10 Cara Memilih Power Bank Yang Bagus dan Berkualitas

Power Bank merupakan salah satu perangkat yang tidak boleh tertinggal saat traveling atau sebuah perjalanan.

Walaupun kebanyakan gadget sekarang memiliki kapasitas baterai yang bisa dibilang sudah besar, namun power bank tetap memberikan kelebihannya dalam memenuhi kebutuhan listrik ekstra selama perjalanan.

Cara Memilih Power Bank Yang Bagus dan Berkualitas
Cara Memilih Power Bank Yang Bagus dan Berkualitas

Karena perangkat ini sangat berguna dan penting, tentu wajib hukumnya memilih power bank yang berkualitas. Siapapun tau jika gak semua power bank yang ada dipasaran berkualitas bagus. Jadi wajib lebih teliti saat akan membeli power bank.

Tapi hal itu tidak perlu dikawatirkan lagi, karena berikut ini ada 10 cara memilih power bank yang bagus dan berkualitas. Simak yuk!

1. Pilihlah power bank dengan merk terkenal

Bukan berati untuk power bank dengan merk yang belum terkenal itu jelek lho. Namun biasanya untuk sebuah produk branded memiliki prosedur dan standar yang ketat sebelum diuncurkan di pasaran.

Jadi, dengan adanya standar tersebut akan berbading lurus dengan kualitas dari sebuah produk atau power bank tersebut.

Walaupun begitu, kita tetap tidak boleh sembarangan pula dalam membelinya, karena sekarang ada beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab dan sering memalsukan power bank dari merk terkenal atau branded.

Salah satu cara memilih power bank yang asli paling mudah adalah melihat harganya. Apabila menjumpai power bank merk terkenal dijual dengan harga sangat murah dan tidak wajar, harus berhati-hati, kemungkinan bisa jadi power bank abal-abal.

2. Mengadopsi baterai Li-Polymer (Li-Po)

Perlu diketahui, jika ada beberapa jenis baterai yang digunakan dalam power bank, yakni Lithium Ion (Li-Ion) dan Lithion Plymer (Li-Po).

Keunggulan penggunakan baterai dengan jenis Li-Po adalah lebih stabil dan tidak mudah mengalami kebocoran elektrolit. Jadi secara garis besar baterai Li-po lebih tahan lama atau awet dibandingkan Li-Ion.

3. Powerbank Bersertifikasi CE dan FCC

Selain jenis baterai yang digunakan, perlu diperhatikan juga setifikasi CE (European Standard) dan FCC (US Federal Communications Commission).

Untuk menjamin kualitas dari power bank, hindari pembelian jika tidak tercantum sertifikasi tersebut. Hal ini bisa berpengaruh juga pada handphone kita lho, jika menghiraukannya.

Alasannya adalah, apabila power bank sudah memiliki dan mencantumkan sertifikasi tersebut, tentu sudah teruji dan sesuai dengan standarnya.

4. Pilihlah power bank yang memiliki proteksi keamanan

Sekarang jamannya sudah canggih. Jadi perlu diketahui, jika power bank juga memiliki proteksi keamanan juga, seperti Short Circuit Protection dan Over Charging Protection.

Short Circuit Protection merupakan fitur proteksi keamanan untuk melindungi powerbank dan hanphone kita yang disebabkan oleh arus pendek.

Sedangkan Over Charging Protection merupakan fitur proteksi yang akan mendeteksi baterai telah terisi penuh, dan secara otomatis akan menghentikan pengisian daya. Jadi tidak akan merusak baterai pada handphone kita saat digunakan.

5. Memilih power bank dengan bentuk yang tepat

Sekarang ini powerbank sangatlah bervariasi, mulai dari bentuk, ukuran hingga warnanya.

Advertisements

Nah, akan lebih baik jika memilih power bank dengan desain yang simpel namun tetap efisien, misalnya pilihlah yang berukuran tidak terlalu besar, namun tetap memiliki daya yang besar, hingga memilih power bank dengan lubang konektor dibagian atas.

Kenapa demikian?

Karena jika lubang konektor berada dibagian samping powerbank, kabel bisa mudah tertekuk dan patah. Memang sangat sepele, namun hal ini seringkali terjadi lho.

6. Material yang digunakan power bank

Cara memilih power bank bermaterial bagus sangatlah mudah, cukup dengan mengecek sendiri apakah material yang digunakan powerbank terasa kokoh, atau ringkih? Material yang kokoh tentu akan memperpanjang masa umur power bank yang akan kita pilih.

Perlu diketahui juga, biasanya powerbank dengan material yang kurang bekualitas akan mengeluarkan suara saat digoncangkan.

7. Pilih power bank bergaransi resmi

Powerbank yang bagus dan berkualitas tentu memiliki garansi resi langsung dari produsen. Rentang waktu garansinya biasanya bervariasi mulai dari 6 bulan hingga 1 tahun.

Nah apabila powerbank yang akan dibeli tidak memiliki garansi atau kurang dari 6 bulan, lebih baik jika memilih merk power bank yang lain.

Merk powerbank yang bagus dan berkualitas tentu berani memberikan garansi yang panjang pada produk yang mereka jual.

8. Ingat, jangan memilih kapasitas terlalu besar

Hal ini khusus buat yang suka melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang. Perlu diketahui, jika ada aturan kapasitas power bank yang boleh dibawa masuk pesawat terbang.

Kapasitas powerbank yang boleh dibawa kedalam pesawat berkapasitas daya 100 waat-hour (Wh).

Untuk kapastias diatas 100 Wh hingga 160 Wh memerlukan perijinan dari maskapai penerbangan. Sedangkan untuk kapasitas diatas 160 Wh dilarang masuk pesawat.

Lalu 100 Wh itu seberapa sih?

Kapasitas 100 Wh jika dikonversi kedalam mAh sebesar 27.000 mAh. Jadi Powerbank  yang bisa dibawa kedalam kabin adalah yang berkapasitas dibawah 27.000 mAh dengan voltase 3,6-3.85 V.

9. Kapasitas yang tepat dan memadai

Belilah powerbank sesuai dengan kebutuhan gadget yang digunakan. Jika membawa lebih dari satu gadget, tentu pilihlan setidaknya dengan kapasitas lebih besar lagi.

Misalnya, memiliki gadget dengan baterai 5000 mAh dan itu lebih dari satu, membeli powerbank dengan ukuran diatas 20.000 mAh bisa jadi pilihan, namun tetap jangan sampai 27.000 mAh ya, soalnya tidak boleh masuk pesawat.

10. Memiliki indikator yang jelas

Power bank yang bagus dan berkualitas tentu memiliki indikator yang jelas. Tidak melulu memiliki layar, namun ada indikator seperti lampu yang jelas untuk menunjukan peringatan ketika daya sudah penuh maupun sebaliknya.

Itulah 10 cara memilih power bank yang bagus dan berkualitas. Sangat mudah sekali bukan? Jadi, sekarang mau traveling kemana aja tak perlu takut kehabisan daya baterai kan?

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 4

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?