5 Destinasi Kuliner di Malang Ini Berdiri Sebelum Indonesia Merdeka Loh!

Jika berbicara tentang Malang, rasanya tak akan ada habisnya. Sebab, kota yang disebut-sebut sebagai kota terbesar ke 12 di Indonesia ini memiliki banyak pesona yang mampu menarik banyak wisatawan dari berbagai daerah di Tanah Air maupun mancanegara.

Selain keindahan alamnya yang menjadi magnet yang begitu besar, Malang memiliki daya tarik lain yang bisa dinikmati oleh para pelancong yang sedang maupun hendak berkunjung ke kota ini.

Salah satunya adalah sajian kuliner lezat yang sudah ada sejak lama dan melegenda di Malang. Bahkan keberadaannya sendiri sudah ada sebelum Indonesia merdeka.

Mau tahu apa saja sajian kuliner legendaris yang ada di bagian timur Pulau Jawa ini? Yuk kita intip beberapa hal menarik yang telah kami rangkum di sini.

1. Warung Sate Gebug

Warung Sate Gebug, Image By IG : @yoggaprawiranta
Warung Sate Gebug, Image By IG : @yoggaprawiranta

Rasanya kurang afdol jika berkunjung ke Malang namun tidak menyempatkan diri kalian untuk mampir ke Warung Sate Gebug.

Ya, salah satu destinasi kuliner legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1920 tersebut mampu memberikan sensasi berbeda saat bersantap. Sebab, selain ukuran satenya yang bisa terbilang lebih besar dari sajian sate pada umumnya, Sate Gebug memiliki kekhasan dalam proses pengolahan daging dan juga cita rasa yang akan didapatkan. Misalnya seperti rasa daging yang lembut dengan paduan racikan bumbu yang begitu khas.

Selain Sate Gebug, di sini kalian bisa mencicipi sajian menu lain yang tak kalah lezatnya. Coba saja untuk menyantap soto, sop dan rawon yang juga bisa langsung dinikmati bersama Sate Gebug.

Penasaran seperti apa? Langsung saja kunjungi Warung Sate Gebug yang berada di Jalan Basuki Rachmat no 113A, Kota Malang, Jawa Timur, barangkali ingin bernostalgia atau sekedar mencicipi cita rasa legendarisnya.

2. Warung Lama Haji Ridwan

Warung Lama Haji Ridwan, Image By IG : @sbykulinerinfo
Warung Lama Haji Ridwan, Image By IG : @sbykulinerinfo

Lanjut ke destinasi kuliner selanjutnya yang tak kalah legendaris, yaitu Warung Lama Haji Ridwan. Untuk bisa tiba di sana, kalian harus sedikit blusukan ke dalam area Pasar Besar Kota Malang.

Walau sudah hampir 1 abad usianya, warung makan yang sudah berdiri sejak tahun 1925 ini tetap mempertahankan kekhasan cita rasa yang dimiliki sejak pertama kali berdiri loh. Hal inilah yang  membuat Warung Lama Haji Ridwan tetap dicintai oleh para pelanggannya, baik masyarakat Kota Malang sendiri maupun para pelancong dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara.

 

Untuk kalian yang belum pernah mencicipi beberapa santapan yang ditawarkan oleh Warung Lama Haji Ridwan, kalian bisa mencoba Sate Komoh Bakar, Ayam Goreng dan Tempe Goreng yang menjadi tiga menu utama yang begitu ikonik dari warung ini.

Tak hanya itu, warung makan yang usianya lebih tua dari Republik Indonesia tersebut memiliki varian menu tambahan lain yang sangat sayang untuk dilewatkan. Seperti Nasi Rawon, Daging Bumbu Rujak, Otak Goreng, Sate Usus Sapi dan Perkendel. Wah, jadi bikin ngiler ya!

3. Depot Han Tjwan Sing (HTS)

Depot Han Tjwan Sing (HTS), Image By IG : @esternugroho
Depot Han Tjwan Sing (HTS), Image By IG : @esternugroho
Advertisements

Dan yang ketiga, kalian harus mencoba untuk berkunjung ke Jalan DR. Wahidin no . 123, Lawang, di mana Depot Han Tjwan Sing (HTS) berada.

Kedai yang sudah berdiri sejak tahun 1927 tersebut mampu menggoyang lidah kalian lewat menu utamanya bernama Rawon Merah. Lewat aroma kaldu daging yang begitu kuat dengan rawon yang berwarna kemerahan, Rawon Merah telah menjadi sajian kuliner legendaris yang wajib untuk disantap sendiri, bersama keluarga maupun dengan orang-orang terdekat kalian.

 

Tak hanya Rawon Merah, Depot HTS sendiri memiliki panganan favorit lainnya yang bisa diangkut menjadi buah tangan saat kembali ke tempat asal kalian, yaitu onde-onde legit yang rasanya tak bisa didapatkan di tempat lain. Waw. Udah pernah coba belum?

4. Soto Daging Rahayu

Soto Daging Rahayu, Image By IG : @toni_l4u
Soto Daging Rahayu, Image By IG : @toni_l4u

Selanjutnya ada Soto Daging Rahayu, yang berada di Gang 7, Mergosono, Kedungkandang, Kota Malang.

Soto Daging Rahayu telah tersohor sejak lama karena cita rasanya yang mampu memberi efek nagih dan membuatnya terus laris manis sejak berdirinya pada tahun 1928 silam.

 

Rasa rempah-rempah begitu terasa saat mencicipi Soto Daging Rahayu, yang mana hal itu adalah salah satu keistimewaan dari soto yang dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Selain itu ada hal lain yang masih dipertahankan sampai sekarang oleh warung makan ini, yaitu sajian nasi yang dimasak dengan menggunakan dandang. Wah, kayaknya wajib kalian coba nih kalau lagi berlibur ke Malang!

5. Toko Oen

Toko Oen Malang, Image By IG : @toko_oen_malang
Toko Oen Malang, Image By IG : @toko_oen_malang

Dan terakhir yang berhasil kami rangkum adalah Toko Oen, sebuah destinasi kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1930 silam. Toko Oen berada di jantung Kota Malang, yang mana keberadaannya tak pernah sepi untuk diserbu oleh banyak orang dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara.

Berada di Jalan Basuki Rahmat no.5, Kauman, Klojen, Kota Malang, Toko Oen menyajikan sebuah menu yang mampu sedikit menghilangkan dahaga setelah lelah berjalan-jalan, yaitu Es Krim yang resepnya yang masih dipertahankan sejak berdirinya toko ini.

Es Krim yang sudah melegenda inilah yang menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk terus kembali ke toko ini, selain juga arsitektur jadul yang masih dipertahankan sebagai sarana untuk bernostalgia bagi para pelanggan lamanya. Wah, kapan kalian mau ke sini?

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

BAGIKAN
Komentarmu?