Intip Keindahan Curug Ciherang Bogor Yang Mempesona Yuk!

Sudah kenal dengan Curug Ciherang? Jika belum, yuk kenalan dulu dengan tempat wisata Bogor yang menyimpan jutaan pesona ini.

Jika dilihat dari lokasi Curug Ciherang ini, pasti sudah kebayang keindahannya kan? Ya, karena berada di Bogor, dimana daerah ini sangat terkenal dengan keindahan alam yang luar biasa.

Curug Ciherang memang sedang banyak digemari wisatawan, hal ini bukan tanpa alasan lho, karena disini tidak hanya menyajikan air terjun menawan saja, namun juga fasilitas yang tersedia bisa dibilang lengkap dan asik banget untuk liburan.

Sejarah Curug Ciherang

Lebih dekat lagi dengan Curug Ciherang yuk, yakni dengan mengenal sejarah dari tempat wisata Bogor yang satu ini.

Bukan Indonesia jika sebuah tempat tidak memiliki cerita legenda, termasuk Curug Ciherang ini yang memiliki legenda menarik dibalik keindahannya.

Di lokasi ini terdiri dari 2 curug, yakni Curug Cipamingkis dan Ciherang, hal inilah kenapa orang sering juga menyebutnya dengan curug kembar.

Mitos yang berkembang disini adalah siapa yang mandi atau mengusap menggunakan air Curug Ciherang dan Cipamangkis akan mendatangkan berkah salah satunya adalah jodoh.

Keindahan Curug Ciherang, Image By IG : @mithalalujan
Keindahan Curug Ciherang, Image By IG : @mithalalujan

Selain mitos tersebut, disini juga tersebar legenda Curug Ciherang yang dulunya merupakan tempat yang sering digunakan untuk mandi para raja, sedangkan di Curug Cipamingkis juga terdapat penjaga, yakni ular naga. Uniknya, Curug yang indah ini jika dilihat dari atas memang seperti membentuk ular naga.

Daya Tarik Curug Ciherang

Dibalik legenda dan mitos yang beredar tentang Curug Ciherang terdapat keindahan yang luar biasa lho disini. Apa sajakah itu?

1. Keindahan Air Terjun

Curug Ciherang, Desa Sukamakmur, image by IG : @indrasutantoo
Curug Ciherang, Desa Sukamakmur, image by IG : @indrasutantoo

Tidak diragukan lagi keindahan air terjun Curug Ciherang, dijamin sangat memanjakan mata, riuh air yang deras membuat penat hilang seketika saat sampai disini.

Perlu diketahui jika nama “Cieherang” memiliki arti air yang jernih, jadi sudah dipastikan jika air yang ada disini sangatlah jernih hingga dasar curug bisa terlihat dengan jelas.

2. Kolam Renang Curug Ciherang

Kolam Renang Curug Ciherang, Image By IG: @curug_ciherang
Kolam Renang Curug Ciherang, Image By IG: @curug_ciherang

Namanya juga wisata air, kalau tidak bermain air tentu tidak seru dong? Nah disini terdapat kolam renang infinity (infinity pool) dimana merupakan kolam renang yang tepiannya dibuat seolah-olah menghilang atau menimbulkan kesan memanjang tak terhingga.

Jadi jika berkunjung ke Curug Ciherang jangan lupa bawa pakaian ganti yang lengkap. Berenang di kolam renang ini tentu akan lebih aman, selain itu desainnya juga sudah seperti water park, lengkap dengan berbagai permainannya.

3. Rumah Pohon Curug Ciherang

Rumah Pohon Curug Ciherang, Image By IG : @ebiiiiiiii__
Rumah Pohon Curug Ciherang, Image By IG : @ebiiiiiiii__

Jika berkunjung ke Curug Ciherang, jangan lupa juga untuk naik ke rumah pohon, selain pemandangan yang istimewa, Rumah Pohon Curug Ciherang ini sangat unik dan instagramable.

Rumah Pohon inilah yang membuat Curug Ciherang lebih dikenal luas, karena sempat populer di berbagai media sosial.

4. Jembatan Gantung Curug Ciherang

Jembatan Gantung Curug Ciherang, Image By IG : @tiara.lestari
Jembatan Gantung Curug Ciherang, Image By IG : @tiara.lestari

Tak kalah dengan Rumah Pohon Curug Ciherang, jembatan gantung disini juga menjadi salah satu spot paling populer. Tak jarang untuk naik dan berfoto disini pengunjung harus antri terlebih dahulu.

5. Sewa Kostum

Di Curug Ciherang juga ada jasa penyewaan kostum. Disini pengunjung bisa berfoto di beberapa spot dengan menggunakan Hanbok yang merupakan pakaian tradisional khas Korea.

6. Penginapan Curug Ciherang

Jika ingin bermalam, disini juga tersedia penginapan yang cukup luas untuk wisatawan dengan kisaran harga 300 ribuan hingga 1 Jutaan, tergantung tipe kamar yang dipilih.

Selain itu, bagi yang suka ngecamp, disini juga ada tempat terbuka yang cocok untuk mendirikan tenda dengan membayar retribusi sekitar Rp 75.000 saja.

Kabar baik lainnya, disekitar Curug CIherang sekarang juga sudah ada beberapa Villa yang bisa jadi opsi untuk menginap.

Fasilitas Curug Ciherang

Tak perlu kawatir tentang fasilitas yang ada di Curug Ciherang, karena bisa dibilang sangat lengkap. Disini tersedia beberapa fasilitas umum seperti :

  1. Kolam Renang
  2. Kamar Bilas
  3. Kamar Ganti
  4. Toilet
  5. Warung Makan
  6. Parkir
  7. Tempat Ibadah, dan
  8. Penginapan

Harga Tiket Masuk Curug Ciherang

Harga tiket masuk Curug Ciherang sebesar Rp 40.000, sedangkan parkir Rp 5.000  untuk kendaraan bermotor rorda 2 (sepeda motor) dan kendaraan roda 4 (mobil) Rp 10.000. Selain itu ada juga biaya menggunakan ruang ganti dekat curug sebesar Rp 2.000.

Aneka jajanan yang tersedia di Curug Ciherang harganya tidak terlalu mahal, salah satunya bakso Rp 17.000/porsi, pisang goreng Rp 15.000 isi 6, dan minuman sekitar 10 ribuan.

*Perlu diketahui jika biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Lokasi Curug Ciherang

Alamat Curug Ciherang berada tepat di Sirnajaya, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830 (Google Map).

Untuk menuju Curug Ciherang membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Jakarta sedangkan dari Kota Bogor cukup 2 jam saja.

Akses jalan menuju Curug Ciherang sudah cukup bai kok, walaupun begitu tetap ada jalan yang berlubang hingga tanjakan yang tinggi. Jadi pastikan kendaraan fit sebelum kesini.

Tips liburan di Curug Ciherang

1. Air Terjun ini mulai buka pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB, jadi atur waktu berangkat dengan tepat, apalagi jika dari Jakarta, berangkat lebih awal akan lebih baik. Terlebih jika belum paham jalan menuju lokasi.

2. Untuk menuju lokasi wisata, pengunjung harus berjalan beberapa menit, jadi usahakan menggunakan pakaian yang nyaman.

3. Jika ingin menginap sebaiknya menghubungi pengelola terlebih dahulu, biasana bagi yang menginap akan mendapatkan free pass masuk lokasi wisata. Lain daripada itu untuk berjaga-jaga apakah masih tersedia kamar atau tidak.

4. Beberapa batuan di Curug Ciherang ditumbuhi lumut yang membuatnya sangat licin, jadi disarankan tidak memakai sepatu yang licin.

5. Pastikan kendaraan dalam kondisi fit saat ingin liburan ke Curug Ciherang, karena tanjakan cukup tinggi.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.6 / 5. Jumlah 11

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?