Gunung Putri Lembang, Harga Tiket Masuk 2021, Aktivitas Dan Fasilitas

Buat kamu yang baru mau mencoba mendaki gunung alangkah baiknya jika diawali dari mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi dengan medan yang mudah di lalui, contohnya seperti Gunung Putri yang ada di Lembang, Bandung.

Gunung Putri Lembang, treknya cukup bersahabat buat para pendaki pemula. Untuk menaiki Gunung Putri sudah tersedia anak tangga yang tertata rapi dan untuk mencapai puncaknya hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja.

Puncak Gunung Putri ditandai oleh sebuah tugu yang terkenal dengan julukan Tugu Sespim. Pemandangan di atas puncak Gunung Putri sangatlah indah, tidak kalah dengan pemandangan gunung-gunung lain yang ada di Indonesia.

Gunung Putri Lembang terkenal dengan mitos Legenda Sangkuriang. Konon katanya, dari Gunung Putri inilah Sangkuriang menendang perahu yang akhirnya menjelma menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Gunung Putri

Karena merupakan sebuah gunung atau perbukitan, aktivitas yang bisa di lakukan di Gunung Putri tentunya adalah aktivitas yang berbau outdoor. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Trekking ke Puncak Gunung

Trekking Ke Puncak Gunung, Image by IG : @fdl.arn
Trekking Ke Puncak Gunung, Image by IG : @fdl.arn

Sudah sampai di Gunung Putri sangat disayangkan jika tidak mencoba trekking berjalan sampai ke puncak. Tenang saja, jalurnya mudah dilewati kok, karena sudah dibuatkan anak tangga dari bawah sampai ke puncak dengan estimasi perjalanan sekitar 30 menit saja.

2. Ngecamp di Gunung Putri Lembang

Berkemah atau camping merupakan aktivitas yang paling digemari di kawasan wisata Gunung Putri. Suasana alam yang asri dan hutan pinus yang indah, serta udara dingin yang bikin menggigil sangat cocok untuk aktivitas camping. Apalagi camping bersama teman-teman.

3. Melihat indahnya city light Kota Bandung

Puncak Gunung Putri Lembang, Image by IG : @ikhsansarifulanam_
Puncak Gunung Putri Lembang, Image by IG : @ikhsansarifulanam_

Di Gunung Putri kamu dapat melihat indahnya Kota Bandung dari atas. Pemandangan akan tampak lebih indah jika kamu melihatnya pada malam hari. Kerlap-kerlip lampu Kota Bandung terlihat bagaikan taburan bintang-bintang di malam hari. Sangat indah dan romantis.

4. Menikmati Sunrise dari Gunung Putri Lembang

Menikmati Sunrise dari Gunung Putri Lembang, image by IG : @_kaeka_
Menikmati Sunrise dari Gunung Putri Lembang, image by IG : @_kaeka_

Jika kamu menyempatkan diri untuk berkemah di Gunung Putri, maka jangan lewatkan indahnyamatahari terbit dari puncak Gunung Putri. Bangunlah pagi-pagi dan siapkan dirimu untuk terpesona dengan keindahan alam karya Sang Pencipta ini.

5. Bersantai di Hutan Pinus

Bersantai di Hutan Pinus, Image by IG : @kikoenaaktau
Bersantai di Hutan Pinus, Image by IG : @kikoenaaktau

Disekitar kawasan Gunung Putri banyak terdapat kawasan hutan yang didominasi oleh pepohonan pinus. Kawasan hutan pinus ini selalu ramai oleh pengunjung karena kamu bisa bersantai, berjalan-jalan menyusuri indahnya hutan pinus, dan berfoto ria sampai puas. Saat kabut tebal, kamu bisa mendapatkan hasil foto yang keren dan terkesan misterius.

Fasilitas umum di Gunung Putri

Gunung Putri dikelola oleh Perum Perhutani RPH Lembang. Karena masuk kedalam kawasan perhutani dan memang belum fokus menjadi tempat wisata, maka fasilitas yang ada hanya fasilitas standar seperti toilet dan tempat parkir, serta beberapa warung milik warga sekitar.

Jam buka dan harga tiket masuk Gunung Putri

Dengan pemandangannya yang indah serta alamnya yang alami, harga tiket masuk Gunung Putri cukup terjangkau. Tiket dibagi menjadi dua yaitu tiket hiking dan tiket camping.

Untuk sekedar hiking, kamu cukup menyiapkan uang sebesar Rp.10.000 per orang. Sedangkan untuk tiket camping atau bermalam, kamu cukup membayar Rp. 22.000 per orang.

Harga tiket ini belum termasuk tarif parkir yang juga dibagi menjadi tarif hiking dan camping. Parkir motor Rp. 5000 untuk hiking, dan Rp. 10.000 untuk camping. Sementara parkir mobil Rp. 10.000,- untuk hiking, dan Rp. 20.000 untuk camping.

Karena merupakan Gunung, tentunya tidak ada jam buka tutup, Gunung Putri buka setiap hari selama 24 jam, hanya saja untuk jam operasional / tiketingnya dari jam 05.00-22.00 WIB.

Lokasi Gunung Putri Lembang

Pintu masuk obyek wisata Gunung Putri Lembang terletak di Desa Jayagiri,  lebih tepatnya di Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kodepos 40391 (Google Map).

Demikian informasi mengenai Gunung Putri Lembang. Sebelum mendaki Gunung Putri, pastikan tubuh dalam kondisi fit dan bawa pakaian yang hangat.

Pastikan juga untuk mendaki ketika cuaca cerah, karena saat hujan dan berkabut pemandangannya tidak terlihat sama sekali.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.1 / 5. Jumlah 9

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

BAGIKAN
Komentarmu?