Inilah 6 Cara Mencuci Tenda Yang Benar Agar Lebih Awet

Tidak bisa dipungkiri jika tenda merupakan salah satu benda yang paling penting saat melakukan kegiatan di alam bebas seperti camping atau mendaki.

Banyak orang mengeluhkan jika kualitas tenda sekarang ini tidak begitu baik, padahal bisa saja mereka belum paham bagaimana cara merawat tenda seperti cara mencucinya secara baik dan benar.

Cara membersihkan tenda yang benar, image by : oakstore.co.id
Cara membersihkan tenda yang benar, image by : oakstore.co.id

Cara mencuci tenda yang benar sebenarnya tidaklah sulit, namun memang memerlukan beberapa step dan ketelitian. Lalu bagaimanakah caranya? Simak ulasan lengkapya berikut ini.

Cara mencuci tenda yang baik dan benar

1. Dirikan kembali tenda saat akan dibersihkan

Sebelum mendirikan tenda, carilah tempat yang kering dan datar. Pastikan frame terkunci dan terpasang ditempatnya.

2. Keluarkan kotoran yang masih tertinggal di tenda

Periksalah dibagian kantong tenda yang ada, apakah masih ada sampah yang tertinggal, seperti salah satu yang perlu diperhatikan adalah sisa makanan.

Setelah sudah dipastikan tidak ada sisa makanan didalam kantong tenda, miringkanlah untuk mengeluarkan kotoran kecil yang masih ada di dalam tenda.

Goyangkanlah tenda sambil menepuknya pelan-pelan dari bagian luar tenda hingga sisa kotoran keluar dari bagian pintu tenda.

3. Membersihkan Tenda

Untuk membersihkan tenda bisa digunakan air bersih saja. Perlu diketahui, ternyata sabun bisa merusak tenda karena sifatnya tidak netral.

Semprotkanlah air kebagian luar tenda dengan tekanan rendah. Setelah kotoran dirasa sudah hilang, bisa dilanjutkan dengan mengelapnya menggunakan lap basah dibagian luarnya.

Nah saat mengelap ini ada hal yang perlu diperhatikan! Jangan terlalu keras pada bagian jahitan, karena lapisan seam tape bisa terbuka. Seam tape ini yang memastikan tenda kita tidak bocor, jadi jika terbuka bisa jadi celah air untuk masuk saat dipakai, dan tentu saja akan bocor.

Lalu untuk bagian dalam tenda, cukup menggunakan lap basah saja yang sudah diperas sebelumnya. Cara membersihkan dalam tenda yang satu ini bertujuan menghindari adanya cekungan air dibagian terpal, dan bisa merusaknya.

4. Jemur tenda ditempat yang tepat

Tempat yang baik untuk menjermur tenda adalah ditempat teduh, alias tidak terpapar matahari langsung. Jadi pada intinya diangin-anginkan saja.

Sebelum itu ada hal yang wajib diperhatikan, yakni memastikan tidak ada air yang menggenang disalah satu bagian tenda, karena selain bisa membuatnya rusak, bisa membuat bau apek pada tenda.

5. Bersihkan pelengkap utama tenda

Setelah tenda sudah kering, segeralah untuk melepaskan frame dan bersihkan dengan cara menyikatnya. Jika ditemukan pasak yang bengkok, bisa diluruskan kembali dengan memukul secara ringan dan bertahap.

Sedangkan untuk tali pancang yang kotor, bisa dibersihkan dengan cara dikucek dengan air bersih saja.

6. Simpan tenda ditempat yang tepat

Setelah mencuci tenda, acara selanjutnya adalah menyimpannya ditempat yang tepat.

Ingat, sebelum menyimpan, jangan lupa untuk memperhatikan bagian dalam tenda, apakah ada bagian yang perlu dibetulkan dulu, seperti kantong tenda yang perlu dijahit kembali.

Cara menyimpan tenda yang tepat adalah dengan melipat tanda tanpa tekanan. Ingat jangan melipat seperti akan dimasukkan kedalam carrier ya. Melipat dengan tekanan akan membuat bahan tenda cepat rusak.

Selain itu, pastikan juga pasak sudah bersih dan benar-benar kering sebelum disimpan. Hal ini tentu saja untuk menghindarkan dari karatan pada pasak tersebut.

Apabila ingin menyimpan frame tenda dalam waktu yang lama, jangan lupa untuk merentangkannya hingga tidak ada yang tertekuk. Letakkan dengan posisi horizontal agar tidak melengkung. Langkah ini agar kekencangan tali di dalam frame tetap bagus, karena saat tali ini kendur, nantinya akan sangat merepotkan kita saat akan mendirikan tenda.

Dan yang terakhir, jangan lupa untuk menyimpan ditempat yang kering untuk menghindari jamur.

Itulah 6 langkah dan cara mencuci tenda yang benar, tidak sulit bukan?

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 5

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?