Cobain Kicak Yuk, Jajanan Khas Jogja Yang Ada Hanya Saat Ramadhan

Sudah pernah mendengar Jajanan Khas Jogja yang namanya Kicak? Pasti belum kan?

Tahukah kamu jika kicak merupakan salah satu jajanan khas di Jogja yang hanya bisa kita temui penjualnya saat bulan ramadhan.

Kicak terbuat dari jadah (Ketan gurih yang sudah ditumbuk halus), parutan kelapa, gula, pandan, nangka dan vanili. Dari semua bahan ini kemudian dicampur untuk dikukus.

Kicak Khas Yogyakarta
Kicak Khas Yogyakarta, Image By : resepdanmasakan.com

Untuk rasanya, makanan khas Jogja yang langka ini sangat lembut dan cendrung manis, ditambah adanya parutan kelapa yang gurih, aroma nangka dan pandan khas membuat Kicak menjadi jajanan yang istimewa.

Selain rasa yang mantap dan istimewa, harganyapun sangat bersahabat dengan kantong. Kita hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 2 ribu – 5 ribu saja, jadi tak heran jika jajanan khas ramadhan ini diburu masyarakat.

Jika tidak di bulan ramadhan, kita akan sangat sulit untuk mencari Kicak (kecuali membuat sendiri), karena jajanan ini memang sudah terkenal untuk hidangan berbuka puasa.

Terus dimana kita bisa menemukan Kicak?

Saat bulan ramadhan, kita bisa mengunjungi Pasar Sore Ramadhan di Kawasang Kauman, Kelurahan Ngapusan, Gondomanan, Yogyakarta.

Pasar Sore Kauman Yogyakarta, Image By IG : @javafoodie
Pasar Sore Kauman Yogyakarta, Image By IG : @javafoodie

Perlu diketahui, di Pasar Sore Kauman, kita bakal dimanjakan banyak sekali jajanan kuliner yang menggoyang lidah. Jadi saat berburu kicak, jangan lupa untuk membawa uang tambahan. Dijamin deh bakal kagak tahan untuk memborong jajanan disini.

Namun ingat, ada tips penting sebelum datang ke pasar sore kauman, yakni datanglah lebih awal.

Jika datang lebih awal, kita bakal menemukan menu jajanan yang paling lengkap, dan tentu tidak berdesakan dengan pembeli lain, karena saat menjelang berbuka puasa, Pasar Sore Kauman ini akan selalu penuh dengan pemburu makanan untuk berbuka puasa.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?