Bukit Tranggulasih, Spot Menikmati Sunset dan Sunrise Cantik dari Banyumas

Sudah kenal dengan Bukit Tranggulasih? ya, bukit yang satu ini menyuguhkan keindahan alam yang sangat luar biasa, terutama saat pagi hari dengan sunrisenya, dan sore hari dengan sunsetnya.

Bicara soal bukit Tranggulasih, lokasi ini sebenarnya sudah dikenal sejak jaman dulu, khususnya warga sekitar Banyumas. Dahulunya bukit ini lebih dikenal dengan lokasi camping paling favorit di Banyumas.

Keindahan Bukit tranggulasih, Image By IG : @_nengephy
Keindahan Bukit tranggulasih, Image By IG : @_nengephy

Seiring perkembangan jaman Bukit Tranggulasih dipoles kembali dan mulai dikenal lebih luas karena adanya sosial media. Sampai sekarang Bukit Tranggulasih selalu dipadati oleh pengunjung, baik dari dalam Banyumas maupun luar.

Apa sih yang istimewa dari Bukit Tranggulasih?

Banyak sekali yang bisa kita dapatkan di Bukit tranggulasih, seperti lokasi yang sangat instagramable, suasana sejuk pegunungan, sampai lokasi camping yang sangat asik.

Bukit Tranggulasih, image By IG : @akmallyanuar23
Bukit Tranggulasih, image By IG : @akmallyanuar23

Yang paling asik dari Bukit Tranggulasih adalah kita bisa melihat Purwokerto, Purbalingga dan Pemalang dari ketinggian. Saat malam datang, keindahan Bukit Tranggulasih tidak memudar sedikitpun karena kita bisa menikmati indahnya lampu kota dari atas bukit.

Bukit Tranggulasih saat malam, Image By IG : @gopras_sr
Bukit Tranggulasih saat malam, Image By IG : @gopras_sr

Hal ini pasti membuat kita bersyukur sudah dilahirkan di Indonesia dengan jutaan keindahan didalamnya.

Lokasi Bukit Tranggulasih

Untuk lokasi tepatnya, Bukit Tranggulasih berada di Desa Windujaya, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas. Namun memang karena lokasinya yang berbatasan dengan Kecamatan Baturaden, maka lebih dikenal dengan Bukit Tranggulasih Baturaden.

Rute Menuju Bukit Tranggulasih

Mengenai Rute ke Bukit Tranggulasih, kita bisa memilih salah satu dari rute berikut ini. Kita bisa melalui Desa Kedung Banteng keutara masuk ke Gerbang Curug Gomblang. Dan bisa melewati Curug Bayan Baturaden.

Jika sudah sampai di Lokasi Parkir, kita masih harus traking ke atas bukit sekitar 200 meter. Nah dari sini kita bisa memilih spot mana yang akan kita singgahi, karena terdapat 4 bukit utama, ada Bukit Datar, Bukit Tinggi, Bukit Tranggulasih, dan Bukit Suramenggala. Keempat bukit itu menyajikan background yang berbeda-beda.

Berapa harga tiket masuk Bukit Tranggulasih?

Untuk harga tiket masuk bisa dibilang sangat murah. Cukup dengan Rp 5000 saja kita bisa menikmati keindahan alam Bukit Tranggulasih. Sedangkan untuk parkir kendaraan motor kita perlu mengeluarkan Rp 5000. Jika ingin ngecamp di Bukit Tranggulasih, disini juga tersedia sewa tenda yang muat 3-4 orang dengan harga Rp 50.000/malam.

Tips Berkunjung ke Bukit Tranggulasih

  1. Datang saat pagi hari atau sore hari untuk mendapatkan suasana paling indah di Bukit Tranggulaasih
  2. Siapkan fisik yang sehat dan kuat, karena kita diharuskan treking kurang lebih sejauh 200 meter.
  3. Jika ingin ngecamp disini tersedia penyewaan tenda, namun alangkah baiknya membawa sendiri, karena untuk antisipasi jika pengunjung banyak dan stok tenda habis
  4. Banyak spot foto menarik, namun tetap hati-hati, karena agak licin
  5. Jangan buang sampah sembarangan ya, siapa lagi kalau bukan kita yang menjaganya
  6. Plis jangan corat-coret sembarangan
  7. Untuk penjaja makanan dan minuman sudah banyak, namun jika ingin menginap dan datang sore alangkah baiknya sudah bawa bekal sendiri.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?