Datang Yuk ke Acara Genjreng Kalem, Ngobrol Santai PIYE KABARE JOGJA?

Yogyatourim bekerjasama dengan komunitas musik Nada Bicara telah mengadakan Kelas Kreatif Cipta Lagu dengan tema “Piye Kabare Jogja?” pada Sabtu, 24 Maret 2018 lalu. Tema “Piye Kabare Jogja?” telah mengajak para peserta berefleksi mempertanyakan kembali situasi Jogja kini.

Kelas ini diikuti oleh 8 warga Jogja dari berbagai kalangan, tidak hanya dari kalangan seni. Dalam lokakarya cipta lagu, dihasilkan 7 karya lagu berisi kegelisahan, harapan, dan kerinduan mereka akan Jogja lewat karakter bermusik masing-masing.

Genjreng Kalem, Ngobrol Santai PIYE KABARE JOGJA
Genjreng Kalem, Ngobrol Santai PIYE KABARE JOGJA

Setelah peserta Kelas Kreatif Cipta Lagu berbagi cerita pengalaman unik di Jogja bersama Nada Bicara dan menghasilkan karya lagu, peserta akan menampilkan karya mereka. Cerita pengalaman berkesan mereka di Jogja, akan tersaji dalam Genjreng Kalem, Ngobrol Santai “Piye Kabare Jogja?”. Tentunya kita juga akan sharing bersama para penampil dan teman-teman dari Merawat Jogja.

Berikut ini 7 karya lagu yang akan ditampilkan :

DERAS SORE INI …………………….. oleh Gillang Ramadhita
EMPAT SILANG TUGU…………….. oleh Adhiza Atmaja
GASSS ……………………………………. oleh Yoga Rizcy T. & Feri H.
KOTA AMAN ………………………….. oleh Eko Widdarwan
REKAYASA…………………………….. oleh Sasi Kirono
RINDU YANG DULU ……………….. oleh Tikha Novita Sari
SUDAH TERLANJUR NYAMAN .. oleh Erlina Rakhmawati

Booking.com

Kelas Kreatif Yogyatourium merupakan program yang diadakan setiap bulan dengan mengajak seniman atau komunitas di Jogja untuk menjadi fasilitator membuat karya kreatif. Karya yang dihasilkan mulai seni kerajinan, fashion, teater, musik, dan karya kreatif lainnya. Hasil karya para peserta pada sesi akhir akan dipamerkan atau dipentaskan di Yogyatourium.

Pada edisi Maret-April 2018, Yogyatourium mengajak Nada Bicara untuk menjadi fasilitator. Nada Bicara adalah sebuah band / komunitas musik yang lahir di Jogja dan membawakan isu sosial dalam karyanya. Lagu-lagu ciptaan Nada Bicara mengusung tema keberagaman, kesetaraan dan penghapusan kekerasan. Karya yang diciptakan diangkat dari kisah-kisah disekitar, dengan bahasa tutur yang sederhana mendorong siapa saja yang mendengar ikut berefleksi dan merasa terlibat.

Nada Bicara sering mengadakan Workshop Cipta Lagu untuk berbagai kalangan hingga saat ini. Workshop Cipta Lagu Nada Bicara menggunakan Chance Music Method dan berbagai metode penggalian personal yang terus dikembangkan untuk banyak menyuarakan kegelisahan lewat lagu.

Beberapa Workshop Cipta Lagu yang telah diselenggarakan oleh Nada Bicara diantaranya : Musical Booth Nada Bicara “Ekspresikan Curhatmu Jadi Lagu” merupakan stand cipta lagu dalam Indonesian Community Day (ICD) diadakan oleh Kompas Gramedia; Workshop Cipta Lagu Nada Bicara “Berbagi Cerita, Berbagi Nada” bersama Forum Musik Fisipol (FMF) UGM; dan Workshop Cipta Lagu “Say Her Name”. Kerjasama antara Nada Bicara dengan Institute of International Studies (IIS) UGM dan Kiprah Perempuan, merupakan penciptaan karya lagu lintas generasi perempuan penyintas kekerasan.

Nah untuk kali ini, bagi yang sudah lama tinggal di Jogja, bisa banyak bercerita tentang Jogja dulu dan sekarang. Sedangkan yang baru tinggal di Jogja, mungkin pernah dengar dari cerita-cerita masa lalu tentang Jogja dan bagaimana saat ini yang dirasakan.

Piye Kabare Jogja
Piye Kabare Jogja

Acara Genjreng Kalem, Ngobrol Santai “Piye Kabare Jogja?” kali ini ingin mengajak kita semua berbagi pengalaman berkesan di Jogja lewat alunan nada. Adakah yang kamu harapkan? Adakah yang kamu rindukan? Adakah yang kamu ingin pertahankan? Dadi piye kabare Jogja, Lur?

Jadi jangan lupa datang di Acara Genjreng Kalem, Ngobrol Santai “Piye Kabare Jogja?” ya, acara ini akan berlangsung pada hari Jumat, 13 April 2018, Pukul 15.00 – 17.30 WIB di Yogyatourium Jl. Gedongkuning Selatan no.128 Yogyakarta.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?