7 Tips dan Cara Memilih Kamera Yang Benar, DSLR, Mirrorless, Action Cam, Dll

Ingin membeli Kamera baru namun bingung bagaimana cara memilih kamera yang benar? Tenang, pada kesempatan kali ini kita bakal bahas tentang kegelisahan itu.

Memahami cara memilih kamera yang benar dimaksudkan agar nantinya tidak menyesal dikemudian hari setelah membeli, karena memang tidak bisa dipungkiri kalau harga kamera itu tidaklah murah.

Jadi, wajib kan ya, untuk memilih kamera yang tepat sesuai dengan kebutuhan kita.

Cara dan langkah memilih kamera yang benar, Image : Pixabay
Cara dan tips memilih kamera yang benar, Image : Pixabay

Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya tentang tips dan cara memilih kamera yang benar berikut ini.

1. Pahamilah jenis fotografi yang sesuai, lalu satukan dengan kebutuhan

Tips pertama adalah dengan memahami jenis fotografi yang diinginkan, agar bisa disesuaikan dengan kamera yang tepat.

Cara yang pertama ini sangatlah simpel, cukup dengan menentukan keinginan kita, apakah ingin menjadi fotografer landscape, Street photography, atau untuk dibawa traveling.

Sebenarnya kamera sekarang sudah bisa mengakomodir semua kebutuhan itu, namun perlu dipahami, jika kamera juga memiliki spesialis sendiri-sendiri untuk mendapatkan hasil maksimal. Jadi pahami dulu kebutuhannya.

2. Setelah jenis, ketahuliah karakteristik kamera yang dibutuhkan

Setelah kita tahu ingin ngapain aja dengan kamera nanti, masih ada hal yang perlu dipahami yakni tentang karakteristik kamera.

Kita bisa ambil contoh, ingin motret kamera dibawah air tentu harus waterproof, jika ingin dibawa traveling harus memilih kamera yang cenderung ringan, namun tetap kokoh. Sedangkan jika ingin serius di dunia fotografi, jangan lupa memilih yang kelas atas sekalian.

3. Berapa budget yang kita miliki

Untuk pertamakali, biasanya tidak tahu kan berapa harga pasaran kamera? Namun setidaknya haruslah memiliki patokan budget yang akan kita keluarkan untuk membeli kamera ini.

Untuk pertamakali, rekomendasi mimin antara Rp. 5 jutaan – Rp. 10 jutaan saja untuk yang simpel namun tetap mumpuni dan mengakomodir keperluan kita. Namun jika ingin yang lebih menghasilkan gambar lebih dari biasa, siapkan dana mulai dari Rp. 13 jutaan.

Sedangkan jika ingin yang pro sekalian, bisa langsung menganggarkan dana sekitar Rp. 20 jutaan, dan itu hanya untuk harga body saja lho.

Mahal kan? ya, memang begitulah harganya yang berbanding lurus dengan kualitas. Maka dari itu, kita wajib banget untuk membaca tips dan cara memilih kamera yang tepat ini.

4. Kenali Jenis Kamera

Banyaknya jenis kamera yang ada dipasaran merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan orang bingung dalam memilih kamera. Namun tak perlu kawatir, berikut ini ada ulasan tentang jenis kamera yang ada saat ini.

Kamera Mirrorless

Kamera Mirrorless, Image : Pixabay
Kamera Mirrorless, Image : Pixabay

Kamera Mirrorless saat ini sangatlah populer, karena selain mudah digunakan, hasilnya juga sudah tidak diragukan lagi, berikut ini beberapa hal yang membuatnya menarik.

Ukuran kamera Mirrorless : Untuk ukuran, kamera mirrorless bisa dibilang praktis, tidak terlalu berat, namun juga tidak ringan-ringan amat.

Kapabilitas kamera Mirrorless : Pernah dengar kan, jika kamera ini digadang-gadang sebagai “next big thing” dalam dunia fotografi? Jika dilihat saat ini memang sedang berjalan kearah situ, karena kamera jenis ini memiliki banyak sekali keunggulan, terutama dari segi teknologinya.

Performa kamera Mirrorless : Untuk perfroma dari kamera Mirrorless tergantung banget dengan harga belinya. Seperti yang sudah kita sebutkan diatas, jika harga berbanding lurus dengan kualitas dan performa dari Kamera Mirrorless.

Saran : Untuk kamera traveling, Mirrorless sangat pas, karena bentuknya yang tidak terlalu besar, akan sangat mudah dibawa kemanapun dan tentu tidak terlalu menambah berat bagasi. ditambah kemampuan yang bagus dari kamera Mirrorless.

Kamera DSLR

Kamera DSLR, Image By : Pixabay
Kamera DSLR, Image By : Pixabay

Sebelum kamera Mirrorless hadir, kamera DSLR adalah rajannya.

Ukuran kamera DSLR : Banyak sekali ukuran kamera DSLR, mulai dari yang tidak terlalu berat, ingga yang besar dan berat untuk kalangan profesional.

Kapabilitas kamera DSLR: Jangan tanyakan lagi untuk kapabilitas, hal ini juga banyak pilihan tingkatannya, mulai dari yang “lumayan” sampai yang “luar biasa” hal ini tentu akan sangat bergantung dengan model dan lensa yang dipasang.

Performa DSLR : Bicara peforma kamera DSLR bisa dibilang lebih unggul dibandingkan dengan Mirrorless, namun kedepan hal ini belum tentu, seiring dengan berkembangnya teknologi yang sangat cepat.

Advertisements

Saran : Bagi yang ingin serius dengan dunia fotografi, tidak mementingkan berat kamera dan beberapa aksesorisnya, kamera DSLR bisa jadi pilihan tepat.

Kamera Pocket

Kamera Pocket, image by : plazakamera
Kamera Pocket, image by : plazakamera

Ukuran kamera pocket : Ukurannya yang kecil dan ringan membuat kamera ini sangatlah praktis.

Kapabilitas kamera pocket : Karena biasanya kamera pocket memiliki lensa yang sudah fixed dan tidak bisa diganti, tentu tidak ada mode manual, alias full auto yang sifatnya point and shoot saja.

Performa kamera pocket : Untuk hasilnya memang tidak bagus-bagus amat, namun untuk kualitas foto sudah layak kok, dan kadang lensanya juga sudah lumayan. Namun ingat, tidak bisa dicopot dan diganti-ganti seperti Mirrorless dan DSLR ya.

Saran : Sebenarnya sekarang banyak smartphone yang kualitas kameranya melebihi kamera pocket ini, namun jika ingin memilikinya dan memisahkan kegunaan antara smartphone dan kamera, tidak ada salahnya untuk memiliki kamera pocket ini.

Action Cam

Action Cam, Image : Pixabay
Action Cam, Image : Pixabay

Action cam juga sangat populer sekarang ini, walaupun kecil, kualitas gambar yang dihasilkan juga tidak perlu diragukan lagi.

Ukuran Action Cam : Seperti namanya, action cam ukurannya tentu akan sangat kecil dan ringan.

Kapabilitas Action Cam : Sangat cocok untuk berpetualang, mulai dari travelling, underwater, olahraga, hingga acara live.

Performa Action Cam : Walaupun ukurannya kecil namun hasil foto ataupun videonya sudah bagus, apalagi untuk keluaran terbaru saat ini yang bisa memperoduksi gambar dengan kualitas 4k.

Saran : Jika kalian lebih suka membuat video daripada jepret foto, dan suka banget berpetualang, action cam bisa jadi pilihan yang sangat tepat.

5. Kenali Merk Kamera

Setelah sudah tahu jenis kamera, sekarang kenalan dengan merk. Pentingkah merk kamera itu?

Ya bisa dibilang sangat penting, sekarang ini banyak sekali merk dunia yang hadir di Indonesia. Mungkin dulu, jika ingin membeli kamera, beberapa orang menyarankan kalau tidak Nikon ya Canon.

Berbeda dengan sekarang, karena sudah semakin banyak, seperti Fuji, Sony, Olympus, lumix dll. Mereka berlomba-lomba untuk menawarkan teknologi kamera yang semakin maju dan keren. Ingat, sebaiknya janganlah membatasi diri dengan satu brand saja, karena bisa melewatkan yang terbaik.

Setelah itu jangan lupa untuk melihat beberapa rivew dari fotografer yang sudah menggunakan kamera calon pilihanmu. Untuk mencarinya mudah banget kok di era sekarang ini, bisa melalui media sosial, youtube, atau bahkan bisa tanya langsung melalui akun media sosial mereka.

6. Spesifikasi Kamera

Walaupun ditempatkan dinomor enam, namun spesifikasi kamera ini sangatlah penting, karena selain menentukan kualitas yang dihasilkan, berbading lurus juga dengan harga kamera.

Berikut ini beberapa hal dasar tentang spesifikasi kamera yang wajib diketahui.

Megapiksel kamera : Yang berkembang di masyarakat sekarang ini adalah semakin tinggi megapiksel semakin bagus kualitas gambarnya, padahal itu tidak sepenuhnya benar.

Hal ini bisa kita bandingkan antara kamera full frame dan mirrorless yang punya megapiksel sama, namun kualitasnya bisa lebih bagus yang full frame.

Kualitas Foto : Baik, bagus tidaknya foto yang dihasilkan, bisa sangat dipengaruhi oleh tiga hal, yakni prosesor, sensor dan lensa. Memang untuk kamera dengan sensor yang bagus juaranya adalah kamera full frame, namun memang harganya akan mahal.

Penyimpanan : Ingat, penyimpanan ini juga sangat penting lho, tidak hanya seberapa besar kuat tampungannya, namun perhatikan pula tentang format card yang disupport oleh kamera pilihan kita.

Baterai : Untuk memilihnya, perhatikan berapa lama daya tahan, dan apakah baterainya fleksibel bisa diganti serta banyak tersedia dipasaran. Sukur-sukur harga baterai yang murah dan mudah dicari.

Frame Per Second (FPS) : Hal ini tergantung keperluan dan kegunaan kameranya, jika digunakan untuk mengambil gambar dengan gerakan cepat seperti olahraga, maka fps tinggi adalah yang terbaik.

Auto Focus : Disini kita bisa melihat seberapa banyak titik fokusnya, seberapa cepat dan akurat sistem dari autofocus-nya. Biasanya semakin akurat, harganya juga semakin tinggi. Namun tak perlu kawatir, di era ini, banyak kamera yang sudah dibekali dengan auto-focus yang luar biasa.

Video dan Suara : Hal ini juga tergantung kebutuhan, apabila suka nge-vlog, jangan lupa untuk memastikan kualitas dan performa perekaman videonya. Pastikan juga apakah bisa dipasangi mic eksternal atau tidak. Jika tidak, apakah kualitas mic yang ada di kamera sudah cukup?

Wireless and GPS : Fitur Wireless dan GPS ini sekarang masih bisa dibilang sebagai bonus, hal ini akan mempermudah kita dalam memindahkan foto ke platform lain seperti smartphone atau laptop.

7. Semakin mahal alat atau kamera, maka hasil akan semakin bagus?

Hal itu tidak sepenuhnya benar lho! Walaupun memiliki alat atau kamera yang bagus tidak menjamin hasil akan langsung bagus.

Akan lebih penting jika memaksimalkan apa yang kita miliki sembari mengasah diri untuk hasil yang maksimal.

Ingatlah kamera hanyalah alat dan kemampuan kita inilah yang menjadi kunci utama untuk menghasilkan sebuah karya yang maksimal.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 6

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?