Curug Bangkong, Harga Tiket Masuk, Fasilitas & Aktivitas

Kabupaten Kuningan, Jawa Barat memiliki sejumlah tempat wisata air terjun yang sangat menarik. Salah satu air terjun yang bisa kamu kunjungi adalah Curug Bangkong. Air terjun ini terletak di Desa Kertawirama, Kecamatan Nusaherang, Kuningan.

Curug Bangkong memiliki ketinggian sekitar 23 meter dengan lebar 3 meter. Debit airnya cukup besar, bahkan pada musim kemarau airnya pun tetap meluber, dari bekas kolam renang di depannya hingga ke arah sungai. Uniknya, terdapat gua kecil di belakang air terjun, tetapi aksesnya cukup sulit dan licin.

Keindahan Curug Bangkong dari atas, image by IG : @emirvan_
Keindahan Curug Bangkong dari atas, image by IG : @emirvan_

Saat musim hujan, debit air sangat besar sehingga akan tercipta aliran air terjun baru di sebelah air terjun utama, membuatnya terlihat seperti terbelah dua.

Debit air yang besar ini menciptakan arus yang juga deras sehingga pengunjung diharap berhati-hati ketika datang saat musim hujan.

Fasilitas Curug Bangkong

Curug Bangkong, image by IG : @emirvan_
Curug Bangkong, image by IG : @emirvan_

Fasilitas yang ada di Curug Bangkong cukup lengkap, karena baru-baru ini pemerintah setempat mulai serius menggarap obyek wisata ini. Terdapat toilet, tempat ibadah, warung dan bakul jajanan, gazebo, dan tempat parkir.

Jalan menuju ke Curug juga sudah jalan setapak yang tertata rapi dengan rerumputan di kanan kirinya. Area disekitar curug juga sudah tertata dengan bersih dan rapi sehingga membuat pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Curug Bangkong Kungingan Jabar, image by IG : @triapry
Curug Bangkong Kungingan, image by IG : @triapry

Selain fasilitas umumnya yang sudah cukup lengkap, di Curug Bangkong juga terdapat beberapa aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Trekking Menuju Curug Bangkong

Nah, sebelum kamu dapat menjumpai air terjunnya, kamu masih harus berjalan kaki sekitar 200 meter dari tempat parkir ke Curug Bangkong.

Buat yang jarang olahraga mungkin akan sedikit kelelahan, karena Kamu akan melewati jalanan yang naik-turun. Perjalanan bakal terasa menyenangkan karena jalannya sudah merupakan jalan semen dengan pemandangan alam yang asri.

2. Bersantai di Taman dan Gazebo

Pengunjung yang enggan bermain air dapat duduk-duduk manis di gazebo sambil memandangi air terjun dengan alam sekelilingnya yang asri. Sambil bersantai, sambil menyantap makanan dan minuman favorit yang bisa kamu pesan di warung.

Sayangnya, saat ramai, bisa dipastikan kamu bakal tidak kebagian gazebo. Tapi Jangan bersedih dulu, karena kamu bisa menyewa tikar atau lazybag yang disewakan oleh penduduk sekitar, untuk kemudia duduk-duduk cantik di rerumputan taman yang hijau sambil memandangi indahnya Curug Bangkong.

3. Berenang di Kolam Curug Bangkong

Yang asik di Curug Bangkong adalah terdapat sebuah kolam buatan di depan air terjun yang langsung menampung aliran air dari Curug Bangkong tersebut. Kamu bisa berenang dan bermain air sepuasnya di situ.

4. Wahana Papalidan

Satu-satunya wahana wisata yang ada di Curug Bangkong adalah Wahada Papalidan yang mempunyai konsep arung jeram tetapi menggunakan ban dalam bekas. Dengan arus sungai yang cukup deras, kamu dapat menguji nyali dengan mencoba Wahana Papalidan ini. Tarifnya cuman Rp. 10.000 per orang.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Curug Bangkong

Curug Bangkong buka setiap hari selama 24 jam (itupun  kalau kamu berani yah datang malam-malam kesini, sendirian). Sementara untuk harga tiket masuknya adalah sebesar Rp. 5000 per orang dengan tarif parkir motor sebesar Rp. 2.000.

Pastikan untuk membawa baju ganti jika kamu akan berkunjung kesini, dikarenakan kamu pasti bakal tergoda untuk bermain air di kolam Curug Bangkong, atau mencoba arung jeram Wahana Papalidan.

Lokasi Curug Bangkong

Tempat wisata air terjun ini tepatnya berada di Desa Kertawirama, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan (Google Map).

Berada di jalur arah Kuningan Kota / Cirebon menuju arah Cikijing. Sepanjang perjalanan, kamu bakal disuguhi dengan pemandangan alam yang asri.

Curug Bangkong berada di sebelah kanan jalan Gapura Desa Kertawirama, masuk sekitar 700 meter dari gapura tersebut.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 3.4 / 5. Jumlah 5

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

BAGIKAN
Komentarmu?