Art Jakarta 2022, Perkuat Geliat Ekonomi Kreatif Tanah Air

Share:

Kemenparekraf mendukung penyelenggaraan pekan seni rupa “Art Jakarta 2022” yang akan berlangsung pada 26 hingga 28 Agustus 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangannya, Kamis (25/8/2022), mengapresiasi ide dan gagasan serta konsistensi ajang Art Jakarta dalam menghadirkan ruang yang diharapkan dapat kian memicu inovasi, kreativitas, juga semangat pelaku kreatif tanah air dalam mengembangkan dan menghadirkan karya.

Kemenparekraf Dukung Art Jakarta 2022 Perkuat Geliat Ekonomi Kreatif Tanah Air
 Art Jakarta 2022 Perkuat Geliat Ekonomi Kreatif Tanah Air, photo : Kemenparekraf

“Kami sangat mengapresiasi hadirnya ‘Art Jakarta 2022’ yang menjadi bagian dalam satu semangat Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Seni sebagai media ekspresi, layak diapresiasi karena memberi nilai tambah dan mendorong perekonomian Indonesia agar bergulir ke arah yang lebih baik,”

ujar Menparekraf Sandiaga Uno.

Art Jakarta merupakan pekan seni rupa internasional di Indonesia yang dimulai sejak 2009 dan telah menjadi salah satu barometer ekosistem seni rupa di kawasan Asia Tenggara.

Selain sebagai ruang ekspresi dan apresiasi, kegiatan yang menghadirkan karya dari berbagai seniman terkurasi ini juga diharapkan dapat mendukung geliat ekonomi kreatif tanah air.

Ekonomi kreatif dikatakan Sandiaga memiliki peranan besar dalam mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

Berdasarkan data, nilai ekspor ekonomi kreatif cenderung stabil selama 2017-2020, namun mengalami peningkatan pada tahun 2021.

Nilai ekspor ekonomi kreatif pada akhir tahun 2020 mencapai 18,78 miliar dolar AS dan meningkat di tahun 2021 menjadi 23,9 miliar dolar AS atau sebesar 10 persen dari total nilai ekspor nasional.

Kontribusi ekspor ekonomi kreatif terbesar berasal dari komoditas fesyen sebesar 61,6 persen, 31,3 persen dari komoditas kriya, dan 6,9 persen dari komoditas kuliner.

“Seni rupa memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan terlebih Indonesia memiliki potensi sumber daya yang dapat menjadi inspirasi dan sumber kreativitas,”

kata Menparekraf Sandiaga.

Pemerintah sendiri menargetkan mampu membuka 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja tahun 2024 melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Mari kita dukung seniman Indonesia untuk terus berkarya dengan mengapresiasi karya mereka.

Dan kepada seniman, terus semangat berinovasi dan berkreasi memanfaatkan peluang yang ada untuk membawa nama Indonesia semakin mendunia,”

ujar Sandiaga.

Direktur Artistik Art Jakarta, Enin Supriyanto, mengatakan “Art Jakarta 2022” kembali dilaksanakan dengan sepenuhnya secara luring setelah dua tahun terakhir dilakukan secara hybrid karena pandemi COVID-19.

Art Jakarta sempat melakukan shifting format pameran menjadi digital dalam judul Art Jakarta Virtual.

Kemudian di awal tahun dengan gelaran pameran seni rupa berkonsep baru di ruang hijau terbuka Hutan Kota by Plataran, bertajuk Art Jakarta Gardens.

Pameran ini sukses menghadirkan karya dari 20 galeri juga seniman terkemuka memajang karya terbaiknya, juga NFT Art, disaksikan hampir 10.000 pengunjung.

“Untuk Art Jakarta tahun ini, saya gembira dan optimistis acara ini terlaksana setelah dua kali tertunda akibat pandemi, juga karena rekanan kami, baik galeri, sejumlah badan usaha, maupun rekan- rekan seniman dan kolektor, semua bersemangat terlibat dan berperan serta.

Ini membangkitkan semangat kita bersama.

Terbukti bahwa ekosistem seni rupa kita punya daya tahan dan cepat bergiat kembali.

Semoga semangat ini juga sampai kepada pengunjung umum, saat mereka menikmati dan mengapresiasi beragam karya seni rupa yang tampil di Art Jakarta kali ini,”

kata Enin Supriyanto.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 4

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Ikuti berita dan info menarik lainnya dari Piknikdong di Google News!

Menyajikan informasi menarik terkini
BAGIKAN
Komentarmu?