5 Fakta Unik Patung Merlion Singapura Yang Jarang Orang Ketahui

Siapa sih yang tidak kenal dengan Patung Merlion? Benar, Patung Singa bertubuh ikan yang ada di Singapura ini sudah sangat terkenal hingga penjuru dunia. Bahkan, banyak yang mengungkapkan jika liburan ke Singapura belum lengkap jika tidak berfoto dengan Patung Merlion.

Dibalik terkenalnya Patung Merlion Singapura ini, ternyata ada beberapa fakta unik dan bisa dibilang tidak banyak orang yang tahu lho. Penasaran seperti apa faktanya? Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Memiliki Sejarah Panjang Singapura

Memiliki Sejarah Panjang Singapura, image : pixabay
Memiliki Sejarah Panjang Singapura, image : pixabay

Pertama kali, Merlion dirancang untuk lambang Singapore Tourist Board (STPB) pada tahun 1964 oleh Mr. Fraser Brunner dan dibangun oleh seniman Singapura Lim Nang Seng.

Patung yang memiliki tinggi 8,6 meter dan berbobot 70 ton ini melambangkan kota kuno Tamasek, hal ini diwujudkan dengan adanya badan ikan, sedangkan nama Tamasek sendiri merupakan nama Singapura sebelum Pangeran Sang Nila Utama mengubahnya menjadi Singapura yang memiliki makna Kota Singa dalam bahasa Sansekerta.

Dibalik patung Merlion ini memiliki sejarah panjang bahwa dulunya Singapura merupakan sebuah perkampungan nelayang yang sederhana.

2. Patung Merlion Tidak Hanya Ada di Satu Tempat Saja

merlion di Sentosa Island, Image : Pixabay
Merlion di Sentosa Island, Image : pixabay

Tahukah kamu jika Patung Merlion tidak hanya berada di satu tempat saja. Bahkan ada replikanya yang ukurannya lebih besar daripada yang aslinya, patung itu berada di Sentosa Island dengan tinggi 37 Meter.

Uniknya, patung Merlion di Resort World Sentosa ini tidak memancurkan air dari mulutnya, namun pengunjung bisa naik keatas Patung replika ini.

Masih ada lagi Pantung Merlion selain di Resort World Sentosa, yakni di Gunung Faber dan Tourism Court di Orchard Spring Lane.

3. Sebagai Lambang Selamat Datang

Merlion Sebagai Penyambut Selamat Datang, Image : Pixabay
Merlion Sebagai Penyambut Selamat Datang, Image : pixabay

Keunikan yang ketiga dari Patung Merlion adalah dibangun untuk lambang selamat datang. Hal ini dibuktikan dengan adanya prasasti perunggu yang terletak tidak jauh dari Patung Merlion yang tertulis bahwa Patung Merlion digunakan untuk menyambut para wisatawan yang datang ke Singapura.

4. Patung Marlion Memiliki Anak Yang Bernama “Cub”

Marlion Memiliki Anak Namanya Cub, Image : pixabay
Marlion Memiliki Anak Namanya Cub, Image : pixabay
Advertisements

Masih ada lagi nih yang unik banget, ternyata Patung Merlion memiliki anak atau anakan yang dinamai CUB.

Cub memiliki ukuran lebih kecil dengan tinggi sekitar 2 meter dan bobot 3 ton. Bahan yang digunakan untuk membuat adalah semen dan pada bagian kulit menggunakan plat porselen, sedangkan bagian matanya menggunakan cangkir teh kecil yang berwarna merah. Anak Merlion atau Cub ini juga dibuat oleh seniman yang sama yakni Mr. Lim.

Sekarang ini, Cub ditempatkan tidak jauh dari Patung Merlion, hanya sekitar 28 meter dibelakang Merlion.

5. Dulunya Patung Merlion Bukan di Merlion Park

Merlion Dengan Latar Belakang Marina Bay Sans, Image : Pixabay
Merlion Dengan Latar Belakang Marina Bay Sans, Image : pixabay

Perlu diketahui juga, ternyata dulunya Pantung Merlion dan Cub bukan di Melion Park, namun berada di seberang Elizabeth Walk atau tepatnya berada di Singapore River. Setelah itu barulah dipindahkan ke Merlion Park yang jaraknya sekitar 120 meter dari Singapore River.

Lokasi sekarang ini bisa dibilang sangat strategis karena ditambah adanya pemandangan istimewa dari Marina Bay Sands, Esplande Theater, dan The Fullerton.

Itulah 5 fakta unik dari Patung Merlion Singapura. Sangat menarik bukan? Ingat saat liburan ke Singapura, jangan sampai lupa untuk berfoto ditempat ini ya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.2 / 5. Jumlah 19

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?