Curug Jenggala, Air Terjun Cantik dari Banyumas

Kebanyakan orang berfikir jika wisata di Banyumas ya pasti Baturaden, namun kali ini bakal berbeda, karena ada Curug Jenggala, Air Terjun Cantik dari Banyumas.

Curug Jenggala yang memang masih satu wilayah dengan Baturaden ini sedang menjadi viral di media sosial, terutama instagramers area Banyumas, Jawa Tengah.

Jika kita tengok kebelakang, Curug Jenggala ini dulunya bernama Curug Tempuran dimana artinya adalah hasil pertemuan beberapa sungai. Setelah melalui musyawarah, Curug Tempuran itu diganti nama menjadi Curug Jenggala atau Air Terjun Jenggala.

Dimulai dari kesadaran pentingnya merawat lingkungan dan potensi wisata, Curug atau Air Terjun Jenggala ini mulai dipugar dengan menambahkan beberapa fasilitas penunjang pariwisata seperti akses jalan, dan fasilitas umum lainya.

Keindahan Curug Jenggala

Ketika berkunjung kesini, pengunjung bakal disuguhkan pemandangan yang masih sangat alami berpadu pepohonan hijau yang rimbun dan membuat Curug Jenggala menjadi Air terjun yang sangat cantik.

Curug Jenggala
Curug Jenggala, Image IG : @dwisetyo_aji

Curug Jenggala memiliki 3 air terjun yang berjejer dan tentu sangat unik jika dijadikan background foto. Hal ini tentu membuat Curug Jenggala menjadi lokasi yang sangat instagramable di Banyumas.

Curug Jenggala, Air Terjun Cantik dari Banyumas
Curug Jenggala, Air Terjun Cantik dari Banyumas, Image IG : @arifdollbf

Yang paling asik dan paling hits dari Curug Jenggala adalah adanya tempat foto yang berbentuk hati dan letaknya tepat di depan Air terjun. So pasti tempat ini juga untuk mendukung bagi instagramers yang ingin swafoto berlatar belakang Curug Jenggala.

Menuju Lokasi Curug Jenggala

Untuk menuju Lokasi Curug Jenggala tidaklah sulit, karena pengujung bisa langsung menuju wisata Baturaden yang merupakan salah satu ikon wisata di Banyumas. Disana pengunjung bisa langsung bertanya arah untuk ke Curug Jenggala. Curug Jenggala tepat berada di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, banyumas, dan secara administratif masuk kedalam lahan milik Perhutani Banyumas Timur.

Pengunjung dari kota Purwoerto bisa mengambil rute menuju Kalipagu dan melewati kompleks wisata Baturadin. Setelah sampai di Baturaden, bisa diteruskan menuju Curug Bayan. Disana ada sebuah Homestay dan ada satu jalan menanjak menuju arah Kalipagu dan sampailah kepintu masuk Curuh Jenggala.

Untuk sampai di Lokasi Curug Jenggala, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 30 menit. Untuk jalur ini memang bisa dibilang agak berbahaya, karena agak licin jika habis hujan.

Walaupun harus berjalan menuju lokasi Curug. Semua itu akan terbayar ketika sudah melihat Cantik dan sejunya Curuh Jenggala yang sedang Hits di Banyumas ini.

Tiket Masuk Curug Jenggala

Bicara tiket masuk menuju Curug Jenggala bisa dibilang sangat murah, karena hanya Rp. 5000 rupiah saja, pengunjung bisa menikmati cantiknya Curug jenggala.

Disarankan membawa bekal ya, karena disini masih sedikit yang menjajakan makanan dan minuman. Namun jangan terlalu banyak juga dalam membawa bekal, soalnya akan menyulitkanmu ketika berjalan menuju lokasi Curug Jenggala.

Dan yang terakhir adalah jangan membuang sampah sembarangan, Curug Jenggala ini masih sangat asri dan sejuk, kalau bukan kita yang menjaga siapa lagi.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?