9 Tempat Nasi Gudeg Paling Enak di Jakarta

Pasti sudah tidak asing lagi dengan Masakan khas Yogyakarta ini, benar namanya adalah Nasi Gudeg. Gudeg adalah masakan yang berbahan utama Nangka muda dan dimasak dengan santan. Perlu diketahui, jika butuh waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini lho.

Gudeg dimakan bersama nasi dan disajikan dengan kuah santan (areh), ayam kampung, telur, tempe, tahu dan tidak lupa sambal goreng krecek.

Perlu diketahui, jika di Indonesia ini ada 3 Jenis Gudeg yakni :

  1. Gudeg kering, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental, jauh lebih kental daripada santan pada masakan padang, dan cenderung seperti tidak berkuah.
  2. Gudeg basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer.
  3. Gudeg Solo, yaitu gudeg yang arehnya berwarna putih.

Walaupun merupakan masakan khas daerah, terutama Yogyakarta, kita bisa menemukan di Jakarta. Jadi bagi kamu yang sedang merantau di Jakarta ataupun memang asli Jakarta dan kangen dengan kuliner legendaris ini, tidak perlu jauh-jauh ke Jogja, karena rasa dari 9 tempat makan gudeg berikut ini tidak jauh berbeda dengan yang ada di Jogja.

Penasaran dimana saja lokasi Nasi Gudeg paling enak di Jakarta? Beriku ini ulasan lengkapnya.

1. Gudeg Kandjeng

Gudeg Kandjeng, Image By IG : @wwirasenjaya
Gudeg Kandjeng, Image By IG : @wwirasenjaya

Lokasi yang pertama adalah Gudeg Kandjeng yang selalu ramai dikunjungi para pecinta Nasi Gudeg di Jakarta.

Selain rasa yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, lokasi dari Gudeg Kandjeng ini sangatlah strategis dan menjadi tempat favorit warga Jakarta yang kangen akan masakan khas Yogyakarta, Nasi Gudeg.

Nasi Gudeg disini memiliki rasa yang tidak terlalu manis, dan ada beberapa pilihan masakan lain yang tak kalah populer, seperti Garang Asem dan Mangut. Untuk mangutnya sendiri bisa memilih patin atau lele.

Alamat: Jalan Hangtuah X #10, Bulungan, RT.2/RW.8, Gunung, Jakarta Selatan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

BukaTutup pukul 08.00 – 21.00 WIB

2. Warung Gudeg Bu Tinah

Warung Gudeg Bu Tinah, Image By IG : @rini_lestari85
Warung Gudeg Bu Tinah, Image By IG : @rini_lestari85

Yang kedua adalah Warung Gudeg Bu Tinah yang sudah sangat populer dikalangan pecinta Nasi Gudeg di Jakarta. Selain nikmat, harga disini sangatlah bersahabat, cukup dengan Rp. 18.000  saja kita sudah dibuat kenyang dengan Nasi Gudegnya.

Bagi yang suka gudeg yang cenderung manis, Gudeg Bu Tinah bisa jadi pilihan utamanya. Untuk mencari lokasinyapun tidak sulit karena berada tepat di depan Stasiun Gondangdia. Jika ingin mencicipi, jangan lupa perhatikan jam buka dan tutupnya ya.

Alamat : Jalan Menteng No. 52, Kebon Sirih, Menteng, RT.2/RW.7, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10340

BukaTutup pukul 06.00 – 15.00 WIB

3. Gudeg Bu Gito

Gudeg Bu Gito, Image By IG : @gudegbugito
Gudeg Bu Gito, Image By IG : @gudegbugito

Gudeg Bu Gitu memang sangat spesial, karena diimpor langsung dari Yogyakarta. Yang unik, Nasi Gudeg Bu Gito termasuk dalam kategori Gudeg Kering seperti tidak berkuah.

Untuk rasanya tentu tidak perlu ragu lagi kan? karena diimpor langsung dari asalnya, jadi layak banget jadi juaranya. Selain rasanya juara, harganya juga tidak mahal kok, sekitar Rp. 17.000 saja, kita bisa menikmati Nasi Gudeg khas Jogja di Jakarta.

Alamat : Jalan Kebagusan Raya No.18, RT.1/RW.7, Kebagusan, Pasar Minggu, RT.1/RW.7, Kebagusan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

BukaTutup pukul 08.00 – 17.00 WIB

4. Gudeg Bu Tjitro

Gudeg Bu Tjitro, Image By IG : @dapurgudegbutjitro
Gudeg Bu Tjitro, Image By IG : @dapurgudegbutjitro

Gudeg Bu Tjitro juga bisa jadi pilihan menikmati Nasi Gudeg di Jakarta, karena disini juga selalu ramai pengunjung.

Yang unik dari Gudeg Bu Tjitro adalah kreceknya yang legendaris enaknya, tekstur yang pas ditambah gudenya yang tidak terlalu manis maupun asin, membuat Warung Gudeg Bu Tjitro wajib dicoba.

Alamat : Jl. Melati Bakti No. 2 A RT.9/RW.9 Pondok Bambu Duren Sawit RT.9, RT.9/RW.9, Pd. Bambu, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13430

BukaTutup pukul 10.00 – 19.00 WIB

5. Gudeg Pejompongan

Gudeg Pejompongan, Image By IG : @weadblade
Gudeg Pejompongan, Image By IG : @weadblade

Gudeg Pejompongan memiliki rasa yang tidak terlalu manis, dan cocok untuk lidah masyarakat Jakarta.

Selain Gudegnya yang tidak perlu dipertanyakan lagi kelezatannya, krecek di Gudeg Pejompongan juga sangat spesial, karena tidak alot sama sekali. Lokasinya juga sangat strategis dan mudah dicari karena berada di daerah Benhill yang dekat dengan RS Mintoharjo.

Untuk masalah harga juga masih dibilang terjangkau. Untuk Nasi Gudeg ditambah ati ampela, dan tahu bacem, hanya dibanderol Rp. 26.000 saja.

Alamat : Blok, Jl. Bendungan Hilir Blok G2 No.15, RT.14/RW.3, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Central Jakarta City, Jakarta 10210

Advertisements

BukaTutup pukul 07.00 – 20.00 WIB

6. Gudeg Pak Atmo

Gudeg Pak Atmo, Image By IG : @GudegPakAtmo
Gudeg Pak Atmo, Image By IG : @GudegPakAtmo

Makan Gudeg di Gudeg Pak Atmo ini kamu akan dibawa seolah-olah sedang berada di Jogja, bentuk lokasi dan suasananya sangat Jawa banget. Pemilik atau Pak Atmo ini dulunya merupakan salah satu kepala koki Istana Mangkunegaran pada tahun 1927.

Gudeg Pak Atmo sangat enak dengan tekstur tidak terlalu kering dan tidak terlalu manis. Disini kamu bisa menemukan berbabagi pilihan menu selain gudeg seperti huzarensla. Untuk urusan harga disini dipatok sekitar Rp. 31.000 untuk seporsi Nasi Gudeg Krecek.

Alamat : Jl. Gandaria 1 Persil 2, RT.1/RW.8, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130

BukaTutup pukul 08.00 – 17.00 WIB

7. Gudeg Batu Tulis

Gudeg Batu Tulis, Image By IG : @suzannasansan

Warung Gudeg Batu Tulis ini sangat legendaris lho, karena sudah berdiri sejak tahun 1990an. Selain Nasi Gudeg yang lezat, perlu juga untuk mencicipi opor ayam yang ada di Gudeg Batu Tulis ini untuk menu makan siangmu.

Alamat : Jl. Boulevard Raya Blok FX1 No. 11 Kelapa Gading, Jakarta Utara

BukaTutup pukul 09.00 – 21.00 WIB

8. Gudeg Bu Dibyo

Gudeg Bu Dibyo, Image By IG : @gudegbudibyo
Gudeg Bu Dibyo, Image By IG : @gudegbudibyo

Berada di dalam pasar modern Bintaro, Gudeg Bu Dibyo ini selalu ramai oleh pecinta Gudeg di Jakarta.

Gudeg Bu Dibyo juga diimpor langsung dari Jogja lho, jadi rasanya juga tidak perlu dipertanyakan lagi. Untuk harga yang dibanderol disini sekitar Rp. 19.000 – 40.000 setiap porsinya.

Untuk menikmatinya, jangan lupa cek kapan buka, karena hanya berjualan setiap hari Sabtu sampai Selasa dari jam 10.00 WIB hinggat 19.00 WIB saja.

Alamat : Pasar Modern Bintaro Sektor 7 Blok KA #36, Pd. Karya, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15225

BukaTutup pukul 10.00 – 19.00 WIB

9. Gudeg Ayam Panggang Bu Gatul

Gudeg Ayam Panggang Bu Gatul, Image By IG : @komunitas_kuliner
Gudeg Ayam Panggang Bu Gatul, Image By IG : @komunitas_kuliner

Gudeg Ayam Panggang Bu Gatul selalu ramai dipadati pecinta Gudeg di Jakarta. Karena terlalu ramai, biasanya jam 14 saja menu disini sudah berkurang banyak dan tidak lengkap lagi. Jadi jika ingin mencicipi datanglah lebih awal.

Selain Gudegnya yang nikmat, jangan lupa juga untuk mencoba pesan Ayam Panggang disini. Dijamin bikin ketagihan deh.

Alamat : Jl. Graha Raya Bintaro Ruko Gracia GC No. 3, Pondok aren, Pd. Kacang Bar., Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15226

BukaTutup pukul 10.00 – 20.00 WIB

5.0
15

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?