Menilik Seru dan Indahnya Curug Leuwi Hejo Bogor, Asik Banget!

Bogor, sebuah Kota yang memiliki udara dingin dan sejuk selalu sukses memanjakan pengunjung, apalagi dengan sederet destinasi wisata yang ada di sekitaran Kota ini.

Menyandang julukan Kota Hujan maka tidak heran jika di kawasan Bogor terdapat banyak destinasi wisata yang berhubungan dengan air, salah satunya Curug atau Air terjun.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu Curug yang tak hanya indah dan unik, namun juga ada beberapa cerita lain dibalik tempat wisata ini. Nama Curug tersebut adalah Curug Leuwi Hejo.

Curug yang memiliki nama lain Curug Bengkok ini sebenarnya memiliki air terjun yang bisa dibilang kecil, namun dibalik itu semua menyimpan banyak petualangan dan keindahan yang luar biasa, dijamin bikin ga mau pulang.

Sejarah Curug Leuwi Hejo

Kejernihan Curug Leuwi Hejo, image by IG : @aulianoviana
Kejernihan Curug Leuwi Hejo, image by IG : @aulianoviana

Nama Leuwi Hejo sendiri diambil dari bahasa Sunda yang berarti kolam hijau, sudah mulai terbyaang bagaimana view Curug ini?

Curug yang berada di aliran sungai Cileungsi ini memiliki sumber air yang jernih sehingga banyak pengunjung yang mandi, berenang atau hanya sekedar bermain air di lokasi Curug Leuwi Hejo.

Disekitar Curug Leuwi Hejo juga masih ada lagi beberapa Curug yang bisa dukunjungi dengan berjalan kaki, diantaranya Curug Leuwi lieuk, Curug Leuwi Bagon, Curug Cepet dan masih banyak lagi.

Rute dan Alamat Curug Leuwi Hejo

Curug ini berlokasi di Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah Babakan Madang, Sentul, Kota Bogor (Google Map) dan bisa ditempuh dalam 2-4 jam dari pusat Kota Bogor dengan jarak 10 km.

Untuk mencapai Curug, memang butuh sedikit perjuangan karena pengunjung harus trekking dulu dari parkiran sampai ke lokasi.

Sedangkan mengenai rute, kita bisa melalui tol arah Bogor dan keluar di Tol Sentul Selatan.

Setelah keluar dari Tol cukup arahkan kendaraan ke arah komplek Sentul Nirwana, jalan terus hingga sampai di bundaran lalu berputar kemudian belok ke kiri. Setelah itu lanjutkan perjalanan memasuki jalan Desa, ikuti jalan Desa tersebut sampai kearah parkiran Curug.

Perlu diperhatikan jalan Desa ini tergolong sempit dan jalannya bergelombang jadi harap berhati-hati ya.

Tiket masuk dan Jam Buka

Untuk harga tiket masuk di Curug Leuwi Hejo terbilang murah yakni Rp 20.000,- dan terbagi menjadi 2 pos, pos pertama Rp 15.000,- dan pos kedua Rp 5.000,-. Dari hasil tiket masuk tersebut dananya digunakan untuk pemeliharaan, operasional serta untuk pembangunan Desa setempat.

Jam buka Curug Leuwi Hejo mulai pukul 07.00-17.00 WIB, namun pos SAR baru akan buka pukul 09.00-17.00 WIB.

Meskipun tak ada pembatasan jam berkunjung namun ada baiknya mulai berkemas jika sudah menjunjukkan pukul 17.00 WIB untuk menjaga keamanan.

Fasilitas Curug Leuwi Hejo

Fasilitas yang tersedia di Curug Leuwi Hejo ini cukup baik, meski kawasan ini dikelola secara swadaya namun kebersihan dan keamanan juga terbilang baik.

Adanya lahan parkir yang luas dilengkapi penitipan helm bagi pengunjung yang memakai motor, warung makan dengan saung yang bisa digunakan untuk beristirahat dan menyantap makanan, serta terdapat pula toilet yang sekaligus bisa digunakan pengunjung untuk berganti baju.

Yang paling hebat sih adanya tim SAR yang siap membantu pengunjung jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Lalu, apa saja hal menarik yang bisa dilakukan di Curug ini?

Curug Leuwi Hejo, Image by IG : @ferysoehendar
Curug Leuwi Hejo, Image by IG : @ferysoehendar

Selain kejernihan air yang bisa digunakan untuk mandi dan berenang ternyata masih ada sederet aktifitas lain yang menarik seperti:

  • Hiking

Mulai dari lokasi parkir kendaraan pengunjung akan dihadapkan dengan jalur hiking untuk mencapai Curug.

Salah Satu Pemandangan Indah Menuju Curug Leuwi Hejo, image by IG : @fitrijamil
Salah satu pemandangan indah menuju Curug Leuwi Hejo, image by IG : @fitrijamil

Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan indah khas pegunungan serta gemuruh air disepanjang aliran sungai.

Perjalanannya pun terbilang ringan dan bisa ditempuh dalam 30 menit, kalau tidak berhenti untuk foto-foto ya. Jika sedang beruntung pengunjung juga bisa melihat langsung kawanan kera bergerombol yang melompat di pohon sekitar perbukitan.

  • Berburu foto menarik

Salah satu hal yang wajib dilakukan pengunjung adalah berfoto mengabadikan momen bersama keluarga dan orang terdekat.

Perbukitan sekitar Curug Leuwi Hejo, Image by IG : @evelinejody
Perbukitan sekitar Curug Leuwi Hejo, Image by IG : @evelinejody

Di kawasan Curug ini juga memilki beberapa spot yang menarik seperti berfoto dengan latar aliran air terjun, atau bisa juga berfoto dengan latar persawahan dan perbukitan yang hijau.

  • Lompat tebing

Yang satu ini sebaiknya dilakukan oleh yang memiliki keberanian namun harus tetap berhati-hati.

Keseruan di Curug Leuwi Hejo Bogor, Image by IG : @evelinejody
Keseruan di Curug Leuwi Hejo Bogor, Image by IG : @evelinejody

Pengelola sudah menyediakan seutas tali untuk membantu pengunjung menaiki ataupun berpegangan, melompat dan terjun ke dalam kolam yang dingin-dingin sejuk tentunya akan memberikan sensasi tersendiri.

Kedalaman kolam mini disini 3M kok, cukuplah untuk menahan beban lompatan dari atas tebing.

  • Bermain air

Sudah tentu ini menjadi salah satu hal yang paling diminati mengingat pengunjung akan disuguhkan dengan kolam dengan air yang sangat jernih.

Bagi yang tidak bisa berenang pengunjung juga bisa dan diperbolehkan untuk bermain air disepanjang aliran sungai.

Ada satu mitos yang beredar, jika air di Curug ini memiliki khasiat untuk penyembuhan, seperti penyakit gatal dan kelumpuhan anggota gerak tubuh.

  • Menikmati pemandangan

Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang atau tidak ingin basah-basahan masih ada aktifitas lain yang tak kalah menarik untuk dicoba, yaitu menikmtai keindahan alam sambil duduk santai di bebatuan sepanjang aliran Curug.

Gemercik suara air akan memberikan ketenangan bagi siapapun yang berkunjung.

Misteri Curug Leuwi Hejo

Di kawasan Curug Leuwi Hejo terdapat beberapa cerita yang menarik untuk disimak diantaranya soal Curug ini yang sering dikaitkan dengan keberadaan Nyi Blorong dan juga keberadaan Mbah Uyud Marsinah.

Meski belum jelas apa dan bagaimana hubungan beliau berdua, namun untuk Mbah Uyud Marsinah terdapat peninggalan berupa petilasan kuburan yang letaknya berada di kawasan Curug Leuwi Hejo.

Cerita selanjutnya adalah 2 nama yang dimungkinkan nama dari Tokoh setempat, yakni Mbah Barong dan Aki Jawa yang konon kabarnya menjaga tempat tersebut, muncul mitos siapa saja yang bertutur kata ngawur dan berbuat hal yang melewati norma akan mendapat nasib buruk.

Yap, semua itu kembali kepada kepercayaan kita masing-masing dan terlepas dari mitos tersebut hal positif yang dapat diambil adalah kisah tersebut terbukti ampuh untuk mengurangi wisatawan yang bertindak sembarangan dan mengotori kawasan wisata.

Terakhir, Tips bagi yang ingin berkunjung ke Curug Leuwi Hejo

  • Cek dulu keadaan cuaca, pastikan kalian datang saat musim kemarau, karena jika berkunjung saat musim hujan maka airnya akan cenderung keruh.
  • Membawa baju ganti, ini salah satu hal yang wajib, karena akan sia-sia jika sudah jauh-jauh berkunjung namun tidak berenang atau bermain air di kawasan Curug.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan aman, pastikan alas kaki kalian bukan sepatu formal atau high hels, mengingat sebelum sampai di Curug kalian harus hiking dulu, ada baiknya memakai sandal gunung atau sepatu santai.
  • Gunakan transportasi kendaraan bermotor, ini sih balik lagi ke kalian ya, tapi jika menggunakan motor jarak antara tempat parkir dan Curug lebih dekat.
  • Jika cuaca mendung segera berkemas dan kembali ke parkiran, hal ini dikarenakan pernah terjadi longsor dikawasan Curug ini.
  • Jika waktu masih sempat jangan lupa juga untuk mengunjungi beberapa curug lainnya yang ada disekitar, agar menghemat waktu dan biaya.

Itulah ulasan lengkap tentang Curug Leuwi Hejo Bogor, menarik sekali bukan? Ingat saat berkunjung, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan ya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.9 / 5. Jumlah 11

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Seorang mahasiswa ekonomi yang hobi akan main musik, selalu meluangkan waktu untuk travelling ditengah kesibukan. Kegiatan yang menyenangkan lain adalah tidur.
BAGIKAN
Komentarmu?