Kenalan dengan Geplak, Makanan Khas Bantul Yogyakarta yang Manis dan Nikmat

Sudah kenal dengan Geplak? Makanan khas Bantul Yogyakarta ini wajib banget kalian coba saat liburan ke Jogja.

Bukan tanpa alasan, Geplak Bantul memiliki bentuk yang unik dengan rasa yang khas, dan termasuk makanan ringan yang awet, jadi sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat liburan di Jogja.

Lebih dekat dengan Geplak

Geplak Bantul, Image By IG : @kusnanto_karasan
Geplak Bantul, Image By IG : @kusnanto_karasan

Geplak merupakan salah satu makanan ringan dari Bantul dengan bahan utama kelapa, gula merah dan gula pasir.

Jika dilihat sekilas dari bahan yang digunakan terlihat sangat sederhana bukan? Memang sederhana, namun jika bertanya tentang rasa tidak perlu diragukan lagi. Bagi pecinta makanan manis, Geplak bisa jadi idola baru.

Makanan khas Bantul yang manis ini memiliki ciri khas bentuk bulat kecil dengan berbagai macam warna yang menarik, dan biasanya dikemas menggunakan besek yang terbuat dari anyaman bambu dimana didalamnya berisi berbagai macam warna.

Pembuatan Geplak Makanan Khas Bantul Yogyakarta

Dalam pembuatan geplak tidak memerlukan proses panjang. Proses pertama adalah merendam daging kelapa kedalam air kelapa hingga minyaknya hilang, lalu setelah itu dicuci bersih dan diparut.

Parutan tersebut selanjutnya dimasak bersama dengan gula dan pewarna makanan. Untuk langkah terakhir adalah mendinginkan kemudian dibentuk bulat sesuai keinginan.

Geplak Makanan Khas Bantul
Geplak Makanan Khas Bantul

Jika kita tengok lagi kebelakang, awalnya Geplak Bantul hanya memiliki dua warna saja, yakni coklat dan putih. Untuk warna coklat menggunakan gula jawa, sedangkan untuk warna putih menggunakan gula tebu.

Namun jaman tentu berubah dan berkembang, hingga sekarang ini banyak kreasi baru dari Geplak Bantul, mulai dari warna, rasa hingga bentuknya. Dari segi rasa hingga sekarang ini tersedia berbagai macam, mulai dari rasa jahe, stroberi, kacang hingga rasa durian juga ada.

Penjual Geplak Bantul

Mencari Geplak tidaklah sulit, karena walaupun berasal dari Kabupaten Bantul, kita bisa menemui penjual geplak di berbagai Kabupaten seluruh Yogyakarta, seperti di Kulon Progo, Gunung Kidul, Sleman dan tentu saja Kota Jogja.

Selain itu, di setiap toko oleh-oleh khas Jogja biasanya juga memajang Geplak sebagai salah satu pilihan oleh-oleh saat liburan di Jogja.

Sekarang sudah kenal kan dengan Geplak makanan khas Bantul Yogyakarta? Jadi saat liburan ke Jogja jangan lupa masukkan Geplak kedalam list oleh-oleh khas Jogja yang wajib untuk dicicipi.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.5 / 5. Jumlah 2

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?