Baca 3 Doa Ini Saat Maulid Nabi Muhammad SAW. Selengkapnya Bisa Cek Di Sini!

Share:

Di dalam agama Islam, banyak sekali hari-hari penting yang momennya dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia.

Begitu pula oleh umat muslim yang ada di Indonesia sebagai salah satu negara pemeluk agama Islam terbesar di dunia, hari-hari penting itu tak pernah luput untuk dirayakan.

Baca 3 Doa Ini Saat Maulid Nabi Muhammad SAW
Baca 3 Doa Ini Saat Maulid Nabi Muhammad SAW, photo : Pixabay

Contohnya saja seperti hari perayaan Idul Fitri, Idul Adha, Isra Mi’raj, Maulid Nabi dan masih banyak lagi. Hari-hari tersebut kerap dirayakan oleh para umat muslim di Indonesia.

Dan di bulan Oktober ini, ada hari yang sangat istimewa yang biasanya dirayakan oleh umat muslim di Indonesia. Yaitu Maulid Nabi.

Maulid Nabi di tahun 2022 jatuh pada Sabtu (8/10/2022) besok. Umat muslim di Indonesia biasanya memperingati momen Maulid Nabi tersebut dengan berbagai kegiatan.

Mulai dari pengajian, acara sosial hingga bersholawat bersama dan lainnya.

Lalu, mengapa momen Maulid Nabi ini dirayakan oleh para umat muslim?

Maulid Nabi adalah hari yang spesial, karena pada hari itu Nabi Muhammad SAW sebagai rosul terakhir lahir ke dunia.

Dan bagi umat Islam, dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW ke dunia, itu berarti menandakan diselamatkannya seluruh umat manusia, khususnya umat muslim dari masa kegelapan menuju cahaya.

Atas alasan tersebut, momen kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah salah satu hal paling membahagiakan bagi seluruh umat Muslim di dunia ini.

Sebab jika tanpa Nabi Muhammad SAW, umat Islam tidak akan pernah merasakan cahaya iman sampai hari ini.

Dan berikut ini kami telah merangkum 3 doa yang disarankan untuk dibaca saat momen Maulid Nabi. Melansir laman Sonora.id, selengkapnya ada di bawah ini:

1. Sholawat Al-Fatih

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim (ada yang baca ‘shiratikal mustaqim’).

Shallallahu ‘alayhi, wa ‘ala lihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil ‘azhim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan berkah kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

2. Sholawat Munjiyat

Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala aali sayyidina muhammadin sholaatan tunjiina bihaa min jamii’il ahwaali wal aafaat, wa taqdhiilana min jamii’il haajat, watuthohhiruna biha minjamii’is sayyiaat, watar fa’una bihaa ‘indaka a’laa darojaat, watuballighuna bihaa aqshol ghooyaat min jamii’il khoirooti fil khayaati waba’dal mamaati.

Artinya: Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan Nabi Muhammad, semoga Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

3. Shalawat Nariyah

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman.

Taaman ‘ala sayyidina Muhammadinilladzi tanhalu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhoo bihil hawaiju wa tunaalu bihir roghoib.

Wa husnul khowatimi wa yustasqol ghomaamu biwajhihil kariimi wa ‘ala aalihi wa sahbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi’adadi kulli ma’lu mi laka

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab Nabi SAW semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 3

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Ikuti berita dan info menarik lainnya dari Piknikdong di Google News!

BAGIKAN
Komentarmu?