Gudeg Yu Djum Jogja, Harga Menu Terbaru, Rasa dan Lokasi

Jika berbicara tentang Jogja, apa yang ada di benakmu? Ya, kebudayaan, keraton, tempat wisata dan pastinya kuliner yang lezat. Semua ini bisa ditemukan di Jogja dengan mudah.

Termasuk dalam salah satu kota wisata di Indonesia, Jogja menawarkan banyak pesona yang tidak akan ditemukan di daerah lain.

Gudeg Yu Djum Wijilan 167, image by IG: @gudegyudjum167
Gudeg Yu Djum Wijilan 167, image by IG: @gudegyudjum167

Tidak hanya kebudayaan yang masih dijaga kelestariannya, kuliner Jogja juga selalu menyuguhkan daya tarik yang akan membuat siapapun ketagihan.

Kuliner terkenal dari Jogja salah seperti gudeg pasti banyak dicari. Jika ke Jogja, pastikan  mencoba Gudeg Yu Djum Wijilan 167, tempat makan gudeg terkenal dan paling dicari di Jogja.

Sejarah singkat Gudeg Jogja Yu Djum

Gudeg Yu Djum Wijilan, image by IG: @gudegyudjum167
Gudeg Yu Djum Wijilan, image by IG: @gudegyudjum167

Warga Jogja pasti sudah tidak asing dengan warung gudeg satu ini. Ya, warung gudeg Jogja Yu Djum adalah salah satu warung gudeg legendaris di Yogyakarta.

Berdiri sejak tajun 1951 yang dirintis oleh Ibu Djuwariyah atau yang sekarang dikenal dengan nama Yu Djum, warung gudeg ini tak pernah sepi pembeli.

Pertama kali Ibu Djuwariyah menjajakan gudeg buatannya di Kampung Widjilan tepatnya di sebelah selatan Pelengkung Widjilan.

Saat itu masih berupa lapak kecil dengan meja dan kursi yang sangat sederhana, sedangkan dapur tempat memasak gudeg berada di Kampung Karangasem – Mbarek, Jalan Kaliurang KM 4,5 CT III/22.

Ibu Djuwariyah pantang menyerah menjajakan dagangan gudegnya, dengan menggunakan becak pulang-pergi sedikit demi sedikit terkumpul modal untuk membeli tanah dan bangunan rumah.

Pada tahun 1985, warung makan Gudeg Yu Djum dibuka di Widjilan. Hingga saat ini gudeg Yu Djum ini bahkan sudah memiliki banyak outlet yang tersebar di seluruh penjuru Kota Yogyakarta.

Penggunaan nama Yu Djum berawal dari para pelanggan yang sering memanggil “Yu” yang merupakan singkatan dari mbakyu (panggilan untuk orang yang lebih tua khusus perempuan dalam bahasa Jawa) dan “Djum” yang merupakan nama pendek dari Ibu Djuwariyah itu sendiri.

Jika dilihat memang di Jalan Wijilan ini banyak berjejer warung gudeg. Namun jangan salah, warung gudeg Jogja Yu Djum tetap menjadi yang paling difavoritkan disini.

Lokasi Gudeg Yu Djum

Jika berkunjung ke Yogyakarta dan ingin mencicipi gudeg Jogja Yu Djum, tak perlu khawatir akan kesulitan menemukan lokasinya.

Sekarang ini banyak outlet gudeg Yu Djum dan semuanya bisa diakses dan ditemukan dengan mudah.

Misal salah satunya adalah outlet atau warung gudeg Yu Djum yang berada dekat dengan Bandara Adi Sutjipto.

Ada juga outlet gudeg Yu Djum yang bisa ditemukan di daerah sekitar kampus UGM. Tempatnya juga sangat sederhana namun tetap mengutamakan kenyamanan, khas rumah makan di Jogja.

Yang paling terkenal adalah di Gudeg Yu Djum Wijilan 167 dengan alamat Jl. Wijilan No.167, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131 (Google Map).

Rasa Gudeg Yu Djum

Rasa Gude Yu Djum, image by IG: @gudegyudjum167
Rasa Gude Yu Djum, image by IG: @gudegyudjum167

Jika melihat tempatnya yang sederhana, kamu pasti tidak akan menyangka jika gudeg buatan Yu Djum ini memiliki rasa yang luar biasa nikmat dan berhasil membuat siapapun ingin datang lagi.

Yang paling utama tentu saja sayur nangka keringnya yang merupakan perpaduan rasa manis dan gurih yang pas. Bagi penyuka makanan pedas, sambal goreng krecek super pedasnya tidak boleh dilewatkan.

Diantara menu bercita rasa manis dan gurih, sambal goreng krecek pedas ini akan mampu membakar lidah serta menyeimbangkan cita rasa gudeg.

Selain dua menu andalan tersebut di warung gudeg Yu Djum ini, kamu juga bisa mencicipi beragam menu lain yang tak kalah lezat seperti paket gudeg nasi, paket gudeg kwali dan paket gudeg besek, bisa memilih sesuai selera.

Harga Menu Gudeg Yu Djum

Hal lain yang membuat warung gudeg Jogja Yu Djum tak pernah sepi pembeli adalah harganya. Kamu bisa memilih paket menu yang terdiri dari paket menu gudeg nasi, gudeg besek dan gudeg kwali.

Untuk masing-masing paket ini bisa dinikmati dengan harga mulai dari 40 ribu rupiah saja. Jika ingin menambah lauk pun bisa dengan harga mulai dari 15 ribu rupiah saja.

Dengan harga ini kamu sudah bisa menikmati sensasi masakah gudeg otentik Jogja.

Jika ingin membawa pulang untuk oleh-oleh,  bisa memilih paket gudeg kendil dengan isi super lengkap mulai dari sayur, lauk pendamping dan sambal goreng krecek.

Untuk menu ini tak perlu khawatir karena bisa bertahan hingga 3 hari. Jadi sangat cocok untuk buah tangan.

Berikut ini daftar menu Gudeg Yu Djum

  • Nasi Telor Rp 15.000
  • Nasi Telor Tahu+Tempe Rp 20.000
  • Nasi Telor + Suwir Rp 30.000
  • Nasi Ati Ampela Rp 25.000
  • Nasi Ati Ampela +Telor 35.000
  • Nasi Sayap Rp 25.000
  • Nasi Sayap + Telor Rp 35.000
  • Nasi Paha Bawah Rp 30.000
  • Nasi Paha Bawah + Telor Rp 40.000
  • Nasi Paha Atas RP 45.000
  • Nasi Paha Atas + Telor Rp 50.000
  • Nasi Dada Rp 50.000
  • Nasi Dada + Telor Rp 60.000
  • Besek(Sayap, Telor 3) Rp 70.000
  • Besek (Paha Bawah, Telor 3) Rp 80.000
  • Besek (Dada/Tepong, Telor 3) Rp 95.000
  • Besek (Dada/Tepong, Sayap, Telor 4) Rp 120.000
  • Besek (Dada/Tepong, Sayap, Kepala, Telor 4) Rp 150.000
  • Kendil/Besek (Ayam 1/2 Ekor, Telor 5) Rp 195.000
  • Kendil/Besek (Ayam 1/2 Ekor, Telor 8) Rp 230.000
  • Kendil/Besek (Ayam 1 Ekor, Telor 5) Rp 295.000

Sebagai kota yang terkenal dengan menu makanan tradisional gudeg, memang tidaklah sulit menemukan makanan ini.

Setiap sudut kota Jogja pasti akan menemukan menu makanan ini. Namun jika mencari gudeg legendaris dengan cita rasa otentik, maka gudeg Jogja Yu Djum adalah pilihan yang harus di kunjungi.

Rasanya yang begitu nikmat, pilihan menu yang beragam serta harga yang cukup terjangkau membuat setiap wisatawan yang berkunjung ke Jogja pasti rela mengantre untuk menikmati gudeg ini. Bagaimana,  tertarik?

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 8

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?