Inilah Keindahan 2 Pantai Berpasir Pink Yang Ada Di Indonesia

Mungkin sudah bertanya-tanya, apa benar ada pantai yang mempunyai pasir warna pink?Jawaban pastinya adalah “ADA”, dan itu berada di Indonesia lho. Bahkan, tidak hanya 1 tempat saja yang berpasir pink ini namun ada 2 tempat.

Penasaran bukan seperti apa dan dimana saja Pantai dengan pasir pink ini? Simak ulasannya berikut ini.

1. Pantai Berpasir Pink di Pulau Komodo

Pulau komodo memang terkenal dengan satwa aslinya yang namanya juga sama dengan nama pulau itu sendiri yakni Komodo. Komodo ini termasuk dalam hewan purba yang masih tersisa sekarang ini, yang hanya ada di NTT Indonesia.

Tidak hanya hewan purba yang terkenal disana, namun masih ada pantai yang bisa dibilang sangat unik, karena memiliki pasir yang berwarna pink. Jika datang kesini dijamin akan sangat terpesona dengan jerninya air laut serta pasir warna pink yang ada sepanjang pantai itu.

Pantai Berpasir Pink Pulau Komodo, Image By : @tix_travel
Pantai Berpasir Pink Pulau Komodo, Image By : @tix_travel

Warna pink ini berasal adanya butiran terumbu karang yang memiliki warna merah dan bercampur dengan air laut, kemudian adanya pantulan sinar matahari yang membuat warna pink pada pasir ini semakin jelas terlihat.

Jadi ketika datang disana pas terik matahari akan lebih indah, karena pantulan dari sinar matahari itu akan lebih berkilau.

Selain Pantai yang sangat unik, Pantai Pink Pulau Komodo juga meiliki keindahan bawah laut yang sangat luar biasa yang tentu sangat menarik untuk diselami. Taman bawah laut Pantai Pink  ini merupakan istana bagi beragam jenis ikan, ratusan jenis batu karang dan berbagai biota laut lainnya. Maka dari itu, aktivitas seperti snorkeling dan diving wajib banget dicoba saat liburan disini.

Untuk akomodasi di Pantai Pink Pulau Komodo memang sangat terbatas, mengingat Pantai Pink ini adalah pantai yang tak berpenghuni dan berada di kawasan yang terpencil, sehingga kebutuhan menginap serta akomodasi lainnya bisa diperoleh saat di Labuan Bajo. Namun jika ingin menginap di Kampung Komodo, bisa juga menanyakan langsung pada penduduk atau guide yang ada. Disana tersedia home stay di rumah penduduk, namun dengan fasilitas yang sederhana.

Mengenai transportasi yang digunakan untuk menuju Pantai Pink Pulau Komodo bisa dengan menyewa kapal atau speed boat dari Labuan Bajo. Biasanya paket tour yang tersedia akan membawa kita ke Pulau Rinca dulu lalu kemudian ke Pulau Komodo.

Di Labuan Bajo juga terdapat kapal LOB (Liveaboard) dimana biasaya kapal ini digunakan atau disewa oleh para penyelam, yang sekaligus bisa berfungsi sebagai tempat menginap selama menelusuri Pesona Flores.

Advertisements

2. Pantai Berpasir Pink di Lombok

pantai berpasir pink di pulau lombok
image by : enjoybackpacker.wordpress.com

Pantai yang kedua dengan pasir pink di Indonesia adalah Pantai Tangsi di Jerowaru, Lombok Timur NTB. Pantai ini juga tidak jauh beda dengan pantai di Pulau Komodo tadi, terbentuknya warna pink ini karena adanya pecahan terumbu karang atau partikel yang berwarna merah, kemudian terpantulkan cahaya matahari.

Keindahan pantai Tangsi sudah sampai di luar negri lho. Walaupun letaknya bisa dibilang tersembunyi, banyak wisatawan baik dalam maupun luar negri berkunjung ke pantai dengan pasir pink ini.

Untuk mencapai Pantai Tangsi atau Pantai Pink di Lombok ini bisa melewati rute kota Mataram ke Pantai Tanjung Ringgit karena letaknya yang berdekatan. Jalanan yang memang kurang baik, membuat perjalanan kurang lebih sekitar 2 Jam berkendara untuk kesana.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Pink Lombok banyak sekali, seperti, snorkeling, memancing, menyelam dll. Namun ingat, wajib membawa perlengkapan sendiri ya, karena disini tidak ada penyewaan peralatan. Penyewaan yang tersedia disini adalah perahu nelayan untuk menglilingi pulau-pulau kecil. Perlu diketahui juga, tidak jauh dari pantai Tangsiada goa bersejarah peninggalan Jepang lho.

Bicara fasilitas yang tersedia di Pantai Tangsi atau Pantai Pink Lombok memang masih sangat minim. Namun hal itulah yang  menjadi keunggulan dari Pantai ini, karena dengan begitu kondisi alam disini masih sangat asri dan terjaga. 

Itulah 2 pantai dengan pasir berwarna pink yang ada di Indonesia. Sangat menakjubkan bukan? Jadi, sudahkah ada rencana untuk liburan kesana? Jangan lupa untuk tetap jaga kebersihan dan kelestariannya ya.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?