Mengintip Pesona Alun-Alun Batu, Bukan Alun-Alun Biasa!

Berkunjung ke Batu, Malang akan terasa tidak lengkap jika kamu belum mengunjungi alun-alunnya. Sebagai jantung sebuah kota, Alun-Alun Batu tentunya mendapat perhatian lebih dari dinas pariwisata setempat, apalagi kota ini mengusung nama ’Kota Wisata’.

Alun-Alun Batu merupakan salah satu alun-alun terbaik di Indonesia. Rupanya yang cantik, fasilitasnya yang lengkap, dan banyaknya taman serta area bermain membuat kita bakal betah nongkrong berlama-lama di Alun-Alun Batu. Apalagi untuk mengunjunginya tidak dipungut biaya sepeserpun.

Pesona Alun Alun Batu, image by IG : @rezaiqbal
Pesona Alun Alun Batu siang hari, image by IG : @rezaiqbal

Kota Wisata Batu terletak sekitar 15 km dari arah barat Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Banyaknya tempat wisata yang bisa di kunjungi membuat Kota Batu dikenal oleh para pelancong baik dari Indonesia maupun mancanegara.

Lokasinya yang strategis, serta berada di ketinggian 680-1200 meter dari permukaan laut membuat kota ini bersuhu udara sejuk dan bikin betah berlama-lama berwisata di Kota Batu.

Walaupun hanya sebuah alun-alun, yang di kota manapun pasti ada, Alun-Alun Batu ini beda dari alun-alun lainnya loh!

Disini kamu bakal dibuat takjub dengan ragam aneka fasilitas pendukung yang keren. Ada playground untuk anak-anak, air mancur, ruang informasi yang berbentuk stroberi, toilet berbentuk apel, serta yang paling ikonik dari Alun-Alun batu adalah bianglala-nya.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Alun-Alun Batu

Setiap hari, Alun-Alun Batu, Malang, selalu ramai dikunjungi baik oleh wisatawan maupun masyarakat setempat. Banyaknya aktivitas yang bisa kita lakukan menjadi daya tarik utamanya. Berikut adalah aktivitas yang bisa kamu lakukan di Alun-Alun Batu.

1. Naik bianglala

Alun-Alun Batu merupakan salah satu alun-alun di Indonesia dengan fasilitas wahana bianglala permanen. Bianglala ini punya 17 kabin dan tentunya dilengkapi dengan pengaman.

bianglala Alun-Alun Batu, image by IG : @jefri.30
Bianglala Alun-Alun Batu, image by IG : @jefri.30

Setiap orang, baik anak-anak maupun dewasa dapat mencoba bianglala Alun-Alun Batu ini. Pemandangan Kota Batu akan tampak lebih indah saat dilihat dari atas bianglala. Untuk menaiki wahana ini, kamu cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5000,-.

2. Serunya bermain di Air Mancur

Selain bianglala, Alun-Alun Batu juga mempunyai beberapa wahana bermain bagi anak-anak. Selain itu juga terdapat air mancur yang indah. Kamu dapat menyaksikan indahnya air mancur Alun-Alun Batu sembari menemani anak-anak bermain.

Yang tidak kalah menarik  kamu bisa keliling mengitari Alun-Alun Batu menggunakan wahana kelinci hias dan mobil hias.

3. Kulineran di Alun-alun Batu

Kulineran di Alun-alun batu, image by IG : @nizal_amna_alfatih
Kulineran di Alun-alun batu, image by IG : @nizal_amna_alfatih

Jika kamu penggemar kuliner, kamu bisa mengunjungi Pasar Laron yang berada di sekitar Alun-Alun Batu.

Ada berbagai macam kuliner khas Kota Batu Malang yang bisa kamu coba disini. Selain itu juga banyak terdapat penjual asesoris dan oleh-oleh khas malang yang bisa kamu jadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

Fasilitas Yang Ada di Alun-Alun Batu

Alun-Alun Batu bisa kamu masuki tanpa dipungut biaya sama sekali alias gratis. Alun-alun juga dibuka 24 jam, sehingga kamu bisa bebas menikmati waktu santai di Alun-Alun Batu.

Kota Wisata Batu, image by IG : @firdadwidwi
Kota Wisata Batu, image by IG : @firdadwidwi

Terdapat toilet di Alun-Alun Batu dengan bentuk yang unik yaitu berbentuk buah apel. Selain itu pusat informasi wisata Alun-Alun Batu juga memiliki bentuk unik yaitu berbentuk buah stroberi.

Banyak pengunjung yang menjadikannya sebagai background foto yang instagramable ketika mengunjungi alun-alun Batu.

Jika kamu membawa kendaraan pribadi, tidak usah bingung karena Alun-Alun Batu memiliki lahan parkir yang cukup luas. Selain itu Alun-Alun ini juga terawat dan senantiasa bersih karena ada petugas kebersihan yang selalu standby setiap saat.

Lokasi dan Cara Menuju Ke Alun-Alun Batu

Alun-Alun Batu berlokasi di Jalan Diponegoro, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Malang, Jawa Timur (Google Map).

Untuk menuju ke alun-alun caranya cukup mudah, selain menggunakan aplikasi google maps ataupun waze. Kamu dapat mengikuti rute berikut ini.

Jika menggunakan angkutan umum kereta atau bus, kamu harus menuju ke terminal Arjosari terlebih dahulu.

Dari terminal Arjosari, lanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum atau Lyn yang berkode ADL atau AL menuju terminal Landungsari.

Dari Landungsari kamu tinggal melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan berkode BL/BTL/BTL dan langsung turun di depan alun-alun.

Jika dari bandara, kamu bisa langsung menggunakan taksi bandara menuju ke Alun-Alun Batu, atau bisa menuju ke terminal Arjosari seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Opsi mudah lainnya adalah kamu bisa menggunakan ojek online supaya nggak ribet.

Demikian informasi mengenai Alun-Alun Batu yang berada di Kota Malang, Jawa Timur. Pastikan jika kamu mengunjungi Kota Batu, ataupun Kota Malang sempatkanlah untuk mengunjungi Alun-Alun Batu, karena kamu tidak akan menyesal ketika mengunjunginya, soalnya tempatnya keren banget!

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 6

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

BAGIKAN
Komentarmu?