Cara Mudah Membatalkan Atau Mengembalikan Tiket Kereta Api

Sudah tahukah kamu jika tiket perjalanan Kereta Api bisa dibatalkan? Proses pembatalan tiket Kereta Api ini bisa dilakukan dengan aplikasi Railticket System/RTS tepatnya di loket stasiun yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet.

Sebenarnya sih tidak ribet alias mudah, tapi anehnya, sebagian orang tidak mau membatalkan Tiket Kereta Api dan memilih untuk membiarkan tiket hangus begitu saja. Padahal sangat disayangkan itu, apalagi untuk tiket bisnis tau sendiri deh harganya.

Nah jika memang belum paham bagaimana cara membatalakan tiket, berikut ini ada langkah lengkapnya untuk membatalkan tiket Kereta Api, jadi uang pembelian tiket pun akan kembali lagi.

1. Langkah yang pertama adalah mencetak tiket yang ingin dibatalkan di mesin CTM (Cetak Tiket Mandiri)

2. Langkah yang kedua adalah foto kopi KTP 1 lembar

3. Langkah ketiga adalah dengan mengisi Formulir pembatalan tiket (Yang Berwarna Merah)

formulir pembatalan tiket kereta, Image By : indoinspector.blogspot.com
formulir pembatalan tiket kereta, Image By : indoinspector.blogspot.com

Perlu diketahui juga tentang ketentuan dari pengembalian atau pembatalan Tiket Kereta Api berikut ini : 

1. Permohonan pembatalan/pengembalian tiket Kereta Api bisa dilakukan di stasiun yang ditunjuk paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan, sebagaimana hal ini sudah tercantum di dalam tiket.

2. Jika ingin membatalkan tiket Kereta Api, pemohon haruslah pemilik tiket yang bersangkutan, dan bisa menunjukan identitas asli sesuai dengan data yang tercantum pada tiket Kereta Api serta tidak lupa untuk menyerahkan fotokopi KTP.

3. Jika memang yang bersangkutan tidak bisa datang untuk membatalkan tiket sendiri, bisa dengan melampirkan surat kuasa yang bermaterai dari pemilik tiket kepada yang dikuasakan untuk melakukan pembatalan tiket dan tetap menunjukan bukti identitas asli pemilik tiket serta menyerahkan fotokopi bukti identitas asli pemilik tiket Kereta Api.

4. Untuk pembatalan Tiket Kereta Api akan dikenakan bea pembatalan sebesar 25% dari harga tiket diluar bea pesan.

5. Apabila tiket yang akan dibatalkan lebih dari satu penumpang tapi dengan kode booking yang sama, cukup dengan melampirkan fotokopi bukti identitas atau surat kuasa dari salah satu penumpang yang dimaksud saja.

6. Pemohon wajib mengisi formulir pembatalan Tiket Kereta Api, yang terdiri dari rangkap 2 berisi data yang wajib diisi seperti, data tiket, data penumpang, serta keterangan pengambilan bea pembatalan.

Formulir pembatalan tembusan yang sudah di validasi petugas akan diberikan kepada pemohon untuk bukti saat pengambilan bea/dana pembatalan, jika pilihan bea/dana pembatalan memilih secara tunai.

7. Pengembalian bea/dana Tiket Kereta Api yang dibatalkan akan dilakukan setelah hari ke-30 melalui transfer atau tunai, sesuai dengan pilihan pengembalian dana.

8. Saat mengambil bea/dana Tiket Kereta Api yang dibatalkan, diharapkan menyerahkan formulir pembatalan yang sudah divalidasi serta menunjukan identitas asli yang sesuai. Apabila dalam satu formulir pembatalan terdiri dari lebih dari satu tiket, pengambilan bisa diwakilan pada salah satu penumpang yang ada dalam formulir tersebut.

9. Apabila formulir pembatalan Tiket Kereta Api hilang, maka wajib untuk melampirkan surat keterangan kehilangan dari keoplisian pada saat akan mengambil bea/dana pengembalian tiket.

10. Pembatalan atau perubahan jadwal Tiket Kereta Api, tidak berlaku untuk tiket promosi. Sedangkan tiket yang dibeli di gerai seperti Indomaret, Alfamart dll, tiket yang masih berupa struk bisa dicetak terlebih dahulu untuk proses pembatalan ataupun ganti jadwal.

11. Jika ingin mengganti jadwal atau jam keberangkatan, bisa dengan mebatalkan terlebih dahulu, kemudian bisa memesan lagi dengan catatan tiket masih tersedia.

Nah itulah langkah mengembalikan atau pembatalan Tiket Kereta Api. Sangat mudah bukan jika sudah mengerti berbagai persyaratan dan ketentuannya?

Jadi jangan tunggu hangus ya, lebih baik dibatalkan saja.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?