Kabar Gembira, Bandara YIA Kembali Layani Penerbangan Internasional

Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) kembali melayani penerbangan internasional yang ditandai dengan mendaratnya penerbangan AirAsia AK 348 dengan rute asal Kuala Lumpur (KUL).

Penerbangan ini merupakan penerbangan internasional reguler perdana yang kembali dilayani sejak Bandara YIA beroperasi secara penuh bersamaan dengan berlangsungnya pandemi covid-19 di Indonesia tahun 2020 lalu.

Bandara YIA Kembali Layani Penerbangan Internasional
Bandara YIA Kembali Layani Penerbangan Internasional, photo : Andri/Piknikdong

Penerbangan AirAsia AK 348 mendarat di YIA hari ini (29/04), pukul 17.30 WIB dengan membawa 171 penumpang yang 59 orang di antaranya merupakan Warga Negara Asing (WNA) dan selebihnya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

AirAsia AK 348 disambut dengan prosesi seremonial water salute yang berasal dari kendaraan pemadam kebakaran Angkasa Pura Airports YIA.

Usai ditetapkan menjadi entry point berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 42 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Bandara YIA merupakan bandara kelima di bawah pengelolaan Angkasa Pura Airports yang kembali melayani penerbangan internasional.

“Angkasa Pura Airports sebagai pengelola Bandara Internasional Yogyakarta menyambut baik beroperasinya penerbangan rute internasional dari AirAsia yang menghubungkan Yogyakarta dengan Kuala Lumpur.

Kami berkomitmen untuk terus memastikan setiap operasional dan pelayanan penerbangan kepada seluruh pengguna jasa berjalan lancar dan memenuhi standar keamanan, keselamatan dan pelayanan yang berlaku.

Kami optimis dengan pembukaan rute ini akan mampu meningkatkan trafik penerbangan rute internasional di YIA secara perlahan serta membawa multiplier effect bagi pemulihan ekonomi dan industri pariwisata di Yogyakarta,”

ujar Direktur Utama Angkasa Pura AirportsI, Faik Fahmi.

Penerbangan AirAsia KUL-YIA-KUL sementara akan beroperasi dengan frekuensi 2 kali dalam 1 minggu, yaitu pada hari Jumat dan Minggu.

Maskapai AirAsia menggunakan pesawat jenis Airbus A320 Neo berkapasitas 186 penumpang, sehingga pada penerbangan perdana hari ini mencapai kapasitas jumlah penumpang (load factor) 92%.

Direktur Utama AirAsia, Veranita Yosephine mengungkapkan,

“Kami melihat ini menjadi potensi positif sebagai upaya recovery sektor penerbangan, pariwisata dan perekonomian dalam melewati masa pandemi.

Kita akan terus berkolaborasi dengan Angkasa Pura Airports untuk memaksimalkan peluang yang kita miliki.”

Selain dengan water salute, manajemen Angkasa Pura Airports bersama komunitas bandara, dan juga pemerintah daerah memberikan apresiasi penyambutan bagi penumpang melalui pengalungan bunga kepada penumpang yang tiba di Bandara YIA.

Selain itu, seluruh penumpang juga turut disambut dengan tarian khas daerah Yogyakarta.

“Atas nama pemerintah DIY kami mengucapkan terima kasih, ini merupakan kesempatan yang baik sekali, dengan dibukanya kembali penerbangan internasional melalui YIA, kami mempunyai harapan semoga ini dapat membuka aksesibilitas bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Yogyakarta, dan tentu akan membuka peluang juga bisnis dan investasi di Yogyakarta.

Semoga dapat segera menyusul rute-rute penerbangan internasional lainnya,”

terang Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, S.H., M.Ed.

Syarat perjalanan dari luar negeri di Bandara YIA

Mengenai petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri (PPLN), diterapkan simplifikasi seperti:

  • PPLN wajib mengunduh dan mengisi aplikasi PeduliLindungi secara lengkap;
  • PPLN tidak perlu mengisi e-HAC;
  • PPLN wajib menunjukkan kartu/sertifikat vaksin;
  • PPLN yang belum bisa mendapatkan vaksinasi atau telah menerima vaksin dosis pertama seminimalnya 14 (empat belas) hari sebelum keberangkatan, diwajibkan melakukan karantina selama 5×24 jam dan wajib melakukan tes RT-PCR kedua pada hari ke 4 karantina;
  • PPLN wajib menunjukkan hasil negatif melalui tes RT-PCR di negara/wilayah asal yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan dan dilampirkan pada saat pemeriksaan kesehatan;
  • RT-PCR dilakukan bagi penumpang yang bergejala (dengan suhu di atas 37,5 derajat);
  • PPLN yang telah menerima vaksin dosis kedua atau ketiga seminimalnya 14 hari sebelum keberangkatan dan hasil RT-PCR pada kedatangan menunjukkan hasil negatif, diperkenankan melanjutkan perjalanan.

“Kedatangan penerbangan internasional di YIA hari ini berjalan lancar.

Dari keseluruhan penumpang yang datang mengikuti tahap-tahap pemeriksaan yang memang telah disiapkan dengan baik oleh KKP, Kantor Imigrasi, serta Bea dan Cukai.

Secara keseluruhan tidak ada kendala dan dapat berjalan lancar,”

jelas Agus Pandu Purnama, General Manager Bandara Internasional Yogyakarta.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 2

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Ikuti berita dan info menarik lainnya dari Piknikdong di Google News!

Menyajikan informasi menarik terkini
BAGIKAN
Komentarmu?