Cara Membuat Cakwe Enak, Cobain Yuk!

Sedang mencari resep dan cara membuat cakwe enak anti gagal? Ya, kamu berada ditempat yang tepat.

Namun sebelum itu, kita ulas sedikit tentang cakwe yuk. Jika dilihat dari sejarahnya, camilian ini berasal dari dari Tionghoa dan di Indonesia sendiri memiliki banyak sekali penggemar, jadi untuk mencarinya pun tidak sulit.

Di Indonesia, cakwe biasa dijual di toko ataupun di jajakan para pedagang kaki lima di beberapa daerah. Cara penyajian cakwe pun berbeda, salah satu contohnya di daerah Surakarta, Jawa Tengah, disini disajikan bersama susu kedelai, sedangkan di daerah Jawa Barat, atau daerah lain, disajikan dengan sambal asam cair atau sambal kacang cair.

Kembali ke topik utama yakni cara membuat cakwe. Untuk membuat camilan ini memang bisa dibilang cukup panjang, hal ini karena harus mendiamkan adonan beberapa jam terlebih dahulu.

Bagi yang ingin mencoba membuatnya, berikut ini ada rekomendasi resep dan cara membuat cakwe enak. Simak yuk!

Tips membuat cakwe

  1. Cara menguleni cakwe beda dengan roti ya, tidak perlu kalis, asal rata saja.
  2. Kalau diuleni malah bisa jadi alot, bahkan keras
  3. Sebaiknya jangan membagi terlalu panjang, agar nantinya akan mempermudah saat menggoreng, kecuali memang ingin menggunakan wajan yang besar.
Cara Membuat Cakwe Enak, Cobain Yuk!
Cara Membuat Cakwe Enak, Cobain Yuk! 1

Cara membuat cakwe enak memang tidak begitu sulit, namun memang memerlukan waktu yang cukup lama, terutama saat mendiamkan adonan berjam-jam.

Tipe: Camilan

Total Waktu: 4J30M

Bahan Resep:

  • 300 gram terigu protein sedang
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt penyedap jamur
  • 1 butir telor (kocok lepas) + air sampe total = 180gr
  • 3 bawang putih haluskan, beri 1 sdm air (bahan olesan)

Petunjuk Resep:

Langkah 1, campurkan bahan: Ambil wadah lalu campurkan semua bahan kering, sisihkan.

Langkah 2, tuang campuran telur: Setelah bahan kering sudah tercampur, tuangkan campuran telor+air sedikit demi sedikit ke dalam bahan kering, aduk menggunakan spatula sampe semua cairan terserap 100% dengan tepung.

Langkah 3,: Pindahkan adonan ke silicone mat. Satukan adonan tanpa diuleni, cukup tekan-tekan aja selama 3 menit. Tutup dengan serbet, diamkan 30 menit.

Langkah 5, tekan dengan dangan: Setelah didiamkan, tekan-tekan lagi dengan tangan mengepal selama 5 menit secara pelan. Kemudian tutup dan diamkan lagi selama 30 menit.

Langkah 5, bungkus dengan wrap: Setelah itu tekan-tekan lagi selama 5 menit dan bungkus menggunakan cling wrap. Diamkan lagi kurang lebih 3 jam.

Langkah 6, pipihkan adonan: Pipihkan adonan berbentuk persegi sampe ketebalan kurang lebih 1/2cm (pake rolling pin, jangan ditekan terlalu keras)

Langkah 7, bentuk adonan: Belah tengah atau vertikal, olesi 1 bagian dengan bawang putih, tumpuk dengan 1/2 adonan satunya. Gilas lagi dengan rolling pin, jangan ditekan.

Langkah 8, potong adonan: Potong adonan +/- 2cm, lakukan hingga habis. Tumpuk 2 adonan jadi satu, tekan bagian tengahnya dengan tusuk sate.

Langkah 9, goreng cakwe: Panaskan minyak dengan api besar, jika sudah panas, kecilkan ke medium. Jangan lupa tes dengan secuil adonan, jika dalam 5 detik mengambang, maka siap untuk menggoreng. Ambil 1 buah adonan, tarik sedikit kedua ujungnya, masukkan ke wajan. Goreng sampe matang. Sajikan.

Itulah cara membuat cakwe enak, cobain bikin sekarang juga yuk!

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 3.7 / 5. Jumlah 6

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?