in

Google Doodle Hari Ini: Hari Perempuan Internasional, Ini Sejarah dan Tujuannya

gnews piknikdong
Bagikan:

Piknikdong.com – Hari ini 8 Maret 2023, Google Doodle hari ini memunculkan Hari Perempuan Internasional. Sejarahnya seperti apa? Simak yuk!

Hari Perempuan Internasioanl selalu dirayakan setiap tahun pada tanggal 8 Maret, yang merupakan hari yang didedikasikan untuk menghormati perempuan di seluruh dunia serta menghormati perjuangan untuk mencapai kesetaraan gender.

Google Doodle Hari Ini Hari Perempuan Internasional, Ini Sejarah dan Tujuannya
Google Doodle Hari: Ini Hari Perempuan Internasional, Ini Sejarah dan Tujuannya

Sejarah Hari Perempuan Internasional

Dalam sejarah Hari Perempuan Internasional, pertama kali diselenggarakan pada tahun 1911 di Jerman, Austria, Denmark, dan Swiss.

Pada saat itu disebut dengan “Hari Perempuan Internasional untuk memperjuakan Hak Perempuan dan Perdamaian Internasional”

Hal ini memiliki tujuan untuk memperjuangkan hak perempuan, termasuk hak memilih dan dipilih, ditambah mempromosikan perdamaian Internasional.

Setelah itu, Hari Perempuan Internasional diapdosi oleh banyak negara di seluruh dunia dan menjadi momentum untuk memperjuangkan kesetaraan gender.

Jika ditengok kebelakang lagi, pada tahun 1975, PBB memproklamirkan 8 Maret sebagai Hari Perempuan Internasional resmi, dan sejak itu, organisasi perempuan di seluruh dunia mengambil peran penting dalam merayakan dan memperingati Hari Perempuan Internasional.

Tujuan Hari Perempuan Internasional

Selain untuk menghormati dan memperingati perjuangan perempuan dalam mencapai kesetaraan gender dan hak-hak yang sama dengan laki-laki, tujuan Hari perempuan Internasional juga sebagai berikut:

1. Mendorong tindakan untuk mengatasi ketimpangan gender

Hari Perempuan Internasional memberikan kesempatan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan dan memastikan bahwa mereka memiliki akses yang sama dengan laki-laki dalam segala hal.

Ini termasuk kesetaraan dalam bidang ekonomi, politik, pendidikan, dan hak asasi manusia.

2. Menyoroti isu-isu yang dihadapi perempuan

Hari ini juga menjadi kesempatan untuk menyoroti isu-isu yang dihadapi perempuan, seperti kekerasan terhadap perempuan, diskriminasi gender, dan akses terbatas terhadap layanan kesehatan dan pendidikan.

3. Meningkatkan kesadaran tentang kesetaraan gender

Hari Perempuan Internasional adalah momen untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesetaraan gender dan bagaimana ketimpangan gender dapat mempengaruhi kehidupan perempuan dan masyarakat secara keseluruhan.

4. Memperingati perjuangan perempuan di masa lalu

Hari Perempuan Internasional juga memperingati perjuangan perempuan di masa lalu yang memperjuangkan hak-hak perempuan dan menginspirasi perjuangan perempuan masa kini dan masa depan.

Selamat Hari Perempuan Internasional.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Yuk gabung channel whatsapp Piknikdong.com untuk mendapatkan info terbaru tentang Wisata, Kuliner, Resep, Event, Musik, Viral, Tips dan hal menarik lainnya. Klik di sini (JOIN)

Penulis : Redaksi

Mengulas tentang ragam informasi menarik yang sedang trending saat ini secara detail dan berdasarkan fakta.