Inilah Pesona Curug Pangeran, Harga Tiket Masuk dan Info Menarik Disana

Saat musim liburan tiba, Kota Bogor hampir selalu menjadi incaran wisatawan lokal, terutama yang berasal dari Ibu Kota Jakarta. Tujuan utama para wisatawan ini tentu saja darah daerah puncak Bogor. Padahal, tempat wisata yang asyik tidak hanya di daerah puncak saja, contohnya adalah Curug Pangeran di Gunung Bunder.

Curug Pangeran terletak di Kawasan Wisata Gunug Bunder, di area Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Curug Pangeran merupakan salah satu dari beberapa curug atau air terjun yang ada di kawasan tersebut.

Curug Pangeran Bogor, image by IG : @harunarrasyid18
Curug Pangeran Bogor, image by IG : @harunarrasyid18

Dinamakan Curug ‘Pangeran’ karena dipercaya, dulu di sinilah para pangeran kerajaan jaman dahulu melaksanakan upacara mandi yang sakral sebelum menjadi seorang raja.

Yang menarik dari Curug Pangeran adalah tempat wisata ini belum terlalu ramai didatangi oleh wisatawan sehingga kamu dapat menikmati privasi dan merasakan sensasi mandi layaknya seorang pangeran dari kerajaan di Sunda.

Kenapa tidak ramai? Salah satunya disebabkan oleh akses menuju ke Curug Pangeran yang cukup jauh dari pusat Kota Bogor. Lokasinya berada di daerah Pamijahan. Sesampainya di Pamijahan kamu tinggal bertanya ke masyarakat sekitar mengenai lokasi dari Curug Pangeran itu sendiri.

Walaupun jauh dan tidak seramai tempat wisata di Bogor lainnya, fasilitas yang ada di Curug Pangeran sudah cukup lengkap dan baik, sudah terdapat toilet umum dan tempat parkir yang cukup luas.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Curug Pangeran

Dengan pemandangannya yang indah, alami, dan relatif sepi, banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan di Curug Pangeran. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Trekking alam sekitar Curug Pangeran

Pintu Masuk Curug Pangeran, image by IG : @st.jmlh__
Pintu Masuk Curug Pangeran, image by IG : @st.jmlh__

Dari tempat parkir menuju ke Curug Pangeran, kamu masih harus berjalan kaki sejauh 150 meter dengan medan naik turun dan berliku. Tenang saja, sudah ada anak tangga pada setiap turunan.

Sambil berjalan menuju curug, kamu bisa menikmati asrinya alam sekitar dengan pepohonan dan vegetasi yang cukup lebat. Membuat pikiranmu rileks sejenak dari penatnya rutinitas di hari kerja.

2. Menikmati keindahan Curug Pangeran

Begitu sampai di Curug Pangeran, air jernih  berwarna hijau kebiruan akan langsung menyabutmu.

Warna biru ini berasal dari pantulan cahaya pada kolam yang berada di bawah air terjun. Selain itu, curug ini juga dikelilingi oleh pepohonan rindang yang memberikan suasana sejuk dan nyaman untuk bersantai.

3. Bermain air di Curug Pangeran

Bermain Air di Curug Pangeran, image by IG : @ayupradifta23
Bermain Air di Curug Pangeran, image by IG : @ayupradifta23

Arusnya yang tidak terlalu deras membuat kamu bisa bermain air sepuasnya di Curug Pangeran. Karena berada di pegunungan dengan alam sekitar yang masih banyak pepohonan membuat air dari Curug Pangeran sangat sejuk dan segar.

Terdapat kolam alami di bawah air terjun dengan kedalaman sekitar 4-5 meter. Anak-anak dapat bermain-main di aliran sungainya yang cukup dangkal.

Wisatawan yang tidak bisa berenang dihimbau untuk tidak mendekati pusat alirannya dan tidak melewati tali pembatas yang sudah disediakan oleh pengelola, demi kemanan.

Melompat dari Tebing

Buat kamu yang suka memacu adrenalin, kamu bisa mencoba untuk melombat dari tebing dan mendarat di kolam air terjunnya.

Tenang saja, tebingnya tidak terlalu tinggi kok, jadi aman. Tetapi buat yang tidak bis berenang tidak disarankan untuk mencobanya ya.

4. Ngecamp di Curug Pangeran

Ngecamp di Curug Pangeran, image by IG : @zaqi_daqi
Ngecamp di Curug Pangeran, image by IG : @zaqi_daqi

Buat kamu yang menyukai kegiatan berkemah, kamu dapat berkemah di camping ground yang ada di Curug Pangeran. Jaraknya cuman lima menit jalan kaki dari parkiran.

Pasti asyik kan berkemah di malam hari bersama teman-teman sambil menghangatkan diri di api unggun. Paginya tinggal mandi di Curug Pangeran.

Fasilitas yang ada di Curug Pangeran

Lokasinya yang jauh tidak membuat Curug Pangeran kekurangan fasilitas umum yang memadai. Disini sudah ada lahan parkir yang luas, mushola, kamar bilas, dan juga toilet.

Terdapat juga warung-warung yang dikelola oleh warga sekitar sehingga kamu tidak usah bingung bila lapar setelah mandi di Curug.

Penginapan di Sekitar Curug Pangeran

Jika kamu ingin bermalam dan menikmati lebih banyak waktu di Curug Pangeran, selain camping, ada banyak penginapan di sekitar Curug Pangeran.

Bisa di bilang bahwa Curug Pangeran merupakan air terjun di kawasan ini yang letaknya paling dekat dengan penginapan-penginapan yang ada di sekitar Gunung Bunder.

Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Curug Pangeran

Lokasi Curug Pangeran berada di Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat (Google Map). Jarak dari pusat kota Bogor menuju Curug Pangeran kurang lebih 30 km atau sekitar 1,5 jam berkendara menggunakan kendaraan bermotor.

Harga Tiket Masuk Curug Pangeran adalah Rp.10.000,- baik di hari biasa maupun akhir pekan. Tetapi sebelum memasuki curug kamu juga harus membayar tiket masuk ke kawasan Taman Nasional Halimun Salak.

Jam buka Curug Pangeran adalah setiap hari dari jam 06.00 – 18.00. Pokoknya kamu bisa puas bermain-main di air terjun Curug Pangeran.

Demikian informasi mengenai Curug Pangeran yang ada di Bogor. Jangan lupa untuk membawa baju ganti sebelum berangkat karena sayang jika tidak ikut bermain air sesampainya di Curug Pangeran.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 4

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

BAGIKAN
Komentarmu?