5 Cara Paling Mudah Membuat Itinerary Yang Benar

Sekarang ini liburan persiapannya hampir sama ribetnya seperti pernikahan! Namun hal ini wajar juga sih, demi mendapatkan pengalaman liburan yang seru dan asik, siapapun rela melakukan persiapan jauh-jauh hari.

Langkah pertama biasanya, memantau diskon atau promo tiket, mencari referensi wisata di sosial media, sampai membuat jadwal cuti. Nah itulah beberapa hal yang disebut itinerary.

Sebenarnya Itinerary itu apa sih?

Itinerary sendiri bisa diartikan sebagai buku panduan yang biasanya diberikan pada penumpang saat perjalanan jauh, dan isinya berupa panduan umum dan daftar tempat yang akan disinggahi, itu secara harfiahnya.

Seiring perkembangan jaman, sekarang ini itinerary lebih dikenal sebagai panduan wisata, mulai dari persiapan lengkap sebelum liburan yang isinya jadwal perjalanan, daftar tujuan wisata, jadwal buka, harga tiket masuk, wahana yang ada hingga anggaran yang perlu dipersiapkan.

5 Cara Paling Mudah Membuat Itinerary Yang Benar
5 Cara Paling Mudah Membuat Itinerary Yang Benar

Nah, sekarang sudah paham kan apa itu itinerary. Terus bagaimana cara membuatnya? Berikut ini ulasanya.

5 Cara Mudah Membuat Itinerary

1. Untuk Mengawali, Tentukan Tanggal, Waktu Dan Tujuan

Cara yang pertama adalah dengan menentukan tanggal, waktu dan tujuan wisata. Cobalah untuk menetapkan tanggal keberangkatan, berapa lama waktu yang dihabiskan disana sampai dimana lokasi yang akan kita tuju pertama kali.

Langkah pertama ini akan menuntun kita dalam membuat perizinan seperti cuti dan pemesanan tiket. Semakin awal kita mempersiapkannya, peluang mendapatkan promo tentu akan semakin besar, baik promo tiket penerbangan hingga promo penginapan.

2. Cobalah Rangkum Destinasi Wisata

Setelah menemukan tempat tujuan wisata, cobalah untuk merangkumnya. Carilah info sebanyak mungkin  berupa kegiatan apa saja yang bisa dilakukan ditempat tujuan. Jangan lupa cek juga harga tiket masuk, jam buka hingga peralatan yang perlu disiapkan.

Dengan merangkum informasi ini, akan memudahkan kita dalam berkemas menentukan barang bawaan yang disesuaikan dengan destinasi wisata. Misalnya saja tujuan kita ke pantai, berati harus mempersiapkan baju renang, kacamata renang, hingga sunblock.

Ingat, semakin jelas rencananya, akan semakin mudah pula dalam mempacking barang bawaan kita.

3. Buatlah Dengan Teliti Anggaran Dana

Anggaran dana ini sangatlah penting. Susunlah rancangan anggaran dana untuk mengantisipasi pengeluaran berlebih.

Hal yang paling mudah adalah dengan membuat rancangan kasar untuk patokan. Dengan adanya rancangan anggaran ini, akan membuat kita lebih disiplin dalam menggunakan dana. Hal ini sangatlah efektif dalam menjaga kantong kita saat liburan.

4. Data Penting Tempat Wisata

Agar liburan kita semakin lancar, nyaman dan aman, jangan lupa juga himpun data tentang lokasi tujuan, seperti nomor telepon penting, alamat rumah sakit terdekat, tempat makan hingga fasilitas umun yang bisa kita manfaatkan.

Jangan lupa bertanya teman atau kerabat yang sudah pernah berkunjung ke lokasi yang akan dituju. Biasanya mereka akan memberikan tips-tips khusus yang tentu akan sangat berguna. Salah satunya adalah dimana tempat berbelanja oleh-oleh yang tepat agar tidak terjebak harga turis yang tentu lebih mahal.

5. Membuat Sumulasi Kegiatan

Jangan memandang remeh jadwal kegiatan saat liburan ya. Sekarang ini banyak sekali tempat wisata yang menarik dan tentu menjadi banyak pilihan yang ingin kita kunjungi. Karena terlalu banyak, biasanya kendalanya adalah waktu.

Advertisements

Dengan membuat simulasi kegiatan, akan membuat liburan kita lebih tertata. Bayangin aja saat liburan tanpa jadwal, kita bakal keteteran dalam mengatur waktu kunjungan, padahal lokasi lain masih berlum terjamah.

Itulah pengertian tentang apa itu Itinerary dan bagaimana cara paling mudah dalam membuatnya. Sangat simpel dan mudah bukan? Jika ada tambahan jangan lupa komentar dibawah ya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?