Cara Membuat Kentang Goreng Renyah Tidak Lembek

Pasti penasaran kan bagaimana cara membuat kentang goreng renyah banget seperti di restoran cepat saji yang terkenal itu?

Nah, tahukah kamu, untuk membuat kentang goreng yang renyah banget ternyata tidak boleh asal goreng langsung kentang lho, ada beberapa langkah yang wajib dilakukan untuk membuat tekstur dari kentang menjadi lebih renyah dan tentunya nikmat.

Ingin mencoba membuatnya? Simak ulasan resep dan cara membuat kentang goreng renyah berikut ini yuk!

Cara Membuat Kentang Goreng Renyah Tidak Lembek
Cara Membuat Kentang Goreng Renyah Tidak Lembek 1

Untuk membuat kentang goreng renyah tidak lembek sebenarnya tidak sulit, namun memang harus melalui beberapa tahap dulu untuk mengolah kentang. Berikut ini langkah-langkahnya.

Tipe: Hidangan Pembuka

Jumlah Yang Dihasilkan Resep: 1 Porsi Besar

Kalori: 274

Total Waktu: 2J50M

Bahan Resep:

  • 4 buah kentang besar (pilih jenis kentang mentega)
  • 4 sdm tepung maizena
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt lada bubuk
  • 500 ml air mineral
  • 500 ml air dingin /es

Petunjuk Resep:

Langkah 1, potong kentang: Kupas, cuci bersih lalu potong kentang memanjang dan tebal. Untuk ukuran sesuai selera.

Langkah 2, rendam kentang: Ambil wadah, isi dengan air mineral, kentang, garam dan lada. Rendam hingga bumbu meresap. Proses ini memakan waktu sekitar 2 jam dan tiriskan.

Langkah 3, rabus kentang: Ambil panci, masukkan air mineral baru, lalu masukkan kentang dan rebus hingga setengah matang sekitar 5-10 menit.

Langkah 4, rendam air dingin/es: Tiriskan kentang rebusan tadi, lalu masukkan kedalam air dingin/es. Tunggu beberapa menit sampai kentang dingin dan tiriskan kembali.

Langkah 5, balur dengan maizena: Kentang dalam wadah, tambahkan tepung maizena, aduk hingga merata sampai tepung menempel tipis di permukaan kentang.

Langkah 6, goreng kentang: Panaskan minyak goreng dalam wajan yang cukup banyak. Setelah mendidih masukkan kentang kedalamnya hingga terendam. Goreng hingga berubah warna dan busanya hilang. Biasanya sekitar 5-10 menit. Angkat lalu sajikan bersama saus sambal dan masyonaise.

Tips membuat kentang goreng

  1. Setelah proses pencampuran dengan tepung maizena, kentang bisa di freezer dulu untuk hasil lebih krispi dan enak. Simpan setidaknya 1 malam.
  2. Untuk menambah citarasa bisa ditambahkan beberapa pelengkap seperti keju, bumbu pedas, ataupun perasa makanan lainnya. Taburi langsung ketika kentang masih panas setelah keluar dari penggorengan.

Itulah cara membuat kentang goreng renyah tidak lembek. Sangat sederhana bukan? Walaupun memang prosesnya cukup panjang. Selamat mencoba.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.2 / 5. Jumlah 43

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?