Mengintip Pesona Keindahan Curug Cimarinjung Sukabumi

Liburan di Sukabumi tentu tidak boleh melewatkan Curug Cimarinjung yang sangat mempesona. Air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter ini berada di kawasan Cagar Alam Nasional Geopark Ciletuh, dan hanya berjarak beberapa kilometer saja dari pesisir Pantai Palampang.

Sesuai dengan namanya, Curug ini berada dialiran Sungai Cimarinjung dengan tinggi sekitar 100 meter diatas permukaan laut. Sungai Cimarinjung sendiri merupakan salah satu sungai yang bermuara ke Teluk Ciletuh di Samudera Hindia.

Dulunya, Curug Cimarinjung Sukabumi Jawa Barat ini jarang banget dikunjungi wisatawan, bahkan banyak juga yang belum tahu jika disini ada air terjun yang sangat indah ini. Hal ini wajar saja, karena akses untuk mencapai air terjun masih cukup sulit.

Seiring perkembangan jaman, sekarang akses jalan ke Curug Cimarinjung pun diperbaiki, ditambah adanya promosi, salah satu destinasi wisata unggulan Sukabumi Jawa Barat ini mulai dikenal dan dikunjungi banyak orang. Bahkan sempat ada peneliti dari Unesco yang melakukan penelitian ditempat ini lho.

Keindahan Curug Cimarinjung Sukabumi Jawa Barat

Curug Cimarinjung, Image By IG : @bayu_anduk
Curug Cimarinjung, Image By IG : @bayu_anduk

Terkenalnya Curug Cimarinjung tidak hanya peran promosi saja, namun memang sudah dari awal lokasi ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Jadi saat muncul di media sosial, sontak banyak orang yang ingin berkunjung ke Curug Cimarinjung Sukabumi Jawa Barat.

Curug Cimarinjung Sukabumi, Image By IG : @lia.liuu
Curug Cimarinjung Sukabumi, Image By IG : @lia.liuu

Keindahan yang ditawarkan Curug Cimarinjung adalah suasana alam yang asri dan terjaga karena masuk di dalam Cagar Alam Nasional Geopark Ciletuh.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh piknikdong (@piknikdong) pada

Air Terjun yang deras berbalut dinding tebing berwarna merah kecoklatan menambah pesona Curug Cimarinjung makin terlihat indah.

Lokasi Curug Cimarinjung

Lokasi Curug Cimarinjung berada diperbatasan Desa Ciwaru dengan Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Untuk akses jalan yang mudah dan dekat dijangkau dari Desa Ciwaru, tepatnya di kampung Cimarinjung.

Menuju Curug Cimarinjung

Untuk menuju Curug Cimarinjung ini kita bisa berkendara kurang lebih sekitar 4 jam dari pusat Kota Kabupaten Sukabumi, kurang lebih jaraknya 99 KM. Akses jalan menuju Curug bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, namun disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau mungkin kendaraan sewa.

Jika dari pusat Kabupaten Cianjur bisa mengambil rute jalan raya Sukabumi-Pelabuhan Ratu- Ciemas, atau melalui rute Sukabumi-Jampang Tengah-Ciemas. Kedua rute ini sama-sama akan bertemu di pertigaan Kiara Dua, Desa Kertajaya Kecamatan simpenan. Setelah itu bisa dilanjutkan menuju Waluran. Setelah sampai di pertigaan Waluran, jangan lupa untuk pilih belok kanan sampai di Kampung Ciloa Desa Caringin Nunggal, setelah itu belok kanan sampai Desa Ciwaru tepat di wilayah pesisir Pantai Palampang, kemudian ke Curug Cimarinjung.

Perlu diketahui, setelah masuk kecamatan Ciemas, diharapkan lebih hati-hati ya, karena medan disini berupa turunan dan tikungan tajam, selain itu jalannya juga tidak terlalu baik, apalagi belum dilengkapi penerang jalan dan penanda jalan.

Perjalanan menuju Curug Cimarinjung kita akan dimanjakan dengan melewati perkebunan karet, kelapa, buah naga dan leren gunung yang cukup sepi. Selain itu biasanya kabut juga akan turun cukup tebal ketika sudah masuk Desa Tamanjaya arah Ciwaru.

Tips Berkunjung ke Curug Cimarinjung

Keindahan Curug Cimarinjung, Image By IG : @uncle_syaf
Lokasi Curug Cimarinjung, Image By IG : @uncle_syaf
  1. Curug Cimarinjung sangat cocok bagi kalian yang hobi dengan wisata adventure, rekomended untuk dijelajahi.
  2. Jika untuk wisata keluarga sebenarnya masih kurang cocok, karena lokasinya bebatuan dan terjal, namun tetap boleh kok, karena memang tidak ada larangan membawa keluarga atau anak-anak kesini, asalkan lebih hati-hati dan waspada jika membawa anak-anak ya, jangan dilepas sendirian, karena lokasinya bebatuan.
  3. Saat musim hujan debit air Curug Cimarinjung akan sangat deras, jadi hati-hati jika ingin mengabadikan momen disana.
  4. Untuk waktu yang paling tepat berkunjung ke Curug Cimarinjung adalah saat pagi menuju siang, karena mengingat lokasi belum ada penginapan. Selain itu lumayan jauh juga dari tempat penduduk.
Mengintip Pesona Keindahan Curug Cimarinjung Sukabumi
5 (100%) 9 vote[s]

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?