat

Masjid Rahmatan Lil – Alamin di Indramayu, Jawa Barat
Masjid Rahmatan Lil – Alamin di Indramayu, Jawa Barat

Memasuki bagian barat Pulau Jawa kali ini terdapat satu Masjid Rahmatan Lil – Alamin di Indramayu, Jawa Barat yang sangat megah dengan kemampuan menampung jemaah hingga 100 ribu, dan terdiri dari 7 lantai (termasuk basement).

Selain itu masjid ini juga mempunyai nilai religi yang sangat kental, diantaranya ukuran bangunan yang 99×99 melambangkan asmaul husna, serta adanya 4 buah kubah kecil yang menjelaskan mazhab besar di dunia, serta 1 buah kubah besar yang melambangkan petuah Nabi Agung Muhammad SAW.

4. Masjid Dian Al Mahri di Depok, Jawa barat

Masjid Dian Al Mahri, Image By IG : @fajarsupriyatna26
Masjid Dian Al Mahri, Image By IG : @fajarsupriyatna26

Masih dari daerah Jawa Barat kali ini bisa dibilang sangat mewah, bagaimana tidak, masjid ini memiliki lapisan emas di bagian kubahnya, tidak hanya satu kubah tetapi kelima kubahnya sama sehingga masjid ini juga sering disebut sebagai masjid kubah emas, mewah sekali bukan?

Menurut cerita bentuk kubah ini terinspirasi dari Taj Mahal di india dengan diameter tengah 20 meter serta tinggi 25 meter. Ada satu hal lagi yang membuat masjid ini nampak begitu mewah yaitu terdapat relief hiasan diatas tempat imam yang terbuat dari emas 18 karat. Luar biasa bukan?

5. Masjid Al-Irsyad di Padalarang, Jawa Barat

 Masjid Al-Irsyad di Padalarang, Jawa Barat, Image By : nurdinphotos.blogspot.co.id
Masjid Al-Irsyad di Padalarang, Jawa Barat, Image By : nurdinphotos.blogspot.co.id

Siapa yang tak kenal dengan Masjid Al-Irsyad di Padalarang? Bagi kalian ynag sering menyaksikan televisi pasti akan familiar dengan bangunan ini, hal itu karena Masjid Al-Irsyad dijadikan latar belakang saat adzan magrib. Masjid Al-Irsyad yang di desain oleh walikota bandung yaitu Ridwan Kamil dan diresmikan pada 27 Agustus 2010, dengan luas 1817 meter persegi.

Masjid Al-Irsyad yang berlokasi di Jalan Parahyangan KM 2,7 ini juga memiliki konsep bangunan yang ramah lingkungan, terbukti dengan suasana yang sangat sejuk meski di masjid ini tidak menggunakan kipas angin maupun AC, hal itu pula yang membuat Masjid Al-Irsyad mendapat penghargaan internasional.

6. Masjid Baitul Muttaqin di Samarinda, Kaltim

Masjid Baitul Muttaqin, Image By IG : @ganangaditama
Masjid Baitul Muttaqin, Image By IG : @ganangaditama

Disebut sebagai masjid termegah di asia tenggara, Masjid Baitul Muttaqin juga dikenal dengan sebutan Masjid Islamic Center. Dengan luas bangunan utama 43,5 ribu meter persegi masjid ini memiliki 15 lantai dengan 7 menara disekitarnya.

Bentuk Masjid Baitul Muttaqin terinspirasi dari masjid Nabawi, dengan latar depan tepian sungai Mahakam, hal inilah yang membuat masjid ini lebih menarik dan megah, serta sangat patut untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata religi di bulan ramadhan.

7. Masjid Agung Madani di Kabupaten Rokan Hulu, Riau

Masjid Agung Madani, Image By IG : @teguhmuhd
Masjid Agung Madani, Image By IG : @teguhmuhd

Memasuki Pulau Sumatra kita akan menjumpai Masjid Agung Madani yang sangat megah. Alasan Masjid Agung Madani menjadi yang termegah karena dapat menampung hingga 20 ribu jemaah.

Tidak hanya itu, masjid Masjid Agung Madani juga dilengkapi dengan berbagai sarana serta prasara yang cukup memadai. Di masjid ini juga terdapat 5 menara dan salah satunya dapat digunakan seperti Masjid di Semarang. Adanya pohon kurma, kolam-kolam kecil, ornamen batu hias serta lampu gantung dari kuningan membuat Masjid Agung Madani sangat layak dijadikan destinasi wisata religi saat ramadhan.

8. Masjid Agung Demak di Demak Jawa Tengah

Masjid Agung Demak, Image By IG : @de17k
Masjid Agung Demak, Image By IG : @de17k

Siapa sih yang tidak kenal dengan Masjid Agung Demak? Ya, masjid Agung Demak adalah salah satu masjid yang paling tua di Indonesia.

Masjid Agung Demak dipercaya menjadi tempat berkumpulnya para Wali yang merupakan tokoh dibalik penyebaran agama islam di tanah Jawa yang sering kita dengar dengan nama Walisongo.

Menurut sejarah, pendiri dari Masjid Agung Demak diperkirakan adalah Raden Patah, dimana beliau adalah raja pertama dari Kasultanan Demak sekitar abad ke 15 masehi.

Nah itulah 8 Masjid Di Indonesia Yang Cocok Untuk Tujuan Wisata Religi Di Bulan Ramdhan. Dari beberapa masjid diatas, manakah yang masuk dalam daftar kunjungan kalian? Selamat Ramadhan Teman-teman

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?