Curug Batu Templek, Wisata Air Terjun di Bandung yang Eksotis

Bagi yang sedang mencari tempat wisata di Bandung, sudahkah mengunjungi Curug Batu Templek?

Kawasan air terjun satu ini menawarkan eksotisme yang tak ada habisnya. Selain pergi bersama keluarga, kita bisa menjadikan tempat tersebut sebagai sarana menenangkan diri.

Curug diambil dari bahasa sunda yang artinya “air terjun”. Terdapat banyak sekali curug di Provinsi Jawa Barat, baik yang sudah tereksplor maupun belum. Curug Batu Templek adalah salah satu opsi untuk dijadikan sarana rekreasi seru. Keindahan tempatnya memang tiada dua!

Dari sekian banyak air terjun di Indonesia, Curug Batu Templek terbilang unik karena lanskap tebing batunya yang indah. Tak sedikit orang mengira bahwa kondisi itu adalah buatan manusia, meski sebenarnya alami alias terbentuk sendiri. Sebuah nilai plus bagi destinasi wisata masa kini.

Melihat Kawasan Curug Batu Templek dari Dekat

Curug Batu Templek berada di kawasan utara Bandung, tepatnya kampung Cisanggarung, Desa Cikadung, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Tak hanya identik dengan wisata dataran tinggi, daerah tersebut juga menyimpan hidden gem berupa air terjun yang indah.

Jarak yang ditempuh tak terlalu jauh dan mudah dijangkau, kita bisa melewati berbagai jalur baik menggunakan mobil atau motor.  Memiliki nama asal Curug Batu Cisanggarung, tempat yang satu ini juga bisa dijangkau secara mudah bagi para pengguna sepeda. Seru sekali kan?

Mari fokus membahas Curug Batu Templek. Bebatuannya yang berwarna kuning dan berbentuk tersusun, bisa dibilang merupakan fenomena alam menarik untuk disimak. Batu tersebut merupakan bebatuan metamorf yang terbentuk karena proses alami perubahan tekanan udara.

Tekanan udara dengan suhu yang tinggi di dalam perut bumi, mampu membentuk bebatuan secara unik sesuai kondisi saat itu. Perihal nama batu “templek”, masyarakat memberikan nama itu karena susunan bebatuannya yang tampak seperti lempengan tipis dan tertemplek atau tertempel (menempel).

Konon, keberadaan Curug Batu Templek tak lepas dari proses pembentukan danau atau cekungan Bandung yang terjadi saat zaman purba. Pada saat itu, letusan Gunung Sunda yang dahsyat membuat Bandung tampak seperti sebuah cekungan raksasa yang dikelilingi gunung.

Potensi Wisata Air Terjun di Bandung yang Sangat Besar

Curug Batu Templek
Curug Batu Templek, Photo By IG : @sarahirma0205

Tak hanya soal air terjun, tempat wisata Bandung yang murah meriah ini juga menawarkan udara sekitar yang dingin dan sejuk. Jika tinggal di perkotaan yang penuh dengan hiruk-pikuk, opsi liburan ke kawasan satu ini bisa jadi pilihan tepat. Sambil menikmati alam, pikiran bakal tersegarkan kembali.

Perlu diketahui juga jika Curug ini berada pada ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut. Jadi sudah terbayangkan seperti apa keindahan yang bakal tersaji di salah satu tempat wisata Bandung ini?

Jembatan Gantung Cisanggarung Curug Batu Templek
Jembatan Gantung Cisanggarung Curug Batu Templek, Photo By IG : @sarahirma0205

Tunggu dulu, masih ada hal seru yang bisa dicoba saat berkunjung ke Curug Batu Templek, yakni berfoto di Jembatan Gantung Cisanggarung yang instgramable dan panjat tebing, bagi yang suka memacu adrenalin, bisa dicoba lho saat berkunjung kesini.

Harga Tiket Masuk Curug Batu Templek

Harga tiket masuk Curug Batu Templek sangat murah meriah, saat hari biasa Rp5.000 sedangkan untuk hari libur Rp10.000 dan ditambah tiket parkir cuma Rp5.000 saja.

Dibandingkan keindahan alam disini, harga tiket masuk ini masih tergolong murah. Karena siapapun yang sampai di Curug Batu Templek akan takjub akan keunikan yang disajikan indah disini.

Fasilitas Curug Batu Templek

Bicara fasilitas yang tersedia disini, tidak perlu kawatir, karena walaupun memang belum terlalu lengkap, namun untuk fasilitas utama seperti toilet mushola, aneka kuliner hingga parkir baik untuk kendaraan roda dua hingga minibus sudah tersedia dan cukup memadahi.

Lokasi dan Rute Menuju Curug Batu Templek

Seperi yang sudah disinggung diawal tadi, untuk mencari lokasi dari Curug Batu Templek tidaklah sulit, karena berada tepat di Cisanggarung Lebak, Pasir Impun, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat (map).

Begitupun untuk rute menuju lokasi, tentu juga tidak sulit. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, dari arah kota Bandung, bisa mengambil arah menuju kawasan Pasir Impun dimana lokasinya dekat dengan terminal Leuwipanjang.

Tol Pasteur – Pasopati – Jalan Suci – Terminal Cicaheum – Lapas Sukamiskin – Arcamanik – Jalan Pasir Impun.

Setelah sudah sampai di Pasir Impun, cukup dengan mengikuti jalan kurang lebih 4 km melewati jalan Cisanggarung, dan lokasi dari Curug ini berada dibawah jalan Cisanggarung tersebut.

Itulah sekilas informasi seputar Curug Batu Templek dan keindahan yang disajikan. Selebihnya, tentu bisa disambangi langsung ke lokasi ya. Selamat bervakansi!

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.5 / 5. Jumlah 8

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?