Inilah Bendungan Kamijoro, Tempat Wisata Baru Di Jogja Yang Lagi Hits

Di tahun 2019 ini jika bicara tentang tempat wisata baru di Jogja yang lagi hits pastinya Bendungan Kamijoro.

Bendungan Kamijoro sekarang selalu ramai dipadati wisatawan baik dari area Jogja seperti, Kulon Progo, Bantul, Sleman, Gunung Kidul dan kota Yogyakarta. Bahkan tak sedikit juga dari Jawa tengah seperti Purworejo, Magelang dan Solo.

Sejarah Singkat Bendungan Kamijoro

Jika kita tengok kebelakang lagi, Bendungan ini sebenarnya sudah ada sejak dulu sekitar tahun 1924 dan saat itu dibangun oleh Belanda.

Fungsi utama dari Bendungan Kamijoro yang menahan derasnya aliran sungai Progo ini adalah sebagai pintu utama sistem pengairan atau irigasi untuk sawah yang ada di Bantul dan Sekitarnya untuk sisi timur dari Bendungan.

Di tahun 2016 kemarin, Bendungan Kamijoro dibangun lagi atau direhap ulang dengan ditambahkan taman.

Penambahan Taman, Image By : Andri
Penambahan Taman, Image By : Andri

Kemudian di tahun 2019 ini Bendungan Kamijoro sudah bisa dibuka untuk umum menjadi lokasi yang sangat asik dan seru, lengkap dengan beberapa tempat foto, taman bermain anak, dan plataran untuk melakukan kegiatan masal seperti olahraga pagi.

Kegiatan Menarik Yang Bisa Dilakukan di Bendungan Kamijoro

Taman Bendungan Kamijoro, Image By : Andri
Taman Bendungan Kamijoro, Image By : Andri

Karena konsep utama dari Bendungan Kamijoro adalah Taman Bermain dan Berwisata, tentu sangat cocok jika dijadikan tempat liburan bareng keluarga. Disini tersedia taman bermain lengkap untuk si kecil, dan jika datang saat hari libur di pagi hari, biasanya bisa mengikuti senam masal.

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh piknikdong (@piknikdong) pada

Hal menarik lainnya adalah tempat yang sangat instagramable, seperti jembatan yang melintang di atas Bendungan dengan panjang sekitar 161 meter dengan lebar 3 meter.

Jembatan Yang Menghubungkan Kulon Progo dan Bantul, Photo By : Andri
Jembatan Yang Menghubungkan Kulon Progo dan Bantul, Photo By : Andri

Jembatan yang menghubungkan antara Bantul dan Kulon Progo ini sangat menarik sekali karena didesain seperti Jembatan Ampera yang ada di Palembang, lengkap dengan tali baja, ditambah lagi ada lampu penerang yang pasti akan sangat indah jika dilihat di Malam Hari.

Taman Bendungan Kamijoro Yang Lagi Hits, Image By : Andri
Taman Bendungan Kamijoro Yang Lagi Hits, Image By : Andri

Oh iya, waktu yang tepat untuk berkunjung ke Bendungan Kamijoro adalah saat pagi dan sore hari ya, karena jika datang siang hari akan sangat panas, walaupun ada tempat berteduh yang besar disini.

Adakah yang jual makanan di Bendungan Kamijoro?

Penjual makanan di Bendungan Kamijoro banyak banget, jadi tak perlu takur kelaparan deh saat liburan bersama keluarga disini.

Beberapa Penjaja makanan di Bendungan Kamijoro, Image By : Andri
Beberapa Penjaja makanan di Bendungan Kamijoro, Image By : Andri

Kita bisa menemukan berbagai penjaja makanan, mulai dari bakso tusuk, tempura, buah segar, es krim sampai angkringan pun ada disini.

Tiket Masuk Ke Bendungan Kamijoro

Tidak perlu ragu untuk bekunjung ke Bendungan Kamijoro apalagi tentang tiket masuknya, karena sampai sekarang tidak ada biaya retribusi masuk kesini. Kita cukup membayar parkir  yang dikelola oleh warga sekitar Bendungan Kamijoro.

Karcis Parkir Jembatan Kamijoro
Karcis Parkir Jembatan Kamijoro, Image By  : Andri

Untuk motor seharga Rp. 2000 dan Rp. 5000 untuk mobil, kita sudah bisa memanjakan keluarga kita untuk liburan disini.

Lokasi Bendungan Kamijoro

Salah satu keunikan dari Bendungan Kamijoro ini adalah lokasinya, karena namanya juga Jembatan yang menghubungkan 2 Kabupaten yang berbeda yakni Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Bantul, tentu lokasinya juga ada 2.

Untuk area utama dari taman Bendungan Kamijoro berada di Kulon Progo tepatnya di Dusun Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kulon Progo sedangkan untuk sisi timur berada di Kabupaten Bantul, tepatnya di Desa Triwidadi, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul.

 

Itulah sekilas tentang  Bendungan Kamijoro, Tempat Wisata Baru Di Jogja Yang Lagi Hits sekarang ini. Jadi atur jadwal sekarang yuk untuk meluangkan waktu liburan akhir pekan nanti kesini bareng teman atau keluarga.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?