5 Ide Bisnis Kuliner Unik Enak dan Mudah Dijalankan

Ide bisnis kuliner unik merupakan salah satu bisnis atau usaha yang mulai menunjukkan pamornya.

Ada banyak sekali kuliner-kuliner unik di luaran sana yang bisa membuat tercengang. Bahkan terkadang karena keunikannya, seperti terkesan dipaksakan.

Nah, jika kamu ingin memulai sebuah bisnis kuliner, pastikan untuk melakukan trial and error terlebih dahulu.

Selain itu, rasa juga merupakan salah satu elemen terpenting dari sebuah usaha kuliner. Yang kedua adalah tampilan, pastikan untuk mengemas makanan atau minuman dengan kemasan yang baik dan juga meningkatkan selera makan.

Ide Bisnis Kuliner Unik Anti Mainstream

Bisnis kuliner unik bukanlah hal yang baru dalam dunia bisnis. Akan tetapi, ada juga resiko yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha ini.

Keterbukaan pasar merupakan kunci utama. Jangan sampai Anda ingin menciptakan sebuah kuliner yang unik tapi malah membuat makanan tersebut menjadi aneh dan tidak layak makan.

Pengujian rasa juga merupakan poin penting yang harus diperhatikan dengan seksama. Betapa uniknya sebuah makanan jika rasanya tidak enak, maka tidak akan laku.

Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan pengujian rasa sebelum menjual minuman maupun makanan.

Bisnis kuliner unik bukan saja hanya berkutat pada rasa yang unik tapi juga dari segi tampilannya.

Apabila kita tidak terlalu pandai dalam mengolah makanan agar terkesan unik, alternatif lain bisa dicoba.

Keunikan sebuah makanan tidak hanya dilihat dari rasa tapi juga tampilannya. Kita bisa menggunakan wadah atau kemasan yang unik untuk membungkus makanan atau sebagai tempat minuman.

Penyajian minuman atau makanan juga merupakan salah satu elemen yang penting untuk diperhatikan. Selain itu kebersihan juga haruslah menjadi fokus utama selain rasa tentu saja.

Berikut ini adalah beberapa ide kuliner unik yang bisa dicoba untuk memulai bisnis kuliner.

1. Keripik buah

bisnis kuliner unik, Keripik buah, Gambar oleh Roy Buri dari Pixabay
Keripik buah, Gambar oleh Roy Buri dari Pixabay

Keripik sudah menjadi makanan favorit orang Indonesia sejak puluhan tahun lalu. Sebagian besar masyarakat mungkin hanya mengenal keripik yang terbuat dari ketela atau umbi-umbian.

Jikalau keripik merupakan pilihan untuk memulai bisnis kuliner ini, cobalah untuk melakukan inovasi serta kreasi.

Daripada membuat keripik dari ketela, cobalah untuk membuat keripik dari buah-buahan. Buah-buahan yang dipilih pun haruslah yang mudah didapat supaya modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Proses pembuatan keripik buah juga relatif mudah. Hal pertama yang harus dilakukan ialah mengiris tipis-tipis buah kemudian dikeringkan dibawah sinar matahari.

Penjemuran di bawah sinar matahari memerlukan beberapa hari pengeringan, namun apabila ingin cepat, mengeringkan dengan oven bisa juga dilakukan.

Setelah itu, keripik digoreng dan dikemas. Pengemasan juga harus menarik dan juga bersih.

2. Es krim

Es krim, Gambar oleh RitaE dari Pixabay
Es krim, Gambar oleh RitaE dari Pixabay

Es krim masih menjadi primadona baik di kalangan anak-anak, remaja maupun orang tua. Rasanya yang manis merupakan sihir utama dari es krim ini.

Untuk memulai bisnis kuliner unik es krim,cobalah untuk mengkreasikan dengan berbagai jenis toping yang tidak lazim digunakan. Toping kacang, coklat dan keju mungkin sudah biasa.

Nah,  kita bisa mencoba mengkombinasikan es krim dengan toping lain misalnya marshmallow, rambut nenek (cotton candy), permen cokelat warna-warni, oat, sereal, kacang merah, kacang hijau dan masih banyak lagi.

Penyajian es krim juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Menyajikannya dalam mangkuk atau gelas mungkin sudah biasa, cobalah untuk menyajikannya dengan wadah yang unik untuk menarik minat pembeli.

3. Aneka olahan mie

Aneka olahan mie, Gambar oleh RitaE dari Pixabay
Aneka olahan mie, Gambar oleh RitaE dari Pixabay

Seperti yang sudah diketahui, mie merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia. Aneka olahan mie pun beragam, misalnya mie goreng, mie tek-tek dan lain-lain.

Kuliner yang unik dari bahan mie misalnya burger mie, kue tart mie, mie gulung, mie krispi bisa dicoba untuk bisnis kuliner unik.

4. Martabak

Martabak,Gambar oleh Riki Risnandar dari Pixabay
Martabak,Gambar oleh Riki Risnandar dari Pixabay

Martabak juga merupakan salah satu makanan kesukaan berbagai kalangan. Supaya tidak membosankan, cobalah untuk mengkreasikan martabak dengan aneka jenis toping yang tidak biasa misalnya marshmallow, coklat batangan, matcha, kacang merah dan lain sebagainya.

5. Minuman teh

Minuman teh, Gambar oleh Pexels dari Pixabay
Minuman teh, Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Teh adalah salah satu minuman yang sudah dikenal masyarakat. Cobalah untuk mengkombinasikan teh dengan susu, coklat, matcha, cappuccino, latte dan sebagainya untuk menciptakan olahan kuliner yang unik dengan rasa yang nikmat.

Ide-ide diatas bisa jadi inspirasi untuk memulai bisnis kuliner unik. Walaupun unik, pastikan juga untuk memastikan kebersihan dan juga rasa.

Bagaimanapun bentuknya, rasa merupakan penilaian utama dari sebuah makanan dan juga minuman. Selain itu, kebersihan juga harus sangat diperhatikan.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 2

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?