Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) Ke-30 Akan Dimulai

Yogyakarta, 4 Juli 2018. Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) yang tahun ini menginjak penyelenggaraan ke-30 tidak lama lagi akan digelar. Festival kesenian tahunan khas Yogyakarta tersebut akan diselenggarakan pada 23 Juli – 9 Agustus 2018 di Planet Pyramid Jl. Parangtritis Km. 5,5 Bangunharjo Bantul.

Tema yang diangkat FKY 30 adalah MESEMELEH, berasal dari dua kata yaitu MESEM yang berarti senyum, dan SEMELEH yang bermakna ikhlas atau nrima. MESEM merepresentasikan kedewasaan FKY untuk tetap menyajikan festival yang menarik, menghibur dan edukatif, sekaligus relevan dengan perkembangan zaman, baik dalam karya hingga penyajiannya.

Festival Kesenian Yogyakarta ke 30
Festival Kesenian Yogyakarta ke 30

SEMELEH merepresentasikan FKY sebagai festival seni yang memberikan ruang kepada semua pihak yang berpartisipasi di dalamnya, baik itu kreator, panitia, masyarakat, hingga pemerintah. Tentunya, untuk saling memberikan kontribusi demi menciptakan Festival Kesenian Yogyakarta yang lebih baik.

“Melalui tema MESEMELEH, FKY berusaha tetap tersenyum, terbuka pada semua pihak, dan nrima dengan perubahan zaman.

Ini bukan berarti FKY tunduk pada kondisi zaman, tetapi berupaya untuk beradaptasi dengannya,”

Jelas Roby Setiawan selaku Ketua Umum – Direktur Seni & Kreatif

Narasi-narasi besar mengenai seni yang selama ini banyak digunakan di dalam FKY mulai perlu didekonstruksi Agar beradaptasi dengan zaman dan memberi kesempatan generasi kini memproduksi serta menggagas wacana dan festival seni,”

Jelas Ishari Sahida, Ketua II – Direktur Program Pertunjukan

FKY 30 sendiri akan dibuka dengan pawai di Jalan Malioboro Yogyakarta pada tanggal 23 Juli 2018 pukul 15.00 WIB. Sedangkan program utama FKY 30 antara lain, Pasar Seni bagi seniman, kelompok dan UKM industri kreatif, Panggung Pertunjukan, Panggung Senyap, Workshop dan Lomba Kreatif, Pameran Seni Rupa, Diskusi Seni, Bioskop FKY, Pertunjukan Teater, Pembacaan Prosa, serta Pertunjukan Kontemporer berkolaborasi dengan Jogja Video Mapping Project.

“Melalui program-program tersebut diharapkan dalam perhelatan FKY 30 muncul berbagai karya dan penyajian yang memiliki kedekatan emosional dan estetik dengan masyarakat.

Keterlibatan masyarakat dari semua kalangan cukup berarti bagi penyelenggaraan festival ini.

Sehingga visi pelestarian, pengembangan, dan pemanfaatan seni budaya di Yogyakarta dapat dicapai dan memberikan banyak manfaat bagi semua pihak,”

Pungkas Ketua III – Direktur Bagian Umum, Setyo Harwanto

Seperti pada penyelenggaraan FKY tahun-tahun sebelumnya, FKY kali ini kembali mengharapkan partisipasi masyarakat dalam berbagai kegiatan yang diadakan. Antara lain hingga berita ini diturunkan, FKY telah membuka pendaftaran untuk rekrutmen volunteer yang dibuka sampai dengan tanggal 5 Juli 2018.

Selain itu, pendaftaran stand khusus produk kreatif yang nantinya akan melalui seleksi untuk dapat menggunakan secara cuma-cuma sebanyak 100 stand yang telah disediakan dan batas akhir pendaftaran stand pada tanggal 6 Juli 2018.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan persiapan dan kegiatan-kegiatan selanjutnya dapat memantau melalui kanal-kanal resmi akun FKY 30 atau melalui website www.infofky.com.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?