Intip Pesona Batu Kuda Manglayang Yuk, Indah Banget!

Jika saat ini kamu sedang berada di Bandung dan mencari tempat wisata yang sejuk dengan pemandangan hutan pinus yang asri, coba datang ke Hutan Pinus Batu Kuda Manglayang yang berlokasi di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Tepatnya berada di kaki gunung Manglayang.

Tempat wisata yang berada di ketinggian 1818 meter di atas laut (mdpl) ini dibuka sejak tahun 1982, menawarkan pemandangan hutan pinus yang asri serta udara yang sejuk khas daerah pegunungan. Area ini juga merupakan titik pertama bagi pendakian gunung Manglayang.

Ngecamp di Batu Kuda Manglayang, image by IG : @irvanhardri
Ngecamp di Batu Kuda Manglayang, image by IG : @irvanhardri

Hutan Pinus yang juga merupakan camping ground ini menjadi alternatif tempat wisata yang murah meriah untuk sejenak menyegarkan pikiran dari penatnya rutinitas pekerjaan. Tidak heran jika Batu Kuda Manglayang rutin dikunjungi oleh rombongan keluarga yang membawa serta anak-anak mereka.

Kebanyakan pengunjung datang saat menjelang sore hari, sembari melihat matahari terbenam. Disini kamu dapat melakukan beragam aktivitas seperti piknik makan bersama, hiking, hammocking, camping, atau sekedar foto-foto.

Nama Batu Kuda sendiri berasal dari sebuah batu yang berada di Area kaki gunung Manglayang ini yang mirip dengan kepala seekor kuda, sehingga tempat di sekitarnya diberi nama Batu Kuda Manglayang.

Fasilitas yang ada di Batu Kuda Manglayang

Fasilitas yang disediakan untuk pengunjung bisa dibilang cukup lengkap. Terdapat toilet pria dan wanita yang terpisah, tempat parkir yang luas, serta beberapa warung makan yang terlihat berjajar di area perkemahan.

Beberapa tong sampah juga tersebar di beberapa titik strategis, dengan harapan agar pengunjung tidak membuang sampah sembarangan.

Aktivitas yang bisa Dilakukan

Selain fasilitas yang cukup lengkap, ada beberapa aktivitas yang menyenangkan saat berkunjung ke Batu Kuda Manglayang. Beberapa aktivitas tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Piknik ceria dan makan bersama

Piknik Ceria dan Makan Bersama di Batu Kuda Manglayang, image by IG : @neeeeyyyy
Piknik ceria dan makan bersama di Batu Kuda Manglayang, image by IG : @neeeeyyyy

Buat kamu yang ingin refreshing dari penatnya rutinitas harian, bisa mencoba piknik ceria di hutan pinus Batu Kuda Manglayang.

Kamu bisa menggelar tikar di rerumputan, untuk kemudian menyantap makanan yang sudah dibawah dari rumah. Atau kamu bisa memesan makanan dari warung yang ada di area perkemahan.

2. Hammocking

Bosan dengan acara bersantai yang itu-itu saja? Kamu bisa mencoba hammocking dikarenakan tempat ini sangat cocok untuk memasang hammock.

Banyak pepohonan di kanan kirimu yang bisa kamu gunakan sebagai tumpuan hammock. Dijamin deh, acara bersantaimu pasti jadi semakin asik!

3. Camping

Camping di Batu Kuda Manglayang, image by IG : @prawirahmad
Camping di Batu Kuda Manglayang, image by IG : @prawirahmad

Hutan Pinus Batu Kuda Manglayang juga merupakan sebuah camping ground, atau area perkemahan.

Kamu bisa menghabiskan akhir pekanmu bersama keluarga atau teman-teman dengan berkemah di sini. Udara yang sejuk, serta tidak adanya polusi udara dan juga cahaya akan membuat malam-malamu bertabur bintang.

4. Trekking Gunung Manglayang

Jika kamu tidak puas hanya sekedar camping, kamu bisa mencoba untuk mendaki Gunung Manglayang.

Rute yang pendek dan tidak membutuhkan keahlian khusus membuat Gunung Manglayang menjadi tempat latihan yang pas untuk pendaki gunung pemula.

Jam buka dan harga tiket masuk Batu Kuda Manglayang

Kamu dapat mengunjungi Batu Kuda Manglayang kapan saja, karena terbuka setiap hari dengan jam operasional tiketing dari jam 06.00 – 18.00 WIB.

Untuk memasuk area Batu Kuda Manglayang, kamu cukup membayar tiket seharga Rp. 5000,- per orang. Tidak ada perbedaan harga antara dewasa dan anak-anak.

Sementara itu, untuk tarif parkir sepeda motor adalah Rp. 2000,- per motor, dan Rp. 5000 ,- per mobil.

Lokasi Batu Kuda Manglayang

Hutan Pinus dan Camping Ground Batu Kuda Manglayang terletak di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Tepatnya berada di kaki gunung Manglayang. Sekitar 22 km atau 1 jam perjalanan dari pusat Kota Bandung. Untuk lebih jelasnya kamu bisa buka google maps disini.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 9

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

BAGIKAN
Komentarmu?