Bono, Gelombang Menakjubkan Sungai Kampar Yang Super Besar

Mungkin masih bertanya-tanya, apakah ada gelombang atau omba di sungai bahkan sampai terbilang besar? Nah untuk jawabanya “ADA” dan itu di Indonesia.

Jika kamu sudah pernah mendengar Bono, sang gelombang sungai Kampar yang super besar, itulah yang akan kita bahas sekarang ini.

Bono sendiri merupakan nama yang diberikan untuk gelombang besar di sungai kampar di Teluk Meranti. Bono merupakan fenomena hidrodinamika yang bisa dibilang terkait dengan gerakan masa air yang membuat gelombang menjalar menuju  hulu dengan kekuatan yang sangat besa bahkan masuk dalam kategori merusak.

Bono, Gelombang Sungai Kampar Yang Siap Super Besar banget

Dibalik itu semua terdapat pula 2 kisah yang bisa dibilang mistis untuk Gelombang Bono.

Yang pertama adalah tentang gelombang bono yang berada di Sungai Kampar merupakan Sang Bono Jantan sedangkan Bono yang berada di Sungai Rokan merupakan Sang Bono Betina.

Menurut cerita pada saat musim pasang Bono Jantan ini menemui Sang Bono Betina ntuk bermain di Selat Malaka. Sedangkan ketika bulan sudah mulai terlihat besar merka pulan ke tempat asalnya di sungai Rokan dan sungai Kampar.

Yang Kedua adalah legenda dari Bono yang dulunya adalah anjing laut yang jumlahnya ada 7 ekor, dan salah satunya ditembak oleh tentara Belanda yang tidak percaya akan hal itu. Dan benar, ketika tentara Belanda menembaknya ada 1 ekor mati terkena tembakan, kemudian tentara itu juga ikut mati.

Keganasan dari Gelombang Bono ini dulunya sangat ditakuti dan dihindari, namun seiring perkembangan jaman, Gelombang Bono ini menjadi obyek wisata yang sangat dikenal bagi peselancar lokal maupun Internasional. Sekarang Gelombang Sungai Kampar ini menjadi wisata andalah di Provinsi Riau.

 

gelombang bono
image : www.surfertoday.com

Untuk menikmatinya, Gelombang Bono terjadi pada tanggal 10-20 bulan Melayu dan Tahun Arab atau bisa dibilang bulan purnama. Sedangkan untuk Bono besar biasanya terjadi sekitar tanggal 13-16.

Gelombang Bono ini bisa berkecepatan 40km/jam, dan tingginya bisa mencapai 6m. Bahkan keganasan dari gelombang Bono ini bisa menyebabkan banjir beberapa saat di perkampungan tepi sungai Kampar.

Gelombang Sungai Kampar Yang Siap Super Besar

Jika kamu ingin menuju lokasi adanya Gelombang Bono ini memang agak sulit. Kamu bisa menuju Sungai Kampar Kecamtan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Jika dari Pekanbaru bisa langsung menuju Pangkalan kerinci kabupaten Pelalawan dengan jalur darat sekitar 2-3jam.

Setelah sampai di Pangkalan kerinci dilanjutkan menuju Teluk Meranti dengan menyewa mobil yang tersedia. Untuk jarak tempuh ke Teluk Meranti mencapai 3 jam. Selain lewat darat, disini juga tersedia jalur air dari pangkalan kerinci menggunakan speedboat.

Video : BONO (one of wonderfuL of Indonesia) by OnoyRight

So, ingin mencoba keganasan dari Gelombang Bono Sungai Kampar? Kumpulin nyali dulu.

Penyuka tahu dan tempe, kalau ada tempe aja mau, tapi kalau tahu aja ga suka, jika ada keduanya malah pilih tahu

BAGIKAN
Komentarmu?