Aktivasi Dokumentasi dan Arsip, PSBK Jogja Rilis INGATAN

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) merilis platform INGATAN yang menampilkan koleksi dokumentasi peristiwa dari tahun 1950-an hingga 1979 sebagai upaya untuk menyingkap dan melengkapi ingatan yang terkait dengan Bagong Kussudiardja, Pusat Latihan Tari, Seni Batik, PSBK dan seniman-senimannya.

Platform INGATAN ini merupakan salah satu capaian dari proyek MEMORY ACCESS ACTIVATION di PSBK yang telah dilaksanakan sejak bulan Agustus lalu.

PSBK, Dokumentasi INGATAN - Digitalisasi Arsip_6-min
Dokumentasi INGATAN – Digitalisasi Arsip, photo : PSBK Jogja

Sebuah upaya strategis PSBK untuk mengembangkan sistem pelestarian dan pengelolaan warisan koleksi arsip dan dokumentasi yang dibuat dan dikumpulkan oleh tokoh budaya Bagong Kussudiardja (1928-2004), seniman multidisipliner dan pelopor seni dan budaya modern Indonesia.

Kegiatan ini mendapatkan hibah dari Memory of the World Committee for Asia and the Pacific (MOWCAP) bekerja sama dengan Asia Culture Center (ACC), melalui program Memory of the World (MoW).

MoW merupakan program internasional yang bertujuan untuk menjaga, melestarikan dan memfasilitasi akses dan penggunaan warisan dokumenter di kawasan Asia-Pasifik, dan untuk meningkatkan kesadaran akan keberadaan dan pentingnya warisan tersebut.

Pada project Memory Access Activation ini PSBK bekerja sama dengan Indonesian Visual Arts Archive (IVAA) untuk merancang rintisan arsitektur sistem pengelolaan koleksi arsip, serta MonsterAR yang berperan dalam pengembangan teknologi pada skema distribusi online pada platform INGATAN.

Terdapat lebih dari 500 karya seni asli Bagong Kussudiardja (lukisan, gambar, sketsa, patung); dan ribuan arsip yang terdiri dari dokumen teks, foto, ephemera, dan rekaman video dan audio yang berkisar dari tahun 1950-an hingga 2010.

Materi tersebut kini telah tercatat dalam Daftar Arsip serta dikurasi dan dipamerkan di laman website ingatan.psbk.or.id yang sudah dapat diakses mulai tanggal 15 Desember 2021.

“Awalnya setelah koleksi dokumentasi diolah oleh arsiparis, kami melakukan penelusuran catatan sejarah pada fokus tahun 1950-1975 sebagai dasar mengembangkan editorial.

Kelengkapan materi arsip yang ditemukan dari suatu peristiwa juga menguatkan narasi yang dipilih.

Untuk melengkapi muatan informasi dari materi-materi yang dipilih, kami juga melakukan wawancara dengan tiga  narasumber, Butet Kartaredjasa, Priyo Dwiarso, dan Bondan Nusantara“ Kandida Nyaribunyi, salah satu kurator pameran, menjelaskan prosesnya.

“Akhirnya, sejumlah koleksi dokumentasi peristiwa dari tahun 1950-an sampai 1979 kami tampilkan sebagai upaya untuk menyingkap dan melengkapi ingatan kita terkait Bagong Kussudiardja, Pusat Latihan Tari, Seni Batik, Padepokan Seni dan seniman-senimannya”

lanjutnya.

Selain pameran online, Bincang Seni “Memperpanjang Ingatan” juga dihadirkan sebagai kesempatan untuk bertukar pikiran mengenai kelanjutan proses pengelolaan koleksi arsip dan dokumentasi di PSBK.

Dengan tujuan untuk memetakan peran dan potensi kerja pengarsipan seni-budaya hari ini, harapannya ketiga narasumber, Helly Minarti (peneliti/kurator seni), Irfan R. Darajat (Dosen Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi UGM), Doni Maulistya (kurator pameran arsip INGATAN), dan sejumlah penanggap yang hadir on-site dan online, dapat membagikan pandangan dan pengalaman masing-masing dalam bekerja dengan arsip seni-budaya.

Doni Maulistya yang juga pengurus Yayasan PSBK menambahkan:

“Proses pengelolaan dan aktivasi arsip dan dokumentasi yang kami lakukan tahun ini akan menjadi modal dasar untuk mengembangkan kerja penelusuran pengetahuan berbasis peristiwa masa silam dan pendokumentasian pengetahuan yang akan terjadi melalui peristiwa di masa yang akan datang.

Modal inilah yang akan digunakan untuk memantapkan rencana jangka panjang kami untuk membuka akses koleksi arsip Bagong Kussudiardja kepada publik melalui pusat dokumentasi atau research center”.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 1

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Menyajikan informasi menarik terkini
BAGIKAN
Komentarmu?