Apa Arti Pangkat Tituler yang Diperoleh Deddy Corbuzier? Simak Yuk Ulasannya!

Share:

Pangkat tituler muncul di 10 penusuran google terbanyak hari ini.

Hal tersebut bersamaan dengan disematkannya pangkat kehormatan Letnan Kolonel Tituler Kepada Deddy Corbuzier oleh Menterti Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Apa Arti Pangkat Tituler yang Diperoleh Deddy Corbuzier, image by IG: @mastercorbuzier
Apa Arti Pangkat Tituler yang Diperoleh Deddy Corbuzier, image by IG: @mastercorbuzier

Pangkat Tituler tersebut diserahkan oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

Pangkat Tituler itu apa?

Dilangsir dari sindonews.com, di dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2010 tentang Administrasi Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) diatur soal penyematan pangkat.

Dalam Pasal 5 ayat 2 huruf b berbunyi:

Yang dimaksud dengan “pangkat lokal” adalah pangkat yang diberikan kepada seorang prajurit oleh pejabat yang berwenang guna keabsahan melaksanakan suatu tugas atau jabatan yang sifatnya sementara, seperti inspektur upacara dalam pemakaman militer, komandan upacara dalam suatu upacara militer, pembawa lambang/pataka/duaja/pusara, oditur militer, atau Hakim Militer selama proses penyidangan suatu perkara di lingkungan peradilan militer.

Setelah tugas atau jabatan tersebut selesai, yang bersangkutan kembali ke pangkat semula.

Jadi, Pangkat Tituler adalah Pangkat yang diberikan pada Warga Negara yang sepadan dengan jabatan keprajuritan yang dipangkunya, serendah-rendahnya Letnan Dua.

Apabila yang bersangkutan tidak lagi memangku jabatan keprajuritan, maka pangkat yang bersifat tituler tersebut dicabut.

Deddy Corbuzier mendapatkan Pangkat Tituler

Deddy Corbuzier melalui instagram pribadinya, mengguggah foto bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat menerima map dan menulis di caption jika menerima pangkat Tituler.

“Kebanggaan yang luar biasa, Penerimaan Pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat oleh Menhan @prabowo Yang disahkan oleh Panglima TNI @jenderaltniandikaperkasa dan KASAD @dudung_abdurachman

Terimakasih untuk keluarga besar TNI dan KEMENHAN atas penghargaan dan kepercayaan tertinggi ini untuk saya.

Ini juga artinya mengawali perjalanan baru bagi saya tuk mengemban tugas dan tanggung jawab pada NKRI secara bersih dan tidak memihak kecuali pada Pancasila.

Mudah mudahan dengan hadirnya saya di keluarga besar TNI bisa lebih memberikan warna baru dan gagasan gagasan tuk Rakyat, Bangsa dan Negara.

Juga sebagai Duta Komcad mampu membawa rakyat bersama membela bangsa. TNI BERSAMA RAKYAT NEGARA KUAT Letnan Kolonel Tituler Deddy Corbuzier.
.
(Pangkat Tituler sebelumnya pernah di berikan untuk Almarhum Idris Sardi pada tahun 1996)”

tulis Deddy dalam caption postingan instagramnya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.4 / 5. Jumlah 7

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Ikuti berita dan info menarik lainnya dari Piknikdong di Google News!