ArtJog 2022 Mengusung Tema Expanding Awareness, Akan Berlangsung 2 Bulan!

ARTJOG melaksanakan sosialisasi tema untuk mengawali perhelatan tahun ini pada Kamis, 3 Februari 2022 di Pendapa Ajiyasa, Jogja national Museum, Yogyakarta.

Dalam acara ini, perihal ‘kesadaran’ dalam kerangka tema besar Arts in Common dipaparkan oleh Agung Hujatnika, tim kurator ARTJOG 2022, dan St. Sunardi, staf pengajar Program Doktor Kajian Budaya (Kajian Seni dan Masyarakat), Program Pasca Sarjana Universitas Sanata Dharma.

ARTJOG MMXXII_Sosialisasi Tema Expanding Awareness (2)
ARTJOG MMXXII_Sosialisasi Tema Expanding Awareness, photo : ArtJog

ARTJOG MMXXII adalah edisi terakhir dari rangkaian festival arts-in-common dalam triplet tematik ‘ruang’, ‘waktu’ dan ‘kesadaran’.

Menilik edisi sebelumnya, subtema Common Space (2019) berfokus pada isu-isu seputar ekologi, dengan menyajikan karya-karya yang mempersoalkan masalah ruang dan lingkungan secara kritis.

Sementara Time (to) Wonder (2021) mengangkat ihwal waktu dalam kerangka sejarah, imajinasi dan ingatan, melalui karyakarya yang berbicara tentang problematika masa lalu, hari ini dan masa depan.

Mengusung judul Expanding Awareness, ARTJOG 2022 menempatkan ‘kesadaran’ sebagai muara kesenian yang dipraktikkan sebagai instrumen.

Secara lebih mendasar, sebuah festival merupakan ruang untuk membangun sebuah kesadaran tertentu, di mana sajian kesenian adalah antarmuka untuk pertukaran pengetahuan.

ARTJOG MMXXII juga berupaya menggali kesadaran tentang isu-isu yang lebih luas.

“ARTJOG MMXXII – Expanding Awareness berupaya menyajikan karya-karya dan programprogram kesenian yang tidak hanya menggugah kesadaran kritis tentang berbagai problem aktual, tapi juga menghembuskan optimisme: Hanya dengan menyadari bahwa sekecil
apapun kontribusi yang kita lakukan untuk kebaikan sesama manusia dan alam niscaya berdampak di masa depan, cita-cita tentang sebuah ‘dunia bersama’ (a shared world, a worldin-common) yang dapat didorong menjadi kenyataan”

jelas Agung Hujatnika.

Melalui seleksi kuratorial dan perancangan program-program edukasinya, edisi Expanding Awareness tidak hanya mengupayakan inklusivitas itu, tapi juga mendorong kesenian sebagai medium untuk melampaui batas-batas dari apa yang kita ketahui atau pikirkan saat ini.

ARTJOG percaya bahwa kesenian masih dapat bertindak sebagai alat bagi kita untuk menginterogasi kembali pemahaman, memeriksa secara kritis kenyataan-kenyatan yang berkelindan di lingkungan terdekat kita dan untuk menunjukkan peran serta tanggung jawab kita sebagai warga di dalamnya.

Heri Pemad, pendiri ARTJOG, menyatakan:

“walaupun ini bukan isu yang baru tapi harusterus digaungkan, terlebih di tengah situasi berhadapan dengan dampak pandemi. Dan ARTJOG ingin mengambil andil kecil dalam menyoroti kembali pentingnya kontribusi kesenian terhadap kesadaran kebersamaan ini demi kelangsungan hidup dan keberlanjutannya di masa depan”.

ArtJog 2022 Kapan?

ARTJOG 2022 akan dilaksanakan pada 7 Juli – 4 September 2022 di Jogja National Museum.

ARTJOG MMXXII_Sosialisasi Tema Expanding Awareness (7)
ARTJOG MMXXII_Sosialisasi Tema Expanding Awareness, photo : ArtJog

Menghadirkan presentasi beragam karya seni rupa dari seniman undangan dan seleksi, dan berbagai program lain seperti program penghargaan bagi seniman muda Young Artist Award (YAA), program edukasi, pertunjukan, dan Jogja Art Weeks.

Informasi mengenai seleksi seniman partisipan bisa didapatkan di www.artjog.id mulai 10 Februari – 2 April 2022.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 7

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Ikuti berita dan info menarik lainnya diGoogle News!

Menyajikan informasi menarik terkini
BAGIKAN
Komentarmu?