Artcare, Bentuk Kepedulian dari Seniman untuk Sesama Hadir di Artjog Resilience

Artcare merupakan sebuah gerakan yang diinisiasi oleh komunitas Soboman 219, Yogyakarta. Komunitas ini dihadirkan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama dari kalangan seniman.

Artcare menjalankan perannya sebagai kegiatan sosial pertama kali pada saat bencana gempa Jogja pada 2006 dan bencana erupsi Merapi pada 2010.

ARTCARE Artjog Resilience
ARTCARE- Artjog Resilience 2020, photo by : ARTJOG

Saat ini, pandemi Covid-19 telah menempatkan publik dalam tekanan, baik tekanan kesehatan maupun ekonomi. Tidak terkecuali seniman dan pegiat seni. Berangkat dari kegelisahan tersebut, Artcare hadir kembali dengan semangat kemanusiaan dan membantu sesama.

Tahun ini Artcare dikelola oleh Yayasan Hita Pranajiwa Mandaya dan dihelat bersamaan dengan ARTJOG: Resilience.

Lebih dari 100 seniman terlibat dalam menghadirkan karya-karya 2 dimensi berukuran 20 x 14 cm untuk dijual sebagai paket karya kolaboratif.

ARTCARE di Artjog Resilience
ARTCARE di Artjog Resilience, photo : ARTJOG

Bentuk karya sangat beragam, mulai dari lukisan, foto, kolase, drawing dan banyak lagi. Dalam satu paket terdiri dari 16 karya dari 16 seniman berbeda yang kemudian dibingkai dengan passe-partout dan dijual seharga Rp15.000.000,00/paket.

Selain didisplay di ruang pamer, karya-karya di dalam paket kolaboratif ini juga dipindai menggunakan Epson Expression 12000XL Scanner.

Dengan memakai pemindai ini, kualitas gambar karya yang dihasilkan untuk dipresentasikan melalui website menjadi lebih jelas dan lebih tajam.

ARTCARE
ARTCARE, photo by : ARTJOG

Epson Indonesia sendiri sudah sejak 2016 menjadi pendukung tetap ARTJOG setiap tahunnya. Mulai dari puluhan unit proyektor kualitas mumpuni untuk mendukung presentasi karya seniman-seniman hingga tahun ini meski tidak ada karya proyeksi, tetapi tidak lantas absen.

Komitmen Epson Indonesia bersama ARTJOG dalam membangun komunitas melalui seni tentunya diharapkan terus berjalan

Mulanya terkumpul sebanyak 16 paket karya, dan kini seluruh paket tersebut telah terjual. Pengumpulan karya masih terus dilakukan agar terkumpul paket tambahan.

Seluruh hasil dari penjualan tersebut akan disumbangkan kepada pihak-pihak yang paling membutuhkan saat ini, baik seniman maupun masyarakat secara umum.

Bagi para seniman, berpartisipasi di Artcare merupakan kesempatan yang sangat baik dan menyenangkan.

Karena selain dapat terus berkarya, para seniman juga dapat memberikan sumbangsih untuk membantu sesama.

Nilai utama yang diusung oleh Artcare adalah rasa kepedulian yang diwadahi dalam bentuk sederhana. Selain itu, Artcare juga merupakan sarana awal bagi seniman untuk terus menuangkan gagasan dalam berkarya.

Dari karya-karya kecil ini, bisa lahir ide atau gagasan untuk karya-karya yang lebih besar berikutnya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 6

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Menyajikan informasi menarik terkini
BAGIKAN
Komentarmu?